PENGEMBANGAN BISNIS DILIHAT DARI FAKTOR INTERNAL DAN EKSTERNAL PERUSAHAAN PADA HOMESTAY DHANESVARA DI SURABAYA

Fenny Sugiman(1*), priscilla novita sari(2),


(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Homestay Dhanesvara adalah salah satu usaha jasa akomodasi yang berjenis homestay yang ada di kota Surabaya. Ancaman dari persaingan antara para pemain dalam bisnis homestay masih dianggap cukup rendah, karena pesaing industri jasa penginapan yang bertemakan homestay masih kurang berkembang di Indonesia terutama di Surabaya. Namun tidak menutup kemungkinan bahwa kelak, akan ada pesaing yang berusaha untuk menyajikan suatu konsep yang sama dengan harga yang lebih murah. Ditengah ketatnya persaingan dan  cepatnya perkembangan usaha jasa akomodasi, Homestay Dhanesvara mampu untuk mempertahankan keberadaannya. Namun, hal ini menyebabkan Homestay Dhanesvara merasa berada di zona aman dan tidak terlalu berusaha untuk melakukan pengembangan usaha. Oleh sebab itu, dilakukan analisa strategi dengan menggunakan matrix SWOT pada Homestay Dhanesvara, sebagai analisa untuk pengelolaan dan pengembangan usaha yang lebih baik.

 


Keywords


Strategi, analisis SWOT, homestay

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2008). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek, Bandung: Alpabeta.

Hìdayat, A. (2007). Strategi six sigma: Peta pengembangan kualitas dan kinerja bisnis. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Marbeta, J. (2008, June). Home Stay in Indonesia. Retrivied September 10, 2012, from http://marbeta.wordpress.com

Nickels, W.G., McHugh, J., & McHugh, S. (2009). Understanding business. USA: McGraw Hill.

Pearce, John A. and Robinson Richard B. Jr. (2003). Strategic management formulation, implementation and control. Boston: Mc Graw Hill.

Rangkuti, F. (2009). Analisis SWOT teknik membedah kasus bisnis. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Umum.

Silalahi, U. (2009). Metode penelitian sosial. Bandung: Refika Aditama.

Sugiyono. (2012). Metode penelitian kuantitatif dan kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta.

Suliyanto. (2010). Studi kelayakan bisnis. Yogyakarta: Andi.

Tangkilisan, Hessel Nogi S. (2007). Manajemen publik. Jakarta: Grasindo.

Umar, Husein. (2003). Business an introduction. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Umar, Husein. (2008). Strategic management in sction: Konsep, teori, dan teknik menganalisis manajemen strategis strategic business unit berdasarkan konsep Michael R. Porter, Fred R. David, dan Wheelen-Hunger. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Wibowo, Singgih. (2007). Petunjuk mendirikan usaha kecil. Depok: Wisma Hijau.

Zaharuddin, H. (2006). Menggali potensi wirausaha. Bekasi: Dian Anugerah Prakasa.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.