FAKTOR-FAKTOR YANG MENDORONG MASYARAKAT SURABAYA DALAM MELAKUKAN RESERVASI HOTEL SECARA ONLINE

Sherly Gozzali(1*), Monika Kristanti(2),


(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mendorong masyarakat Surabaya dalam melakukan reservasi hotel secara online. Dimana reservasi online yang dilakukan hanya pada Online Travel Agent yang dilakukan oleh masyarakat Surabaya berumur 20-40 tahun selama kurun waktu 1 tahun terakhir (Mei 2012-April 2013). Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis faktor. Hasil penelitian menunjukan bahwa tedapat tujuh faktor yang mendorong masyarakat Surabaya dalam melakukan reservasi hotel secara online, yaitu faktor popularitas dan teknologi, keterandalan, kemudahan, kecepatan, informasi, harga, dan reward. Faktor popularitas dan teknologi merupakan faktor yang memiliki kontribusi paling besar.

 


Keywords


Reservasi online, hotel, masyarakat Surabaya, Online Travel Agent

Full Text:

PDF

References


Adams, C., Millard, P. & Avison, D.E (2003, October). Personal trust space in mobile. Paper accepted for the Sixth International Conference on Electronic Commerce Research (ICECR-6), INFORMAT, Dalia.

Ani. (2009, march 31). Pengguna internet Indonesia tumbuh 1000 persen. Kompas Cyber Space. Retrieved 14 March, 2013, from http://www.kompas.com

Awad, E.M. (2006). Electronic commerce: from vision to fulfillment. New Jersey: Pearson/Prentice Hall.

Bungin, H.M.D. (2009). Metodologi penelitian kuantitatif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Carroll, W.J., & Sileo, L. (2007). Chains gain ground online: Hotels have much to celebrate [Electronic Version]. Hospitality Upgrade, Spring 2007, 36-38. Retrieved July 29, 2012. From http://www.hospitalityupgrade.com

Djarwoto. (2001). Mengenal beberapa uji statistik dalam penelitian (2nd ed.). Yogyakarta: Liberty Yogyakarta.

Field, A. (2005) Discovering statistics using SPSS (2nd ed). London: Sage.

Google Travel Study (2012, July). The Hotel traveler’s road to decision 2012. Retrieved 14 March, 2013, from http://www.ithinkwithgoogle.com

Hayes, D.K., Ninemeier, J.D., & Miller, A.A. (2012). Foundations of lodging management 2nd edition. New Jersey: Pretice Hall.

Husein, U. (2002). Metode riset bisnis. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Husein, U. (2002). Riset pemasaran dan perilaku konsumen. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Janal, D.S. (2005). Online marketing handbook : how to sell, advertise, publicize, and promote your products and services on the internet and commercial online system. New York : Van Nostrand Reinhold.

Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia (2012, Mei 22). Sambutan menparekraf pada peluncuran situs Accor Hotel berbahasa Indonesia. Retrieved July 29, 2012, from http://www.budpar.go.id/budpar/asp/detil.asp?c=125&id=1582

Kotler, P. (2002). Marketing moves: A New approach to profits, growth and renewal. New Jersey: Prentice Hall.

Kuncoro, M. (2003). Metode riset untuk bisnis & ekonomi. Jakarta: Erlangga,.

Ninemeier, J.D. & Perdue, J. (2005). Hospitality operations: Careers in the world’s greatest industry. New Jersey: Pearson / Prentice Hall.

Perez, S. (2009). Who’s online and what are they doing there?. Retrieved March 7, 2013, from http://readwrite.com/2009/01/29/whos_online_and_what_are_they_doing_there

Rayport, J.F. & Jaworski, B.J. (2000). E-Commerce. New York: McGraw-Hill.

Santoso, S. (2003). Buku latihan SPSS statistik multivariat. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Shergill, G.S & Chen, Zhaobin. (2005). Web-based shopping : consumer’s attitudes towards online shopping in New Zealand. Journal of Electronic Commerce Research, Vol. 6, No. 2, 2005. Retrieved March 7, 2013, from http://www.csulb.edu/journals/jecr/issues/20052/paper1.pdf

Sugiyono. (2012). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. (15th ed.). Bandung: CV. Alfabeta.

Suliyanto. (2005). Analisis data dalam aplikasi pemasaran. Bogor : Ghalia Indonesia.

Transaksi E-commerce di Jatim capai Rp. 1,5T. (2012, Juni 12). Surabaya Post Online. Retrieved July 30, 2012, from http://www.surabayapost.co.id/?mnu=berita&act=view&id=5be3bea579f9573b558382aa434128e5&jenis=e4da3b7fbbce2345d7772b0674a318d5

Turban, E., King, D., Lee, J., Liang, T.P, & Turban, D. (2012). Electronic Commerce 2012: A Managerial and social networks perspective.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.