ANALISA PENGARUH BUDAYA ORGANISASI TERHADAP MOTIVASI KERJA DAN KEPUASAN KERJA PADA KARYAWAN F&B RESTORAN TANG PALACE DI HOTEL J.W. MARRIOTT SURABAYA.
(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh budaya organisasi terhadap motivasi kerja dan kepuasan kerja pada karyawan F&B restoran Tang Palace di hotel J.W. Marriott , Surabaya. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan divisi F&B restoran Tang Palace di hotel J.W. Marriott, Surabaya. Jumlah sampel yang digunakan adalah sebesar jumlah populasi yaitu seluruh karyawan tetap yang meliputi departemen service dan kitchen sebanyak 40 orang. Tahap analisis data menggunakan Partial Least Square (PLS) dengan proses perhitungan yang dibantu program aplikasi software SmartPLS 2.0. Hasil dari penelitian menunjukan adanya saling pengaruh positif dan signifikan antara budaya organisasi, motivasi kerja dan kepuasan kerja. Variabel yang berpengaruh paling kuat adalah Budaya organisasi terhadap motivasi kerja.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aldridge, E.John.,dan Siswanto Sutojo.(2005).Good corporate governance. Jakarta: Damar mulia Pustaka
Andayani, Dewi. (2007). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi produktivitas tenaga kerja di sumatera utara.medan: Universitas Sumatera Utara
Bambang, Wahyudi. (2002). Manajemen sumber daya manusia. Bandung: Raja Gravindo
Colquitt, Lepine, Wesson. (2009). Organizational behavior. Mc Grow Hill International Edition
Ghozali, Imam. (2008). SEM Metode alternatif dengan PLS : Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hasibuan, Melayu. (2001). Manajemen sumber daya manusia:Pengertian dasar, pengertian, dan masalah. Jakarta: PT. Toko Gunung Agun
Koesmono, H. Teman, (2005,September). Pengaruh budaya organisasi terhadap motivasi dan kepuasan kerja serta kinerja karyawan pada sub sektor industri pengolahan kayu skala menengah di jawa timur. Jurnal Manajemen Kewirausahaan, 7(2),171-18
Kotler, P. John, dan Heskett, L.James. (2006). Corporate culture and performance. Jakarta: Maxwell Mac Millan.
Malhotra, N.K. (2004). Marketing Research: An applied orientation (4th ed). New Jersey: Pearson Education Inc.
Martoyo. (1998). Manajemn sumber daya manusia, Edisi 3. Yogyakarta: BPFE
Maulana,Akbar. (2011). Indonesia university of education (Chapter3):Bandun
Moorhead, G. Dan Ricky (1999). Human resources management. 7th Ed. New York: Prentice Hall, Inc.
Nitisemito, Alex. (2000). Pembelanjaan perusahaan. Edisi Revisi. Cetakan Keenam. Yogyakarta : Buku Aksara
Nor, Liyana Mohd Bokti & Mansor Abu Talib, (2010,Juni). Tekanan kerja, motivasi dan kepuasan kerja tentera laut armada tentera laut diraja malaysia. Jurnal Kemanusiaan, bil.15.
Neuman, W. Lawrence, (2003). Social research methods. Qualitative and quantitative approaches. Fifth Edition. Boston: Allyn and Bacon.
Robbins, Stephen P. (2002). Essentials of organizational behavior (Terjemahan), Edisi Kelima.Jakarta : Penerbit Erlangga.
Robbins, Stephen P, (2005). Organization behavior (11th Ed). New Jersey. Practice-hall
Siagian, Sondang P.(2002). Kiat peningkatan produktifitas kerja. Jakarta : Rineka Cipta.
Solimun.(2005). Structural equation modelling aplikasi software amos. Malang : Fakultas MIPA dan Pascasarjana Universitas Brawijaya.
Thoha, Miftah. (2003). Kepemimpinan dalam manajemen. Jakarta: Raja Grafindo.
Stewart,T.A. (2002). Intellectual capital (modal intelektual): Kekayaan baru organisasi. Jakarta : PT.Elex Media Komputindo.
Refbacks
- There are currently no refbacks.