PENGARUH MARKETING MIX TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI CALIFORNIA FRIED CHICKEN (CFC) SURABAYA Ernest

Ernest Kusuma Auditya(1*), Natalia Krissenzia Ranciu(2), Marcus Remiasa(3),


(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak - Karya tulis ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh produk, harga, promosi, orang, proses, dan lingkungan fisik terhadap kepuasan pelanggan di California Fried Chicken Surabaya. Adapun yang menjadi latar belakang penelitian ini karena semakin menjamurnya restoran di Surabaya dan California Fried Chicken merupakan salah satu brand fastfood lokal yang bertahan cukup lama serta dapat bersaing dengan brand luar yang tersebar di kota Surabaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan jumlah responden sebanyak 80 responden yang merupakan pelanggan dari California Fried Chicken. Dengan menyebar kuisioner secara offline menggunakan alat bantu SPSS, hasil penelitian menunjukkan bahwa pada Product, Price, Promotion, Physical Evidence, People, dan Proces secara parsial maupun simultan memiliki pengaruh positif pada kepuasan pelanggan.
Kata Kunci: Produk, Harga, Promosi, Orang, Proses, Lingkungan Fisik, dan Kepuasan Pelanggan.
Abstract - This paper aim to analyze the influence of the Product, Price, Promotion, People, Process, and Physical Evidence to Customer Satisfaction at Restaurant California Fried Chicken Surabaya. As for the background of this research because of the increasing proliferation of fastfood restaurant and California Fried Chicken is one of the local fast food brand that can survive long enough and can compete with outside brand spreadt in Surabaya city. The method used in this study is a quantitative method with a total of 80 responden who are customers of California Fried Chicken. Using offline questionnaire and the SPSS, the study shows that Product, Price, Promotion, Physical Evidence, People, and Process partially and simultaneously have positive effects to customer satisfaction.
Keywords: Price, Product, Physical Evidence, Promotion, People, Process, Customer Satisfaction.


Full Text:

PDF

References


Adytomo, Y. (2006). Pengaruh lokasi dan pelayanan terhadap kepuasan pelanggan di hotel grasia semarang. Unpublished. Semarang: Universitas Diponegoro

Band, W. A. (1991). Crafeting value for customer. New York: Jhon willey and Sons Inc.

Han, H. & Ryu, K. (2009). The roles of the physical environment, price perception and customer satisfaction in determining customer loyalty in the restaurant industry. Journal of Hospitality & Tourism Research, 33(4), pp. 487-510.

Huda, M. (2014). Model-model pengajaran dan pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Jewell, L.N. & Siegall, M. (2008). Psikologi industri/organisasi modern edisi 2. (Pudjaatmaka, Trans). Jakarta: Arcan.

Kotler, P. & Amstrong, G. (2001). Prinsip-prinsip pemasaran Edisi keduabelas, Jilid 1. Jakarta: Erlangga.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.