ANALISA PENGARUH KECERDASAN INTELEKTUAL, KECERDASAN EMOSIONAL, DAN KECERDASAN SPIRITUAL TERHADAP KINERJA KARYAWAN DI HOTEL “X”

Claudia Angelika Wijaya(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual terhadap kinerja karyawan, serta untuk mengetahui kecerdasan mana yang paling berpengaruh terhadap kinerja karyawan. Penelitian ini dilakukan di hotel “X”. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode analisa kuantitatif. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, dan kecerdasan spiritual berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan, serta faktor kecerdasan yang berpengaruh paling dominan adalah kecerdasan spiritual.

Keywords


Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, Kinerja Karyawan

Full Text:

PDF

References


Agustian, G. A. (2001). Rahasia sukses membangun kecerdasan emosi dan spiritual (ESQ). Jakarta: Arga Wijaya Persada.

Alam, R. (2007). Hubungan empowerment dengan burnout paramedic rumah sakit rujukan. Unpublished undergraduate thesis.

Bernardin, H. J.(2007). Human resource management: an experiential approach (4rd ed.). USA: McGraw-Hill/Irwin.

Brownell, J. (2012). Fostering ethical leadership: a shared responsibility. The Center for Hospitality Research, 4(6).

Ghozali, I. (2006). Aplikasi Analisis Multivariat Dengan Program SPSS. Semarang: Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. (2009). Analisis multivariate dengan SPSS. Semarang : BPUNDIP.

Goleman, D. (2000). Kecerdasan emosi: mengapa emotional intelligence lebih tinggi daripada IQ. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Grandey, A. A. (2003). When the show must go on: surface acting and deep acting as determinants of emotional exhaustion and peer-rated service delivery. Academy of Management Journal, 46(1), 86-96.

Gujarati, N.G. (2004). Basics econometrics (4th ed.). New York: Harper & Row Publisher, Inc.

Hawari, D. (2006). IQ, EQ, CQ, dan SQ: kriteria sumber daya manusia berkualitas. Jakarta: Gaya Baru.

Hoffman, E. (2002). Psychological testing at work. New York: McGraw-Hill.

Margono. (2004). Metodologi penelitian pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Mujib, A. & Mudzakir, Y. (2000). Nuansa nuansa psikologi islami. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Radar Cirebon. (2010). Dari surat apresiasi sampai sertifikat kejujuran. Retrieved Juli 19, 2010, from http://www.radarcirebon.com/dari-surat-apresiasi-sampai-sertifikat-kejujuran/.

Rae, M. J., Earles, J. & Teachout, M. S. (2007). Predicting job performance: not much more than G. Journal of Applied Psychology, 79.

Rahmi, A. (2008). Kecerdasan emosional dan kehidupan dunia kerja. Ta’dib, 11(1). Jakarta.

Sarwono, J. (2006). Penelitian kualitatif dan kuantitatif. Bandung: Graha Ilmu.

Setyawan, D. (2004). Analisis pengaruh kepemimpinan (IQ, EQ, SQ) terhadap komitmen organisasional karyawan. Unpublished undergraduate thesis, Universitas Katolik Soegijapranata, Semarang.

Simamora, H. (2007). Manajemen sumber daya manusia. Yogyakarta: Badan Penerbit YKPN.

Solimun.(2007). Structural equation modelling (SEM). Malang: Universitas Negeri Malang.

Soputra, A. R. & Sugianto, F. (2002). Pengaruh kualitas jasa terhadap kesetiaan pelanggan Java Jimmy’s Irish Pub Hotel Westin Surabaya. Unpublished undergraduate thesis, Universitas Kristen Petra, Surabaya.

Sturman, C. M. & Sherwyn, D. (2007). The truth about integrity tests: the validity and utility of integrity testing for the hospitality industry. The Center of Hospitality Research, 7(15).

Sugiyono. (2006). Metodologi penelitian bisnis. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2009). Metode penelitian kuantitatif dan kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sunyoto, D. (2009). Analisis regresi dan korelasi bivariat. Yogyakarta: Amara Books

Timpe, A. D. (1993). Kinerja (performance). Jakarta: Gramedia.

Widodo, S. (2012). Cara baru memberdayakan diri untuk lebih cepat bahagia, sukses, dan sejahtera. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.