ANALISIS PENGARUH KUALITAS PRODUK, PROMOSI, DAN INTERIOR TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN DI RESTORAN IMPERIAL LAMIAN TUNJUNGAN PLAZA SURABAYA

Lucano Giovanni Lokman(1*), Devi Kristianto(2), Monika Kristanti(3),


(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari kualitas produk, promosi dan interior terhadap keputusan pembelian, serta mengetahui faktor mana yang paling berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Jenis penelitian yang dilakukan adalah kuantitatif dengan analisa regresi linier berganda. Obyek yang diteliti adalah restoran Imperial Lamian di Tunjungan Plaza Surabaya. Penulis menggunakan 100 sampel untuk diteliti dengan melakukan survei. Hasil dari penelitian membuktikan bahwa kualitas produk, promosi, dan interior berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian. Dari ketiga faktor tersebut, faktor kualitas produk adalah faktor yang paling signifikan berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen. 


Keywords


Kualitas Produk, Promosi, Interior, Keputusan Pembelian

Full Text:

PDF

References


Bungin, B. (2001). Metodologi penelitian sosial. Surabaya: Airlangga University Press.

Ching, F.D.K. (2002), Architectue, Space and Order, New York, New York: Maxmillan Publishing Company.

Delwiche, J. (2004). The Impact of preceptual interaction on percieved flavor, Food quality and preference, 15 (2), 137 – 46.

Engel, F. J., et al. (2001). Consumen behavior. (9th ed.). Orlando: Horcourt. Istijanto. (2009). Aplikasi Praktis Riset Pemasaran, Jakarta: Gramedia Pustaka

Utama.

Kotler, P. (2000). Manajemen Pemasaran: Analisis, perencanaan, implementasi.

dan pengendalian (buku I). (Hermawan dan Ancela Anitawati, Trans).

Jakarta: Salemba Empat.

Kotler, P. (2000). Marketing management (The Millenium Edition). (International

Edition), New Jersey: Prentice Hall International, Inc.

Kotler, P. (2002). Manajemen pemasaran (edisi ke 10), jilid 1. Prenhallindo. Kotler, P., et al. (2003). Marketing for Hospitality and Tourism. (3rd ed.).

(International Edition). USA: Prentice Hall, Inc.

Kotler, P.(2005), Manajemen pemasaran. ( Drs. Benjamin Molan, Trans). Jakarta: PT Prehalindo.

Kotler, P. (2005) , Manajemen pemasaran, Jilid 2 ( 11th ed). Jakarta: PT INDEKS. Kotler, P., & Armstrong, G. (2006). Marketing management (12th ed.). USA:

Pearson International Edition.

Kotler, P. & Amstrong, J. (2007). Dasar – dasar pemasaran. (9th ed.). (Alexander

Sindoro, Trans.). Jakarta: Indeks.

Kuncoro, M. (2003). Metode riset untuk bisnis dan ekonomi. Jakarta : Erlangga. Lamb, et al. (2001). Pemasaran. Buku 1 (David Oktavia, Trans). Jakarta:

Salemba Empat.

Larosa, S. R., & Sugiarto. (2011). Analisis pengaruh harga, kualitas produk, dan

lokasi terhadap keputusan pembelian (studi kasus pada warung-warung

makan di sekitar simpang lima Semarang).

Levy, Michael, Weitz, & Barton A. (2004). Retailing Management. (5th ed.).

Boston: Mc Graw Hill/Irwin.

Liberman, D. (2002). Why Customer Choose Restaurant. New York: Nation’s

Restaurant News.

Lupiyoadi, R. (2001), Manajemen Pemasaran Jasa, Salemba Empat, Jakarta. Malhotra,N.K.(2007). Marketing Research: An Applied Orientation, International

ed. Upper Saddle River, NJ: Pearson Education, Inc.

Ninemier, J.D. & Hayes, D.K. (2006). Restaurant Operation Management. USA:

Pearson/Prentice Hall.

Lovelock, C. & Lauren W. (2002). Principle of Service Marketing and

Management. (2nd ed.). New Jersey: Perason Educational Inc.

Pe’neau, S., Hoehn, E., Roth, H.-R., Escher, F. & Nuessli, J. (2006), Importance

And consumer perception of freshness of apples, Food quality and

preference, 17 (1 – 2), 9 – 19.

Peri, C. (2006), The universe of food quality, Food quality and preference, 17

Universitas Kristen Petra

(1 -2), 3-8.

Raajpoot, N.A. (2002). TANGSER V : a Multiple item scale for measuring

tangible quality in food service industry, Journal of Foodservice Bussiness

Reasearch, 5(2), 109-27.

Rahayu, S. (2005). SPSS versi 12.00 dalam riset pemasaran. Bandung: Alfabeta.

Ruslan, Rosadi. (2003). Metode penelitian public realtion dan komunikasi.

Jakarta: PT. Gajah Grafindo.

Santoso, S. (2000). Buku latihan SPSS : Statistik parametrik. Jakarta: Elex media

Komputindo.

Santoso, S; Tjiptono, F, (2001). Riset pemasaran : Konsep dan aplikasi dengan

SPSS. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Santoso, S. (2002). Statistik dengan SPSS. Jakarta : Elex media Komputindo.

Santoso, Singgih. (2002). Buku latihan SPSS statistik parametrik. Edisi 3. Jakarta:

Gramedia.

Sarwono, J. (2012). Metode riset skripsi pendekatan kuantitatif menggunakan prosedur SPSS. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Schiffman, Leon, G., & Kanuk, L. (2004). Consumer behavior (8th ed.). America : Prentice Hall International, Inc.

Sugiyono. (2003). Metode penelitian bisnis, Bandung: CV. Alfabeta.

Sugiyono. (2004). Statistika untuk penelitian, Bandung: CV. Alfabeta.

Sugiyono. (2006). Statistika untuk penelitian, Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2008). Metode penelitian pendidikan : Teori dan penerapannya dalam

pemasaran, Bogor Selatan: Ghalia Indonesia.

Tjiptono, J. (2004). Strategi pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset.

Umar, H. (2000). “Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis”, ed. Baru,

cetakan 3, PT. RajaGrafindo Persada, Jakarta.

Walker, J & Lundberg, D. (2005). The Restaurant from concept to operation. Fourth edition. New Jersey: Wiley.

Namkung, Y. & Cheong (Shawn), S.J. (2007). Are highly satisfied restaurant customers really different? A quality perception perspective.

USA: Perdue University.

Soekresno. (2000). Management food and beverage service hotel. Jakarta: PT.

Gramedia Pustaka.

Soekresno, I.N.R.P. (2004). Petunjuk Praktek Pramusaji Food & Beverage

Service. Buku Panduan Sekolah Pariwisata dan Perhotelan. Jakarta:

Gramedia Pustaka Utama

Sulek, J.M. & Hensley, R.L. (2004). The Relative Importance of Food,

Atmosphere, and Fairness of Wait the Case of Full Service Restaurant.

North Carolina : Cornell Hospitality Quarterly.

Zainuddin, (1995). Metodologi Penelitian. Surabaya: Pascasarjana-Unair.

Zeithaml, V.A., Bitner, M.J. & Gremler, D.D. (2006), Services marketing:

Integrating Customer Focus Across the Firm, 4th ed. Boston:

McGrawHill/Irwin.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.