PENGARUH BUDAYA, SUB BUDAYA, KELAS SOSIAL, DAN PERSEPSI KUALITAS TERHADAP PERILAKU KEPUTUSAN PEMBELIAN KUE TRADISIONAL OLEH MAHASISWA DI SURABAYA

Mariani Shoshana Giantara(1*), Jesslyn Santoso(2),


(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor dominan di  antara faktor budaya, sub budaya, kelas sosial, dan persepsi kualitas yang dapat mempengaruhi perilaku keputusan pembelian kue tradisional oleh mahasiswa di Surabaya. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif yang bersifat kausal dengan jumlah responden sebanyak 160 responden yang ditentukan oleh quota sampling yang disebar di 4 universitas di Surabaya. Teknik analisis ini menggunakan teknik Regresi Linear Berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor persepsi kualitas merupakan faktor yang paling dominan dalam mempengaruhi perilaku keputusan pembelian oleh mahasiswa di Surabaya.

Keywords


Kue Tradisional, Budaya, Sub budaya, Kelas Sosial, Persepsi Kualitas, Perilaku Keputusan Pembelian.

Full Text:

PDF

References


Amirullah. (2002). Perilaku konsumen. Yogyakarta: Ekonisisa.

Cooper, D. R. & Schindler, P. S. (2006). Business research methods (9thed.). New York: McGraw-Hill.

Durianto. (2004). Strategi menaklukan pasar melalui riset ekuitas dan perilaku merek. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Festival makanan tradisional, kenalkan makanan olahan UMKM (2013, February 5). Retrieved November 6, 2013, from http://wartametropolis.com/2013/02/festival-makanan-tradisional kenalkan-makanan-olahan-umkm/

Gujarati, D. N. (2003). Basic econometrics (4th ed). Boston, Massachusetts: McGraw-Hill.

Kotler, P. & Armstrong, G. (2008). Prinsip – prinsip pemasaran (12th ed). Jakarta: Erlangga.

Kotler, P. & Keller, K. L. (2007). Manajemen pemasaran (12th ed). Jakarta: PT. Indeks.

Kue tradisional dan modern (2013, February 21). Retrieved November 5, 2013, from http://kuetradisionalmodern.blogspot.com/

Kuncoro, M. (2003). Metode riset untuk bisnis & ekonomi. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Linarda, F. & Sindy. (2013, Juli). Perilaku masyarakat Surabaya terhadap keputusan pembelian makanan tradisional Indonesia ditinjau dari faktor eksternal & internal. (No: 33010417/MAN/2013). Undergraduate thesis, Universitas Kristen Petra, Surabaya.

Mencintai lagi kue tradisional (2011, October 18). Retrieved November 5, 2013, from http://www.tempo.co/read/news/2011/10/18/200362099/Mencintai-Lagi-Kue-Tradisional

Nugroho, A. B. (2005). Metode statistik penelitian dengan SPSS. Yogyakarta: Andi Offset.

Nuraida. & Hariyadi, D. (2001). Peningkatan peran pusat kajian makanan tradisional dalam rangka penganekaragaman makanan. Jawa Barat.

Paket kursus kue tradisional (2011, January 29). Retrieved November 5, 2013, from http://kuetradisional22.wordpress.com/2011/01/29/paket-kursus-kue-tradisional/

Palupi, S. (2010, February). Upaya sosialisasi makanan tradisional umbi – umbian sebagai pengganti makanan pokok. Seminar Nasional Mindset Revolution. ISBN: 978-602-96174-0-5. Hlm: 440-447. FT UNM.

Peter, J. P. & Olson, J. C. (2008). Consumer behavior and marketing mix (8th ed). New York: McGraw-Hill.

Populerkan kue tradisional Indonesia (2013, January 3). Retrieved November 5, 2013, from http://kulinologi.biz/index1.php?view&id=98215

Prasetijo, R. & Ihalauw, J.J.O.I. (2005). Perilaku konsumen. Yogyakarta: Andi.

Schiffman, L. G. & Kanuk, L. L. (2008). Consumer behavior (7th ed). International Edition, Upper Saddle River, New Jersey: Prentice Hall.

Solomon, M. R. (2004). Consumer behavior: buying, having, and being (6th ed). Upper Saddle River, New Jersey: Pearson Prentice Hall.

Sulaiman, W. (2004). Analisis regresi menggunakan SPSS: Contoh kasus dan pemecahannya. Yogyakarta: Andi.

Sumarwan, U. (2003). Perilaku konsumen. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Swastha, B. & Handoko, H. (2000). Manajemen pemasaran: Analisa perilaku konsumen. Yogyakarta: BPFE.

Tjiptono, F. (2004). Manajemen jasa. Yogyakarta: Andy Offset.

Ubah bentuk, antarkan jajanan pasar masuk hotel (n.d). Retrieved November 6, 2013, from http://solocyber.blogspot.com/2010/11/ubah-bentuk-antarkan-jajanan-pasar.html

Yuliati, U. (2011, April). Faktor – faktor yang mempengaruhi konsumen dalam pembelian makanan jajanan tradisional di kota Malang. Jurnal Manajemen Bisnis, Vol. 1, No. 1.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.