ANALISA PENGARUH MOTIVASI, KEPUASAN KERJA, DAN KEPEMIMPINAN TERHADAP KOMITMEN ORGANISASI DI RESTORAN PAVILLION J.W. MARRIOTT SURABAYA

Authors

  • Danny Wu Pramudistya
  • Inggrid Tanuwijaya

Keywords:

Promosi, Pariwisata, Bahari, Ambon

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh faktor motivasi, kepuasan kerja, dan kepemimpinan terhadap komitmen organisasi di Restoran Pavillion J.W Marriott Surabaya. Data - data dalam penelitian ini telah memenuhi persyaratan uji deskriptif, uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor motivasi dan kepuasan kerja memiliki pengaruh yang signifikan terhadap komitmen, sedangkan faktor kepemimpinan berpengaruh tidak signifikan terhadap komitmen organisasi di Restoran J.W. Marriott Surabaya.

References

Alimuddin. (2002). Pengaruh Gaya Kepemimpinan terhadap Kinerja Pegawai Badan Pengawasan Daerah Kota Makassar. Yogyakarta: Universitas Gajah Mada.

Chandraningtyas, I., Musadieq, M.Al., & Utami, H.M. (2012). Pengaruh Kepuasan Kerja dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Karyawan melalui Komitmen Organisasi. Malang : Universitas Brawijaya.

Hasibuan, Malayu S.P, (2005). Manajemen Sumber Daya Manusia (Rev. Ed.). Jakarta : Bumi Aksara.

Luthans, F. (2006). Perilaku Organisasi (1st Ed.). Trans. Vivin Andika Yuwono. Yogyakarta: Andi.

Mathis, R.L, & Jackson, J.H.(2006). Human Resources Management (10th Ed.). Jakarta : Salemba Empat.

Moeheriono.(2009). Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi. Jakarta: Ghalia

Siagian, P.S. (2002). Kiat Meningkatkan Produktivitas Kerja. Jakarta : Rineka Cipta.

Simamora, B. (2005). Panduan Riset Perilaku Konsumen. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.

Sopiah. (2008). Perilaku Organisasional. Yogyakarta : C.V Andi Offset.

Sundas , W., Noor , F., dan Shamim A. S. (2009). Study on Relationship Between Organizational Commitment and its Determinants among Private Sector Employees of Pakistan. International Review of Business Research Papers. Vol.5(3),pp. 399-410.

Suntari. (2004). Analisis Faktor-Faktor yang mempengaruhi Return Saham Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Jakarta. Semarang: Universitas Diponegoro.

Tsai, M.C., Cheng, C.C., dan Chang, Y.Y. (2010). Drivers of hospitality industry employees’ job satisfaction, organizational commitment and job performance. African Journal of Business Management. Vol.4(18), pp.4118-4134.

Wahjono, S.I. (2010). Perilaku Organisasi (1st Ed.). Yogyakarta : Graha Ilmu.

Yuwono, et al. (2005). Psikologi Industri dan Organisasi. Surabaya : Universitas Airlangga.

Downloads

Published

2014-07-11