ANALISA GAYA KEPEMIMPINAN DI RESTORAN DE BOLIVA SIGNATURE SURABAYA

Ellisa Natalia(1*), Ariawan Pramono(2),


(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gaya kepemimpinan yang dilakukan atau diterapkan oleh manajer dan asisten manajer De Boliva Signature Surabaya dengan menggunakan tiga jenis gaya kepemimpinan yaitu: Gaya Otokratis, Gaya Demokratis dan Gaya Kendali Bebas. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualititatif. Penulis melakukan wawancara semi terstruktur terhadap tujuh informan. Hasil dari penelitian membuktikan gaya kepemimpinan yang diterapkan oleh manajer dan asisten manajer De Boliva Signature Surabaya didominasi oleh gaya kepemimpinan demokratis, tetapi dalam situasi tertentu, manajer dan asisten manajer di De Boliva Signature Surabaya juga menggunakan gaya kepemimpinan otokratis dan kendali bebas. 


Full Text:

PDF

References


Achmad, Ruky (2002). Sistem manajemen kinerja. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama

Kartono, Kartini. (2001). Pemimpin dan kepemimpinan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Moleong, L. J. (2001). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Moleong, L. J. (2004). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Nasution, Prof. Dr. S. 2003. Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung : Tarsito.

Pidekso, Y. S. dan Harsiwi, A. M. (2003). Hubungan kepemimpinan. Yogyakarta: Universitas Atma Jaya.

Satori, D. dan Komariah, A.(2009). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: Alfabeta

Sudriamunawar, H. (2006). Kepemimpinan, peran serta dan produktivitas. Bandung: Mandar Maju

Thio, Sienny. (2001). Membangun service quality untuk mencapai kepuasan konsumen di industri hospitality. Retrieved Oktober 5, 2012 http://dewey.petra.ac.id/jiunkpe_dg_8905.html

Zimerrer, T. & Scarborough, N. (2000). Entrepreneurship the new venture formation. New Jersey : Prentice Hall


Refbacks

  • There are currently no refbacks.