ANALISA PENGARUH BUDAYA ORGANISASI TERHADAP MOTIVASI KERJA DAN KEPUASAN KERJA PADA KARYAWAN F&B RESTORAN TANG PALACE DI HOTEL J.W. MARRIOTT SURABAYA.

Ivan Lauwenas(1*), Yosua Agustinus Karjadi(2),


(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini  untuk mengetahui pengaruh budaya organisasi terhadap motivasi kerja dan kepuasan kerja pada karyawan F&B restoran Tang Palace di hotel J.W. Marriott , Surabaya. Populasi dalam penelitian ini adalah  karyawan divisi F&B restoran Tang Palace di hotel J.W. Marriott, Surabaya. Jumlah sampel yang digunakan adalah sebesar jumlah populasi yaitu seluruh karyawan tetap yang meliputi departemen service dan kitchen sebanyak 40 orang. Tahap analisis data menggunakan Partial Least Square (PLS) dengan proses perhitungan yang dibantu program aplikasi software SmartPLS 2.0. Hasil dari penelitian menunjukan adanya saling pengaruh positif dan signifikan antara budaya organisasi, motivasi kerja dan kepuasan kerja. Variabel yang berpengaruh paling kuat adalah Budaya organisasi terhadap motivasi kerja.

 


Keywords


Budaya Organisasi, Motivasi Kerja, Kepuasan Kerja

Full Text:

PDF

References


Aldridge, E.John.,dan Siswanto Sutojo.(2005).Good corporate governance. Jakarta: Damar mulia Pustaka

Andayani, Dewi. (2007). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi produktivitas tenaga kerja di sumatera utara.medan: Universitas Sumatera Utara

Bambang, Wahyudi. (2002). Manajemen sumber daya manusia. Bandung: Raja Gravindo

Colquitt, Lepine, Wesson. (2009). Organizational behavior. Mc Grow Hill International Edition

Ghozali, Imam. (2008). SEM Metode alternatif dengan PLS : Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hasibuan, Melayu. (2001). Manajemen sumber daya manusia:Pengertian dasar, pengertian, dan masalah. Jakarta: PT. Toko Gunung Agun

Koesmono, H. Teman, (2005,September). Pengaruh budaya organisasi terhadap motivasi dan kepuasan kerja serta kinerja karyawan pada sub sektor industri pengolahan kayu skala menengah di jawa timur. Jurnal Manajemen Kewirausahaan, 7(2),171-18

Kotler, P. John, dan Heskett, L.James. (2006). Corporate culture and performance. Jakarta: Maxwell Mac Millan.

Malhotra, N.K. (2004). Marketing Research: An applied orientation (4th ed). New Jersey: Pearson Education Inc.

Martoyo. (1998). Manajemn sumber daya manusia, Edisi 3. Yogyakarta: BPFE

Maulana,Akbar. (2011). Indonesia university of education (Chapter3):Bandun

Moorhead, G. Dan Ricky (1999). Human resources management. 7th Ed. New York: Prentice Hall, Inc.

Nitisemito, Alex. (2000). Pembelanjaan perusahaan. Edisi Revisi. Cetakan Keenam. Yogyakarta : Buku Aksara

Nor, Liyana Mohd Bokti & Mansor Abu Talib, (2010,Juni). Tekanan kerja, motivasi dan kepuasan kerja tentera laut armada tentera laut diraja malaysia. Jurnal Kemanusiaan, bil.15.

Neuman, W. Lawrence, (2003). Social research methods. Qualitative and quantitative approaches. Fifth Edition. Boston: Allyn and Bacon.

Robbins, Stephen P. (2002). Essentials of organizational behavior (Terjemahan), Edisi Kelima.Jakarta : Penerbit Erlangga.

Robbins, Stephen P, (2005). Organization behavior (11th Ed). New Jersey. Practice-hall

Siagian, Sondang P.(2002). Kiat peningkatan produktifitas kerja. Jakarta : Rineka Cipta.

Solimun.(2005). Structural equation modelling aplikasi software amos. Malang : Fakultas MIPA dan Pascasarjana Universitas Brawijaya.

Thoha, Miftah. (2003). Kepemimpinan dalam manajemen. Jakarta: Raja Grafindo.

Stewart,T.A. (2002). Intellectual capital (modal intelektual): Kekayaan baru organisasi. Jakarta : PT.Elex Media Komputindo.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.