PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP MINAT MENGINAP KEMBALI KONSUMEN HOTEL VASA SURABAYA

Evan Alim Mulyono(1*), Erick Agustinus(2), Hanjaya Siaputra(3),


(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


ABSTRAK

Meningkatnya bisnis industri perhotelan di Surabaya mengakibatkan meningkatnya persaingan yang ketat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisia pengaruh bauran pemasaran (sumber daya manusia & fasilitas fisik) terhadap minat menginap kembali konsumen hotel Vasa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan analisis regresi linear berganda dengan 126 responden yang pernah menginap di hotel Vasa.

Dari hasil penelitian diketahui bahwa adanya pengaruh bauran pemasaran (sumber daya manusia & fasilitas fisik) secara simultan terhadap minat menginap kembali. Sedangkan secara parsial didapati hanya variabel fasilitas fisik yang memiliki pengaruh terhadap minat menginap kembali. Sedangkan variabel orang tidak memiliki pengaruh terhadap minat menginap kembali.

 

Kata Kunci : Bauran Pemasaran, Minat Menginap Kembali, hotel Vasa Surabaya

 

ABSTRACT

 

            The increasing business of the hospitality in Surabaya resulted in increased competition. The purpose of this study is to analyze the influence of marketing mix (people & physical evidence) to the interest on staying again at Vasa hotel Surabaya. This study uses quantitive method and regression analysis with 126 respondents who had stayed at Vasa hotel Surabaya.

From the result of this research indicate that there is positive influence of marketing mix toward interest on staying again simultaneously. We found that only physical evidence variable that have influence to the interest on staying again at Vasa hotel. While people variable have no influence to the interest on staying again at Vasa hotel.

 

Keyword : Marketing Mix, Interest to stay again, Vasa hotel Surabaya


Full Text:

PDF

References


DAFTAR REFRENSI

Amofah, O., Gyamfi, I, & Tutu, C.O. (2016). The Influence of Service Marketing Mix on Customer Choice of Repeat Purchase of Restaurant in Kumasi, Ghana.

Buchari, A. (2005). Manajemen pemasaran dan pemasaran jasa.Cetakan 5. Bandung: CV Alfabeta.

Darmono. (2006). Perhotelan. Jakarta : Gramedia Widiasmara Indonesia.

Debi, H.A., Mustafa, A. (2014). The impact of service marketing Mix 7P’s. Orlando : The Clute Institute International Academic Conference.

Tjiptono, F. (2006). Manajemen jasa. Edisi pertama. Yogyakarta: Andi.

Ferdinand, A.T., (2002). Kualitas strategi pemasaran: Sebuah Studi Pendahuluan, Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, Vol.1, No.1, (Mei),p.107-119.

Hellier, Kotler, P & Richard, J, A. (2003). Customer repurchase intention: A general structural equation model, Journal Of Marketing, Vol.37, pp:1762-1800,retrieved from:http://jurnalsdm.blogspot.com/2011/10/membangun-minat-beli-definisi-faktor.html.

Kotler, P. (2008). Manajemen pemasaran Edisi 12 Jilid 2. Jakarta: Indeks.

.

Kotler, P, &Amstrong, G. (2008). Principle of marketing. (13th ed). New Jersey. Upper Saddle River. Pearson Prentice Hall.

Kotler, P, & Keller,K. (2009). Manajemen pemasaran (12th ed). Jakarta: PT. Indeks.

Peter R, (2002). Marketing: a pratical approach.(3rd ed). Australia: McGraw Hill book company.

Sulastiyono A, Darmo, H.s. (2011). Manajemen Penyelenggaraan Hotel: Manajemen Hotel. Bandung: Alfabeta.

Wijayanto, G. (2015). The effect of service marketing mix in choosing the decision to consumer services hotel : Studies in Hotel Grand Zuri Pekanbaru.

Zeithaml A, & Bitner, M. (2009). Service marketing.(5th ed). Singapore : McGraw Hill International Edition.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.