ANALISA KEPUASAN KONSUMEN REMAJA TERHADAP LINGKUNGAN FISIK, KUALITAS LAYANAN, KUALITAS MAKANAN, DAN HARGA DI FOOD COURT DAN FAST FOOD RESTAURANTS DI SURABAYA

Indy Mario Jayadiputra(1*), Eunike Octaviani Limantoro(2),


(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kepuasan konsumen remaja terhadap lingkungan fisik, kualitas layanan, kualitas makanan, dan harga di food court dan fast food restaurants. Penelitian yang digunakan adalah kuantitatif yang bersifat deskriptif dan kausal dengan menggunakan teknik analisa deskriptif, regresi linier berganda, dan independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan, konsumen remaja merasa puas terhadap semua variabel. Secara parsial, lingkungan fisik dan harga berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen remaja. Sedangkan harga adalah faktor yang paling dominan dalam mempengaruhi kepuasan konsumen remaja. Sementara itu, terdapat perbedaan kepuasan konsumen remaja terhadap lingkungan fisik antara food court dan fast food restaurants.


Keywords


Kepuasan, Lingkungan Fisik, Kualitas Layanan, Kualitas Makanan, Harga

Full Text:

PDF

References


Abadi, I. P. (2010). Analisa perbandingan kepuasan konsumen terhadap tenant mix, atmosphere, dan cleanliness yang terdapat di food court Royal Plaza dan di food court City of Tomorrow. (TA No. 35010123/MAN/2012). Unpublished undergraduate thesis, Universitas Kristen Petra, Surabaya.

Anderson, E. N. (2005). Semua orang makan pemahaman makanan dan kultur (pp. 97). New York: New York University Press.

Bei, L. T., & Chiao, Y. C. (2001). An integrated model for the effects of perceived product, perceived service quality, and perceived price fairness on consumer satisfaction and loyalty. Journal of Consumer Satisfaction, Dissatisfaction and Complaining Behavior, 14, 125–139.

Colemen, P. (2006). Shopping environment, evolution, planning and design. USA: Elsevier.

Evawati. (2012). Kualitas produk dan citra merek (brand image) Mc Donald: Pengaruhnya terhadap kepuasan konsumen. Jurnal Ilmu Ekonomi dan Sosial, 1(2).

Essinger, J. & Wylie, H. (2003). Customer loyalty: Devising successful strategies in food and drink. From http://www.marketresearch.com/account/login.asp?SID+44342634-401527593-357191235&productid=864541&durl=%2Fproduct%2Fdisplay%2Easp%3Fproductid%

Heizer, J. & Render, B. (2009). Operations management-manajemen operasi (9th ed.). Jakarta: Salemba Empa.

Hurlock, E. B. (2003). Perkembangan anak (6th ed.). Jakarta: Erlangga.

Khomsan, A. (2004). Pangan dan gizi untuk kesehatan. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Knight, J.B & Kotschevar, L. (2000). Quality food production planning and management (3rd ed.). Canada: Simultaneously.

Lovelock, C. & Wirtz, J. (2011). Services marketing: people, technology, strategy (7th ed.). New Jersey: Prentice Hall.

Sumarwan, U. (2007). Perilaku konsumen. Ciawi: Ghalia Indonesia.

Tjiptono. F., (2002). Strategi pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset.

, & Chandra, G. (2011). Service, quality, and satisfaction (3rd ed). Yogyakarta: Andi Offset.

Voon, B. H. (2011, May). Service environment of restaurants: findings from the youth customers. Journal of ASIAN behavioural studies, 1(2), 45-56.

Wishna, V. (2000). Great expectations. Restaurant business, 99(1), 27-30.

Widyaningrumm, A.H. (2011). Analisis faktor yang menimbulkan minat beli di Mc Donald’s rungkut Surabaya. Jurnal Manajemen UPN Veteran.

Zeithaml, V. A. & Gremler, D. D. (2009). Services Marketing – integrating customer focus across the firm (5th ed.). New York: McGraw Hill.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.