PENGARUH PRODUK, KUALITAS LAYANAN, DAN WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI DE BOLIVA SIGNATURE SUTOS

Yenny Listiyani(1*), Vika Oktaria(2),


(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Dalam industri Food and Beverage, produk, kualitas layanan, dan word of mouth mempunyai pengaruh terhadap keputusan pembelian. Demikian halnya dengan de Boliva Signature Sutos yang mempunyai produk unggulan, mengakui kekuatan word of mouth, namun mempunyai kualitas layanan yang kurang baik menurut pre-survey dan wawancara dengan owner dan trainee. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode kuantitatif dengan teknik regresi linear berganda untuk mengetahui pengaruh produk, kualitas layanan, dan word of mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen dan faktor mana diantara variabel bebas tersebut yang paling berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Hasil analisa menunjukkan bahwa produk, kualitas layanan, dan word of mouth mempunyai pengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian di de Boliva Signature Sutos serta produk merupakan faktor yang paling berpengaruh terhadap keputusan pembelian di de Boliva Signature Sutos.

 


Keywords


Produk, Kualitas Layanan, Word of Mouth, Keputusan Pembelian.

Full Text:

PDF

References


Alma, H. B. (2004). Manajemen pemasaran dan pemasaran jasa (5th ed). Bandung: CV Alfabeta.

Hariyanto & Wandy. (2011). Pengaruh produk, harga dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian di roti in (d/h tjwan bo) Surabaya. (TA No.33010258/MAN/2011). Unpublished undergraduate thesis, Universitas Kristen Petra, Surabaya.

Kotler & Armstrong. (2001). Prinsip-prinsip pemasaran Jilid I edisi kedelapan. Jakarta: Erlangga

Ninemeier, J. D., & Hayes, D. K. (2005). Restaurant operations management: Principles and practices. New Jersey: Pearson Prentice Hall.

Rambat, L. (2001). Manajemen pemasaran jasa. Jakarta: Salemba Empat.

Singarimbun, M., & Effendi, E. (2006). Metode penelitian survei. Jakarta: Pustaka LP3ES.

Solomon, M. R. (2002). Consumer behavior: Buying, having and being (5th ed). New Jersey: Prentice Hall International, inc.

Sugiyono. (2010). Metode penelitian bisnis: Pendekatan kuantitaif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Yinna, A. (2011). Analisa stimulus word of mouth terhadap keputusan pembelian konsumen di restoran Dewa Ndaru. (TA No.33010256/MAN/2011). Unpublished undergraduate thesis, Universitas Kristen Petra, Surabaya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.