STUDI KASUS PADA PENERAPAN SOP INVENTORI LOBBY BAR SHANGRI-LA HOTEL AND RESORT SURABAYA : PENGAMATAN TERHADAP PROSEDUR PENGAMBILAN BAHAN, PENYIMPANAN SERTA PERLAKUAN SELAMA PENYIMPANAN BAHAN

Gerald Widjojo(1*), Amanda Kusumawidjaya(2),


(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana pemahaman staff dari Lobby Lounge Shangri-La Hotel Surabaya terhadap SOP pada inventori bahan yang ada. SOP ini dirasa penting dalam operasional lobby sehari-hari. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan wawancara dan checklist dalam menghasilkan data untuk dianalisa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar staf sudah memahami SOP yang ada dan sudah mampu menjalankan SOP yang ada dengan baik. 


Keywords


SOP, inventori, checklist, lobby bar

Full Text:

PDF

References


Abbas, A. (2010, 06 30). Pengertian Inventory. Retrieved 10 13, 2012, from SIEN Tech: http://sientech.com/sistem-aplikasi-software/program-inventory.html Anderson, C. (2012, June 4). How to Write Standard Operating Procedures. Retrieved from Bizmanualz: http://www.bizmanualz.com/blog/how-to-write-standard- operating-procedures-sop.html

Bungin, B. (2007). Penelitian Kualitatif Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Prenada Media Group.

Moleong, L. J. (2006). In Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi (p. 5). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Sugiyono. (2005). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

US Environmental Protection Agency. (2007). Guidance for Preparing Standard Operating Procedures (SOPs). Office of Environmental Information Washington, 1-2.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.