ANALISA MANFAAT CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DI PONDOK TJANDRA INDAH SPORTS CLUB SURABAYA

Lisa Yolanda Adriana(1*), Ferry Setiawan Hendro Ciputro(2),


(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk menganalisa manfaat Customer Relationship Management terhadap loyalitas pelanggan pada Pondok Tjandra Indah Sports Club  Surabaya. Sampel yang diteliti sebanyak 100 responden dengan menggunakan purposive sampling dan snowball sampling. Alat analisa yang digunakan adalah Analisis Deskriptif, Regresi Linier Berganda, dan Tabulasi Silang. Hasil Penelitian menunjukkan manfaat Customer Relationship Management dari pihak Pondok Tjandra Indah Sports Club  memiliki pengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan dalam financial benefit, social benefit, dan structural ties. Dalam penelitian ini financial benefit merupakan variabel yang berpengaruh paling dominan dalam mempengaruhi loyalitas pelanggan di Pondok Tjandra Indah Sports Club.

 


Keywords


Manfaat Customer Relationship Management, Financial Benefit, Social Benefit, Structural Ties, Loyalitas Pelanggan.

Full Text:

PDF

References


Berry, L.L. & Bitner, M.J. (1995). Relationship Marketing of Service : Growing Interest, Emerging Perspectives. Journal of the Academy of Marketing Science, 23(Fall).

Fitness Sebagai Gaya Hidup - Mensosialisasikan Fitness Sebagai Gaya Hidup. Retrieved March 15, 2013, from http://fitnesssebagaigayahidup.blogspot.com/

Griffin, J. (2005). Customer Loyalty : How to keep it, how to earn it (Rev.ed). Bahasa Indonesia. Jakarta : Erlangga.

Kalakota, R., & Robinson, M. (2001). E-Business 2.0 : Roadmap for success. New

Kotler, P., & Armstrong, G. (2010). Principles of marketing (10th ed.). New Jersey : Prentice Hall.

Mustafa, H. (2000). Teknik sampling. Jakarta : Erlangga.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D,. Bandung : Alfabeta.

Uyanto. (2006). Pedoman Analisis Data Dengan SPSS. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Zeithaml, V., Bitner, M.J. & Gremler, D.D. (2006), Services Marketing (4th ed.). London : McGraw-Hill Inc.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.