ANALISA PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP PEMBERIAN TIP DI RESTORAN HOTEL ‘X’ SURABAYA
(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan persepsi konsumen dalam pemberian tip di restoran Fine Dining dan restoran Buffet di Hotel X serta dilihat berdasarkan jenis kelamin dan usia. Penelitian ini melibatkan 100 responden yang telah makan di restoran fine dining atau restoran buffet di Hotel X. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif yang bersifat inferensi. Teknik pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan uji One Way ANOVA dan uji Independent Sample T-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan persepsi konsumen yang positif dan signifikan dalam pemberian tip antara restoran Fine Dining dan restoran Buffet di Hotel X. Berdasarkan jenis kelamin dan usia, ditemukan bahwa ada perbedaan persepsi konsumen yang positif dan signifikan dalam pemberian tip di restoran Fine Dining dan restoran Buffet.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. (2006). Metodelogi penelitian. Yogyakarta: Bina Aksara.
Bagus, Y. (2014). Pengertian Jenis Kelamin dan Gender
Bayu, R. (2012). Pengertian Hotel dan Restaurant. Retrieved from http://madebayu.blogspot.co.id/2012/02/pengertian-hotel-dasn-restaurant.html
Coecoesm. (2011, November). Perilaku Konsumen. Retrieved from https://coecoesm.wordpress.com/2011/11/28/perilaku-konsumen/
Depkes RI. (2009). Profil Kesehatan Indonesia. Jakarta: Departemen Republik Indonesia.
Hasan, I. (2012). Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen. Retrieved April, 03, 2015, from https://ibnuhasanhasibuan.wordpress.com/faktor-yang-mempengaruhi-perilaku-konsumen/
Kotler, P., et al. (1996). Marketing management (13th ed), Jakarta: Erlangga
Lynn, M. (2000). National Character and Tipping Customs: The Needs for Achievement, Affiliation and Power as Predictors of the Prevalence of Tipping. Cornell University. Retrieved from http://scholarship.sha.cornell.edu/cgi/viewcontent.cgi?article=1172&context=articles
Lynn, M. (2000). The Psychology of Restaurant Tipping. Retrieved from Cornell University, SHA School: http://scholarship.sha.cornell.edu/articles/45
Neuman, W. L. (2013), Metedologi Penelitian Sosial: Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif (7th ed), Jakarta: PT. Indeks
Peluang Bisnis Kafe dan Restoran di Surabaya Masih Terbuka (2011, May). Retrieved from surabayapagi.com
Pertiwi, I. (2014). Indonesia Tempati Urutan ke-8 Survei Pemberian Uang Tip. Retrieved from http://swa.co.id/business-research/indonesia-tempati-urutan-ke-8-survei-pemberian-uang-tip
Ritonga, R. (1997). Statistika untuk Penelitian Psikologi dan Penelitian. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi UI.
Sugiyono. (2003). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Pusat Bahasa Depdiknas.
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Tribun. (2014). Optimis Tahun 2015 Pertumbuhan Ekonomi Membaik. Retrieved April, 01, 2015 from http://www.tribunnews.com/bisnis/2014/12/11/optimis-tahun-2015-pertumbuhan-ekonomi-membaik
Usman, H. & Purnomo, S.A. (2000). Pengantar Statistika. Jakarta: Bumi Aksara
Walizer, M. H. & Sadiman, A. (2013). Metode dan analisis penelitian
Refbacks
- There are currently no refbacks.