PERBANDINGAN HARAPAN PRIA DAN WANITA DALAM MEMILIH HOTEL BINTANG 4 DI INDONESIA
Keywords:
Film Pendek, Membaca, Ruang Kurang Cahaya, Mata, Kesehatan, ILMAbstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui lebih jauh mengenai perbedaan harapan pria dan wanita dalam memilih hotel bintang 4 di Indonesia ditinjau dari segi atribut hotel. Industri perhotelan kini mulai bersaing ketat dalam menjadi pilihan utama bagi tiap tamunya dengan menyediakan atribut yang tamu harapkan ada di hotel tersebut. Atribut-atribut yang ada dalam sebuah hotel turut menentukan harapan pria dan wanita ketika menginap di sebuah hotel bintang 4. Teknik analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif dan melakukan independent sample t-test untuk mendeskripsikan harapan pria dan wanita dalam memilih hotel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara pria dan wanita dalam memilih hotel bintang 4 di Indonesia.References
Anshori, Y. (2005). Analisis Keunggulan Bersaing Melalui Penerapan Knowledge Management dan Knowledge Based Strategy di Surabaya Plaza Hotel. Jurnal Manajemen Perhotelan. Universitas Kristen Petra, Surabaya. Vol. 1. No. 2, pp. 39-53.
Anshori, Y. (2010). Manajemen strategi hotel. Surabaya: Putra Media Nusantara.
Anshori, M & Iswati, S. (2009). Metodologi penelitian kuantitatif. Surabaya: Pusat Penerbitan dan Percetakan UNAIR
As’adi, M. (2011). Rahasia perbedaan otak pria dan wanita. Jogjakarta: FlashBooks.
Ghozali, I. (2001). Aplikasi analisis multivariate dengan program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hardiyanti, Adwiana. (2006). Sosiologi. Jakarta: Penerbit Widya Utama.
Hasyim, Nur. (2004). Pengembangan model pelayanan haji departemen agama berdasarkan prinsip reinventing government yang berorientasi pada pelanggan di kabupaten gresik. Unpublishes graduated thesis. Universitas Airlangga, Surabaya.
Hill, Charles W. L. (2002). International business: competing in the global market place instructor’s resources (4th ed). Boston, Massachusetts.
Ismail, A. (2002). Front Office Operation and Management. Albany, New York.
Jerry & Pauline. (2011). Knowing Yourself Inside Out (4th ed). Berkeley: Crystal Publications.
Jogiyanto. (2007). Metodologi penelitian bisnis. Yogyakarta: BPFE.
Kotler, P. (2006). Marketing for hospitality and tourism. (3rd ed.). New Jersey: Pearson Education.
Kotler, P.& Keller, K. L. (2007). Manajemen pemasaran (12th ed). (Benyamin Molan, Trans.). Jakarta: PT Indeks.
Kuncoro, M. (2009, 3rd ed). Metode riset untuk bisnis & ekonomi. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Lesmana, N.R & Dionisius, D. (2007, March). Analisa perbandingan harapan businesswomen dan businessmen dalam pemilihan sebuah hotel ditinjau dari segi atribut hotel dan penggunaan amenities hotel. Jurnal Manajemen Perhotelan, 3(1), 1-17.
Lovelock, Christopher and Jochen Wirtz. (2008). Service marketing : people, technology, strategy. (6th ed). Singapore: Prentice Hall.
Mulyani, S. (2003). Dampak kualitas jasa pelayanan terhadap perilaku konsumen. Jurnal Gema Wisata. 2(1).
O’Shannessy & Minett. (2003). Introduction to hospitality (2nd ed). Australia: Pearson.
Poespitasari, D.K. (2006). Fasilitas day spa dan terapi stress di Jakarta. (Skripsi No.173-03-035). Unpublished graduated thesis. Institut Teknologi Bandung, Bandung.
Singgih & Yulia. (2012). Psikologi untuk muda-mudi. Jakarta: Penerbit Libri.
Stutts, A. T & Wortman, J. F. (2006) Hotel and lodging management (2nd ed). Canada: John Wiley & Sons Inc.
Sugiyono. (2003). Statistika dalam penelitian. Bandung: CV Alphabeta.
Sulastiyono, A. (2001). Manajemen penyelenggaraan hotel: seri manajemen usaha jasa sarana pariwisata dan akomodasi (2nd ed). Bandung: CV Alfabeta.
Susila, I. & Fatchurrohman. (2004). Service value: sebuah variabel pemediasi pengaruh kualitas pelayanan tehadap niat beli. Jurnal Empirikal, 17(1), 79-94.
Triningsih, N. (2010). Desain interior ancol ocean boutique hotel di Jakarta utara dengan pendekatan konsep bahari colonial. (Skripsi No. C0806020). Undergraduated thesis. Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya.
Wijaya, T. (2009). Analisis data penelitian menggunakan SPSS. Yogyakarta: Universitas Atma Jaya Yogyakarta.
Yazid. (1999). Pemasaran jasa. Yogyakarta: Penerbit Ekonisia Fakultas Ekonomi UII.