ANALISA PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP CITRA MEREK, KUALITAS PRODUK DAN HARGA DI WARUNG BEBEK KEBBUT SURABAYA

Kevin Ko(1*), Valent Ko(2), Serli Wijaya(3),


(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi konsumen terhadap citra merek Warung Bebek Kebbut, serta kualitas produk makanan dan harga di Warung Bebek Kebbut. Jenis penelitian yang dilakukan adalah kuantitatif deskriptif. Penulis mengambil sampel sebanyak 193 responden untuk diteliti dengan melakukan penyebaran kuesioner. Hasil dari penelitian membuktikan bahwa variabel citra merek, kualitas produk dan harga di Warung Bebek Kebbut sudah dipersepsikan dengan baik oleh konsumen. Dari ketiga variabel tersebut, kualitas produk dari Warung Bebek Kebbut adalah faktor yang paling tinggi dipersepsikan baik oleh responden dan harga adalah urutan terendah.


Abstract : This study aimed to examine the consumer perception of Bebek Kebbut’s brand image, the quality of food products and the price. Type of research was descriptive quantitative analysis test. The author took a sample of 193 respondents. The results of the study proved that the brand image, product quality and price of Warung Bebek Kebbut were perceived positively by consumers. Of these three variables, the quality of products from Warung Bebek Kebbut was the highest factor perceived positively by respondents while the price was the lowest.

 


Keywords


Citra Merek, Kualitas Produk, Harga, Persepsi Konsumen.

Full Text:

PDF

References


Aaker, D. (2008). Manajemen Ekuitas Merek. Jakarta: Penerbit Mitra Utama.

Amanah, D. (2010). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk terhadap kepuasan Konsumen pada Majestyk Bakery & Cake Shop. Jurnal Keuangan dan Bisnis. Vol 2. No. 1: Maret.

Arikunto, S. (2006). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Babbie, E. (2010). The practice of social research. Belmont, CA: Wadsworth.

Badan Pusat Statistik Kota Surabaya. (2014). Jumlah Penduduk Surabaya. From

http://surabayakota.bps.go.id/linkTabelStatis/view/id/322.

Corey, G & Callanan, P. (2007). Issues and ethics in the helping proffesions. California: Belmont.

Ferdinand, A. (2002). Structural equation modelling dalam penelitian manajemen. Semarang: Universitas Diponegoro.

Ghanimata, F & Kamal, M. (2012). Analisis pengaruh harga, kualitas produk, dan lokasi terhadap keputusan pembelian. Jurnal Manajemen Diponegoro vol 1, no.2, hal 6.

Keller, K. L. (2008). Strategic brand management: Building, measuring, and managing brand equity. New Jersey: Prentice Hall Inc.

Knight, J & Kotschevar, L. (2000). Quantity food production, planning and management. New York and Toronto: John Wiley & Sons.

Kotler, P. (2005). Manajemen Pemasaran, Jilid 1 dan 2. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia

Kotler, P. dan Keller, K. L. (2009). Manajemen pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kotler. P. dan Amstrong, G. (2012). Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kuncoro, Mudrajat. (2001). Metode kuantitatif : Teori dan aplikasi untuk bisnis dan ekonomi. Yogyakarta: UPP-AMP YKPN.

Kurtus, Ron. (2008). Quality in the restaurant business. revised 12 January 2008.

Laksana, F. (2008). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Lupiyoadi, R. (2001). Manajemen pemasaran jasa. Jakarta: Salemba Empat.

Machfoedz, M. (2005). Pengantar pemasaran modern. Yogyakarta: Upp Amp Ykpn.

Malhotra, N.K. 2004. Riset Pemasaran: Pendekatan Terapan. Jakarta: Indeks Kelompok Gramedia

Margaretha, S.F. & Edwin, J. (2012, September). Analisa pengaruh food quality & brand image terhadap keputusan pembelian roti kecik toko roti Ganep’s di Kota Solo. Jurnal manajemen pemasaran, 1-6.

Margono. 2004. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Molan, B. (2005). Manajemen pemasaran. Jakarta: PT Indeks.

Monroe, K. B. (2005). Pricing: Making profitable decision. New York: Mac Milan.

Peter, J.P. & Jerry, C.O. (2000). Consumer behavior: Perilaku konsumen dan strategi pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Rangkuti, F. (2002). Riset pemasaran. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Sadat, A.M. (2009). Brand belief: Strategi membangun merek berbasis keyakinan. Jakarta: Salemba Empat.

Santoso, S. (2000). Buku latihan SPSS statistik parametrik. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Santoso, S. (2004). Dinamika kelompok. Jakarta: Bumi Aksara.

Setiadi, N. J. (2003). Perilaku konsumen. Jakarta : Kencana.

Seto, S. (2001). Pangan dan gizi. Bogor: Institut Pertanian Bogor.

Subechi, B. (2014, June 20). Potensi industri mamin terbuka. Jawa Pos. Retrieved

June 21, 2014, from http://www2.jawapos.com/baca/artikel/3057/potensi- industri- mamin- terbuka.

Sugiyono. (2011). Metode penelitian pendidikan . Bandung : Alfabeta.

Swastha, B. (2001). Manajeman penjualan. Yogyakarta: BFSE.

Tandjung, J.W. (2004). Marketing management : Pendekatan pada nilai-nilai pelanggan. Malang : Bayumedia.

Tjiptono, F. (2008). Strategi pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset.

Trihendradi, C. (2011). Langkah mudah melakukan analisis statistik menggunakan SPSS 19. Yogyakarta : Andi.

Uma, S. (2006). Metodologi penelitian untuk bisnis. Jakarta : Salemba Empat.

Warren, K. (2003). Manajemen Pemasaran Global, Edisi ke 6. Jakarta: PT. Prehalindo

Wikipedia ensiklopedia bebas. (2015). Daftar pusat perbelanjaan di Surabaya. Retrieved June 8, 2015, from

https://id.wikipedia.org/wiki/Daftar_pusat_perbelanjaan_di_Surabaya.

Zeithaml, A.V. dan Bitner, M. J. (2004). Services marketing. Integrating costumer focus Across the firm. 3rd Edition. Irwin: McGraw-Hill.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.