ANALISA PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP PEMBERIAN TIP DI RESTORAN HOTEL ‘X’ SURABAYA

Arlita Helena(1*), Silvia Shacharisha Laurent(2), Monika Kristanti(3),


(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan persepsi konsumen dalam pemberian tip di restoran Fine Dining dan restoran Buffet di Hotel X serta dilihat berdasarkan jenis kelamin dan usia. Penelitian ini melibatkan 100 responden yang telah makan di restoran fine dining atau restoran buffet di Hotel X. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif yang bersifat inferensi. Teknik pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan uji One Way ANOVA dan uji Independent Sample T-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan persepsi konsumen yang positif dan signifikan dalam pemberian tip antara restoran Fine Dining dan restoran Buffet di Hotel X. Berdasarkan jenis kelamin dan usia, ditemukan bahwa ada perbedaan persepsi konsumen yang positif dan signifikan dalam pemberian tip di restoran Fine Dining dan restoran Buffet.


Keywords


Persepsi Konsumen, Restoran dan Tip.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2006). Metodelogi penelitian. Yogyakarta: Bina Aksara.

Bagus, Y. (2014). Pengertian Jenis Kelamin dan Gender

Bayu, R. (2012). Pengertian Hotel dan Restaurant. Retrieved from http://madebayu.blogspot.co.id/2012/02/pengertian-hotel-dasn-restaurant.html

Coecoesm. (2011, November). Perilaku Konsumen. Retrieved from https://coecoesm.wordpress.com/2011/11/28/perilaku-konsumen/

Depkes RI. (2009). Profil Kesehatan Indonesia. Jakarta: Departemen Republik Indonesia.

Hasan, I. (2012). Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen. Retrieved April, 03, 2015, from https://ibnuhasanhasibuan.wordpress.com/faktor-yang-mempengaruhi-perilaku-konsumen/

Kotler, P., et al. (1996). Marketing management (13th ed), Jakarta: Erlangga

Lynn, M. (2000). National Character and Tipping Customs: The Needs for Achievement, Affiliation and Power as Predictors of the Prevalence of Tipping. Cornell University. Retrieved from http://scholarship.sha.cornell.edu/cgi/viewcontent.cgi?article=1172&context=articles

Lynn, M. (2000). The Psychology of Restaurant Tipping. Retrieved from Cornell University, SHA School: http://scholarship.sha.cornell.edu/articles/45

Neuman, W. L. (2013), Metedologi Penelitian Sosial: Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif (7th ed), Jakarta: PT. Indeks

Peluang Bisnis Kafe dan Restoran di Surabaya Masih Terbuka (2011, May). Retrieved from surabayapagi.com

Pertiwi, I. (2014). Indonesia Tempati Urutan ke-8 Survei Pemberian Uang Tip. Retrieved from http://swa.co.id/business-research/indonesia-tempati-urutan-ke-8-survei-pemberian-uang-tip

Ritonga, R. (1997). Statistika untuk Penelitian Psikologi dan Penelitian. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi UI.

Sugiyono. (2003). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Pusat Bahasa Depdiknas.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Tribun. (2014). Optimis Tahun 2015 Pertumbuhan Ekonomi Membaik. Retrieved April, 01, 2015 from http://www.tribunnews.com/bisnis/2014/12/11/optimis-tahun-2015-pertumbuhan-ekonomi-membaik

Usman, H. & Purnomo, S.A. (2000). Pengantar Statistika. Jakarta: Bumi Aksara

Walizer, M. H. & Sadiman, A. (2013). Metode dan analisis penelitian


Refbacks

  • There are currently no refbacks.