ANALISA PENGARUH EXPERIENTIAL MARKETING TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI MODERN CAFE SURABAYA

Akiko Natasha(1*), Debrna Dwi Kristanti(2),


(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Pertumbuhan restaurant dan café terus meningkat. Hal ini membuat para pemasar harus lebih kreatif dalam memasarkan produknya. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh experiential marketing terhadap kepuasan konsumen. Experiential marketing merupakan suatu teknik pemasaran  yang telah lama dilakukan oleh para pemasar. Dimana experiential marketing ingin memberikan kesan yang mengena dihati konsumen melalui lima variabel yaitu sense, feel, think, act dan relate experience. Penelitian ini mengambil obyek J.Co Donuts & Coffee dan Starbucks Coffee Surabaya. Populasinya adalah masyarakat Surabaya yang melakukan transaksi di J.Co Donuts & Coffee dan Starbucks Coffee Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode analisa deskriptif kuantitatif terhadap 130 responden sebagai sampel. Hasil penelitian ini adalah gambaran nyata dari adanya pengaruh experiential marketing terhadap kepuasan konsumen yang terjadi di Surabaya saat ini dan relate experience merupakan variabel dari experiential marketing yang memiliki pengaruh paling besar terhadap kepuasan konsumen di  J.Co Donuts & Coffee dan Starbucks Coffee Surabaya.

 


Keywords


Experiential marketing, pemasaran, kepuasan konsumen

Full Text:

PDF

References


Andreani, F. (2007). Experiential marketing (Sebuah Pendekatan Marketing), Jurnal Manajemen Pemasaran, VOL. 2, NO. 1, APRIL 2007.

Kotler, P. (2000). Manajemen pemasaran. Jilid 2. Jakarta: Bumi Aksara.

Rini, E.S. (2009). Menciptakan pengalaman konsumen dengan experimental marketing, Jurnal Manajemen dan Bisnis. VOL.2, NO.1, JANUARI 2009.

Schmitt, B.H. (2003). Customer experience management. a revolutionary approach to connecting with your customers. Hoboken, New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.