ANALISA DESKRIPSI EKUITAS MEREK HOTEL BINTANG TIGA DI SURABAYA

Jeffry Adi Koeswanto(1*), Jasson Gunawan(2),


(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui memberikan gambaran mengenai ekuitas merek lima hotel bintang tiga di Surabaya (Artotel, Yello Hotel, Ibis, Midtown & Pop! Hotel). Penelitian dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 150 responden yang pernah menginap di salah satu hotel tersebut. Hasil penelitian menunjukan bahwa Artotel memiliki nilai ekuitas merek yang baik di ikuti dengan Yello hotel, meskipun kesadaran merek masih kalah dengan artotel. Sedangkan untuk Pop! hotel memiliki ekuitas merek yang cukup kuat, tetapi masih perlu melakukan promosi agar dapat meningkatkan kesadaran merek responden. Midtown perlu meningkatkan indikator secara keseluruhan dan untuk Ibis hotel agar lebih memperbaiki kesan kualitas merek dan mengevaluasi setiap karyawan. Namun, Ibis masih memiliki keunggulan yakni pada pemikiran utama pada benak konsumen.

Keywords


Ekuitas merek, Kesadaran merek, Asosiasi merek, Persepsi kualitas, tingkat loyalitas suatu merek

Full Text:

PDF

References


Aaker, D. (1991). Managing brand equity. San Francisco: Free Press.

. (1996). Building strong brands. New York: The Free Press.

. (1997). Ekuitas merek edisi indonesia. Jakarta : Mitra Utama.

Agusli, Kunto. (2013). Analisa Pengaruh Dimensi Ekuitas Merek Terhadap Minat Beli Konsumen Midtown Hotel Surabaya. Jurnal manajemen perhotelan.

Durianto, Damadi, Sugiarto dan Tony, S. (2004). Strategi menaklukan pasar melalui riset ekuitas dan perilaku merek. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Dobni, D., Zinkhan, G. M. (1990). In search of brand image: A foundation analysis. Advances in Consumer Research. 17, 110-119.

Freddy, R. (2004). The Power of Brand. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Ghozali, I. (2009). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang : UNDIP.

Jogiyanto. (2008). Metodologi Penelitian Sistem Informasi. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Keller, K. (1993). Conceptualizing, measuring, and managing customer-based brand equity. Journal of Marketing, 57(1), 1-22.

. (2008). Startegic merek management. New Jersey: Pearson Education.

Kotler, P., Keller, K.L. (2003). Manajemen Pemasaran (12nd ed.), 10 (3)

Kotler, P. (2004). Ten deadly marketing sins: Signs and solutions. New Jersey:

John Wiley & Sons inc.

Kotler, P. dan Amstrong, G. (2001). Prinsip-prinsip manajemen. (1), (8th ed.).. Jakarta : Penerbit Erlangga.

. (2004). Prinsip-prinsip marketing (7th ed.) Jakarta : Penerbit Salemba Empat.

Kuncoro, M. (2003). Metode riset untuk bisnis dan ekonomi. Jakarta : Erlangga

Kuncoro, M. (2009). Ekonomika indonesia : Dinamika lingkungan bisnis di tengah krisis global. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Kim, H.B. and Kim, W.G. (2005). The relationship between brand equity and firms’ performance in luxury hotels and chain restaurants. Tourism management, 26(4), 549-560.

Kim, H. B., Kim, W. G., & An, A. J. (2003). The effect of consumer based brand equity on firm's financial performance. Journal of Consumer Marketing, 20(4), 335-351.

Pappu, R., Quester, P. G., dan Cooksey, R. W. 2005. Consumer Based Brand Equity : Improving the Measurement – Empirical Evidence. Journal of Product and Brand Management, 14( 4)

Severi, E., K. C. Ling. (2013). The media-ting effects of brand association, brand loyalty, brand image, and perceived quality on brand equity. Asian Social Science 9(3): 125-137.

Miller, J., & Muir, D. (2004). The business of brands. Chicester: John WIiley Sons Ltd.

Mowen. (1995). Perilaku konsumen. Jakarta : Pustaka Ilmu

Purwanto. (2011). Evaluasi hasil belajar. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Roscoe, J.T. (1975). Fundamental research statistics for the behavioural sciences, (2nd ed.). New York: Holt Rinehart & Winston.

Scott, W. R.( 2012). Financial accounting theory (6th ed.). Toronto: Pearson Education Canada.

Sugiyono, (2008). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan r&d. Bandung. Alfabeta, cv.

Sulastiyono, A. (2011). Manajemen penyelenggaraan hotel. Seri manajemen usaha jasa sarana pariwisata dan akomodasi. Alfabeta, cv.

Susanto. (2004). Sistem informasi manajemen.Bandung: Linggar Jaya.

Widjaja, M., Wijaya, S., & Jokom, R. (2007). Analisis penilaian konsumen terhadap ekuitas merek coffee shops di surabaya. Jurnal manajemen perhotelan.

Yoo, Bonghee. (2000). An Examination of Selected marketing Mix Elements and Brand Equity. Academy of Marketing Science Journals, 28( 2), 195-211.

Zethaml, Valarie, Mary Jo Bitner, Dwayne D. Grembler. (2006). Service marketing. McGraw-Hill international edition.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.