PENGARUH STORE ATMOSPHERE TERHADAP CUSTOMER SATISFACTION DI DOMICILE KITCHEN AND LOUNGE SURABAYA

Michelle Gloria Pudjianto(1*), Cecilia Alvina Soewito(2), Marcus Remiasa(3),


(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Store Atmosphere merupakan suasana atau keadaan yang terencana yang sesuai dengan pasar sasaranya dan yang dapat menarik pelanggan untuk melakukan pembelian. Dalam penelitian kali ini, peneliti menetapkan Store Atmosphere sebagai variabel yang mempengaruhi Customer satisfaction. Store Atmosphere memiliki 6 dimensi, yaitu Lighting, Music Background, Temperature, Aroma, Sitting Layout, Design Building. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari Store Atmosphere terhadap Customer Satisfaction di Domicile Kitchen and Lounge Surabaya. Penelitian ini melibatkan 120 responden masyarakat Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Store Atmosphere memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Customer Satisfaction serta Design Building merupakan dimensi yang berpengaruh dominan terhadap Customer Satisfaction di Domicile Kitchen and Lounge Surabaya.

Keywords


Store Atmosphere, Lighting, Music Background, Temperature, Aroma, Sitting Layout, Design Building dan Customer Satisfaction.

Full Text:

PDF

References


Ariffin, H. F. (2011). Restaurant’s Atmospheric Elements: What the Customer Wants. Journal of Asian Behavioural Studies , 2-10.

Husein, U. (2004). Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Baud-Bovy, F. L. (2002). Tourism and Recreation, Handbook of Planning and Design. England: Architectural Press Oxford.

Berman, Barry & Evans, J. 2002. Retail Management : A Strategic Approach. Upper Saddle River : Prentice Hall Int, Inc.

Bimo, W. (2001). Psikologi Sosial. Yogyakarta: Andi Offset.

Evans, R. (2012). Retail Management: A Strategic Approach. New York: Upper Saddle River.

Ghozali, I. (2009). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: UNDIP.

Hayes, D. & Ninemeier, J . 2009. Human Resources Management in the Hospitality Industry. New Jarsey : John Wiley and Sons, Inc.

Kotler, P. (2012). Principles of Marketing 14th edition. New York: Pearson Prentice Hall.

Levi & Weitz. (2009). Retailing Management, New York: Mc Graw-Hill.

Marsum, A. W. (2005). Restoran dan Segala Permasalahannya. Edisi IV. Yogyakarta : ANDI.

Mowen, John. (2014). Consumer Behavior. New York: McGraw-Hill Education.

Pamudji, S. J. (2004). Faktor Akustik dalam Perancangan Desai Interior. Jakarta : Djambatan.

Saino & Mayasari, N. L. (2014). Pengaruh Restaurant Atmosphere dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Dream Cars Resto and Cafe Surabaya. 2-9.

Santosa, B. P. (2005). Analisis Statistik dengan Microsoft Excel dan SPSS . Yogyakarta: Andi.

Suarthana. (2006). Manajemen Perhotelan. Bali: Mapindo.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan RandD. Bandung: Alfabeta.

Tjiptono, F. and Chandra, G. (2005), Manajemen Kualitas Jasa, Yogyakarta, ANDI.

Zeithaml, V. A., and Bitner, M. J. (2003). Services Marketing (International Edition). Singapore: McGraw Hill Companies, Inc.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.