STUDI DESKRIPTIF TENTANG FAKTOR – FAKTOR YANG DIPERTIMBANGKAN OLEH MAHASISWA UNIVERSITAS KRISTEN PETRA DALAM MEMILIH KOS DI SURABAYA

Elizabeth Adelia Lestiono(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil mahasiswa, indikator masing – masing faktor yang merupakan pertimbangan mahasiswa dalam memilih kos, serta faktor yang cenderung memberikan kontribusi terbesar dalam pertimbangan pemilihan kos. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah tabel frekuensi, tabulasi silang (crosstab), uji validitas dan reliabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor kebudayaan, faktor sosial, faktor personal, dan faktor psikologis merupakan faktor – faktor yang dipertimbangkan oleh mahasiswa dalam memilih kos dan diantara keempat faktor tersebut, faktor personal merupakan faktor yang cenderung memberi kontribusi terbesar dalam memilih kos.

 


Keywords


Faktor, Keputusan Pembelian, Kos

Full Text:

Untitled

References


Aditya, Frans. (2010) Mahasiswa Bisa: Manfaat Anak Kos dalam Pembentukan watak seseorang. Retrieved February 26, 2013, from http://mahasiswabisa.blogspot.com/2010/07/manfaat-menjadi-anak-kos dalam.html

Agam, Yousri. (2008, para.1) Surabaya Masih Tetap Berjuluk Kota Industri. Retrieved April 18, 2013, from http://rajaagam.wordpress.com/2008/1 2/27/kota-indamardi-atau-budi-pamarinda/

Ariyoso. (2009). Uji Validitas. Retrieved from March, 20, 2013, from http://ariyoso.wordpress.com/2009/10/31/uji-validitas/

Armstrong, Gary., Kotler, Philip., & Geoffrey,. (2006). Marketing: An introduction.Pearson/Prentice Hall.

Cooper, D.R. dan Emory, C.W. (1995). Business Research Methods. US: Irwin.

Deviana. (2012, para. 1) Indekos dan Kehidupan Mahasiswa. Retrieved May 02, 2013, from http://muda.kompasiana.com/2012/10/16/indekost- dan- kehidupan-mahasiswa-496029.html

Universitas Kristen Petra. (2012). Dari Embong Wungu ke Siwalankerto, Untaian Kisah 50th Universitas Kristen Petra”, p. 89-97. Surabaya: Author.

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil: Data Statistik Pergerakan Penduduk Surabaya di Tahun 2013. Retrieved February 25, 2013, from http://dispendukcapil.surabaya.go.id

Erawan, Anto. (2013, para. 6) Ranumnya Bisnis Properti di Kota Pahlawan. Retrieved April 29, 2013, from http://www.rumah.com/berita- properti/2013/3/3593/ranumnya-bisnis-properti-di-kota-pahlawan

Gunarto. (2008). Makna Nilai Signifikansi Dari Suatu Uji Hipotesis. Retrieved March, 25, 2013, from http://thesis.binus.ac.id/Doc/Bab3/2011-1-00482- mn%203.pdf

Hamidah. (2004). Perilaku Konsumen dan Tindakan Pemasaran. Retrieved June 02, 2012, from http://library.usu.ac.id/download/fe/manajemen- hamidah.pdf

Hastiyanto, Febri. (2006, para. 3) Kos, Kontrak, Sewa. Retrieved March 15, 2013, from http://rubrikbahasa.wordpress.com/2011/04/06/kos-kontrak-sewa/

Ifzanul. (2009). Teknik Analisis Data. Retrieved May 10, 2013, from http://thesis.binus.ac.id/Doc/Bab3/2011-1-00482-mn%203.pdf

Ikisuryo. (2012, para. 5) Tips Memilih Tempat Kos Agar Tidak Kecewa. Retrieved May 02, 2013, from http://ikisuryo.blogdetik.com/index.php/archives/181

Indonesia. Departemen Pendidikan Nasional (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia; Definisi indekos (p.736, p.531).

Istijanto (2010, p.77). Skala Interval. Retrieved May. 08, 2013, from http://thesis.binus.ac.id/Doc/Bab3/2011-1-00482-mn%203.pdf

Karya tulis TGA. Pengertian kos; Kategori tempat kos. Retrieved March 01, 2013, from http://library.binus.ac.id/eColls/eThesis/Bab2/200820 0073 AR%20bab %202.pdf

Kotler, Philip : Analysing Consumer Markets and Buying Behavior (10th edition)

Kotler, Philip & Amstrong. Bagan faktor – faktor yang mempengaruhi konsumen (2001, p.196)

Kotler, Philip. & Bamossy, Gary. (2003). Principles of Marketing: European Edition with Consumen Behaviour: a European Perspective (Pearson Valueadd Pack)

Kotler, Philip., Bowen, John., & Makens, James (2003): Consumer Markets and Buying Behavior. Marketing for Hospitality and Tourism, 3e©2003 Pearson Education, Inc. Upper Saddle River, NJ 07458

Muhammad, Arul. (2012, para. 5). Inilah 50 Perguruan Tinggi Terbaik di Dunia, Asia, dan Indonesia. Retrieved April 29, 2013, from http://arulinside.wordpress.com/2012/01/28/50-perguruan-tinggi-terbaik- di-indonesia-tahun-2012/

Muridoke.com (2009, para. 2). 6 Jurusan Paling Diminati Oleh Mahasiswa. Retrieved May 13, 2013, from http://www.muridoke.com/index.php/article/open/56/6_jurusan_paling_di minati_oleh_mahasiwa

Putri (2012, para.1). Tabulasi Silang Statistik. Retrieved February 22, 2013, from http://paramithalinggani.blogspot.com/2012/09/tabulasi-silang-cross- tabulation.html

Santoso, Prasko (2012, para.1) Mean, Median, Modus. Retrieved May 28, 2013, from http://zona-prasko.blogspot.com/2012/07/mean-median-modus.html

Saputro, Pandji. (2011). Definisi dan Faktor Penyebab Perilaku Konsumen. Retrieved February 15, 2013, from http://himamika09.blogspot.com /2009/03/konsep-perilaku-konsumen.html

Schiffman, Leon G, and Leslie lazar Kanuk. (2004). “Consumer Behaviour, eight edition”. New Jersey: Prentice Hall. Retrieved June 05, 2012

Simamora, Bilson. “Buku Panduan Riset Perilaku Konsumen” (2008, p.1-18)

Solimun (2002, p.83). Metode Penelitian. Retrieved May 02, 2013, from http://www.damandiri.or.id/file/endangsulistiariniunairbab4.pdf

Sugiyono. (2004, p.137). Landasan Teori. Retrieved April, 25, 2013, from http://library.binus.ac.id/eColls/eThesis/Bab2/2007-2-003247-KA Bab%202.pdf

Sugiyono. (2010, p. 178). Obyek Penelitian. Retrieved April, 25, 2014, from http://repository.upi.edu/operator/upload/s_pea_0704380_chapter3.pdf

Sukmadinata (2006, p.72). Penelitian Deskriptif. Retrieved May, 10, 2013, from http://feri-cakep.blogspot.com/2008_11_01_archive.html

Susilo, Nico. & Ali, Nirmala (2011, para. 8). Harga Selangit, Fasilitasnya Bak Hotel Bintang. Retrieved March 15, 2013, from http://www.surabayapost.co.id/?mnu=berita&act=view&id=2d535f8a1dd4 038751c8497702049809

Sutrisno (2001, p.12). Rancangan Penelitian Interval. Retrieved May, 10, 2013, from http://lib.uin-malang.ac.id/thesis/chapter_iii/07620004-firlia- rachmat.ps

Tapsell. (2009, para. 9). Understanding The Customer : Perception and Decision Making. Retrieved March 16, 2013, from http://perceptionofthecustomer. blogspot.com/2009/10/perception.html

Wijayanti, Ani S. Pentingnya Perilaku Konsumen Dalam Menciptakan Iklan Yang Efektif. Retrieved June 02, 2012, from puslit.petra.ac.id.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.