ANALISA HUBUNGAN MOTIVASI KERJA DAN KEPUASAN KERJA KARYAWAN PADA RESTORAN BAKERZIN SURABAYA

Devy Oktavia Setiono, Nathania Kwanda

Abstract


Motivasi karyawan sangatlah penting karena motivasi adalah motor penggerak bagi setiap individu yang mendasari karyawan untuk bertindak melakukan sesuatu, karena itu perusahaan harus menjaga kepuasan kerja karyawan, supaya karyawan memberikan hasil yang optimal untuk perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis hubungan motivasi kerja dan kepuasan kerja karyawan di Restoran Bakerzin Surabaya. Penelitian ini melibatkan 47 karyawan di Restoran Bakerzin Surabaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif eksplanatif dengan analisis statistik deskriptif dan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi kerja berkorelasi positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan sebesar 13,5%.

Employee motivation is important because motivation is the driving force for each individual underlying employee to act to do something, because of that the company must maintain employee satisfaction, so that employees gave the optimal results for companies. This study aims to determine the analysis of the work motivation on job satisfaction of employees working in Restaurant Bakerzin Surabaya. The study involved 47 employees at Restaurant Bakerzin Surabaya. The data processing method is done with quantitative explanative with analitical descriptive statistic and simple linear regression. The result showed that work motivation have positive correlation and significant impact towards on job satisfaction amount to 13,5%.


Keywords


Motivasi kerja, kepuasan kerja, karyawan restoran.

Full Text:

PDF

References


Azwar, S. (2000). Sikap manusia: Teori dan pengukuran. Yogyakarta: Liberty.

Diatheart. (2012). Pengaruh faktor – faktor kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan Bank Rakyat Indonesia Selong. Retrieved March 26, 2016, from http://diatdantugas.blogspot.co.id/2012/11/pengaruh-faktor-faktor-kepuasan-kerja.html

George, J.M. & Jones, G.R. (2005). Essentials of managing organizational behavior (5thed.). New Jersey: Upper Saddle River.

Handoko, T.H. (2000). Manajemen personalia dan sumberdaya manusia.Yogyakarta: BPFE UGM.

¬¬ Hasibuan, M.S.P . (2007). Manajemen sumberdaya manusia (9th Ed.). Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Hasthojn. (2012). Pengembangan SDM. Retrieved March 26, 2016 from http://hasthojn.blogspot.co.id/2012/12/kepuasan-kerja.html

Herman, D & Rahmawati, M. (2012,August). Pengaruh motivasi terhadap kepuasan kerja pegawai pada kantor dinas peternakan dan perikanan Kabupaten Sidenreng Rappang. JIA,1(1),17-39.

Kartika E.W & Kaihatu T.S. (2010, March). Analisis pengaruh motivasi kerja terhadap kepuasan kerja (studi kasus pada karyawan restoran di Pakuwon Food Festival Surabaya). Jurnal manajemen dan kewirausahaan.12(1),100-112.

Luthan, F. (2006). Perilaku organisasi.( V.A Yuwono,et al. Trans.). Yogyakarta: ANDI.

Prasetyo, E. (2003). Pengaruh kepuasan dan motivasi kerja terhadap produktivitas kerja karyawan Riyadi Palace Hotel di Surakarta. Retrieved April 2, 2016, fromUniversity Muhammadiyah Surakarta, Website:http://fahrudin.weebly.com/uploads/1/3/9/6/13969720/pengaruh_kepuasan_dan_motivasi_kerja_terhadap.pdf.

Robbins, S.P & Timothy A.J. (2008). Perilaku organisasi (12th Ed.). Jakarta: Salemba Empat.

Umar, H. (2000). Research methods in finance and banking. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka.

Wahab, R.B. (2012). Pengaruh kepuasan kerja dan motivasi kerja terhadap kinerja karyawan pada PT. Bank Mandiri (Persero) TBK Makassar.Retrieved April 2, 2016, fromUniversity Hasanuddin Makassar, Web site: https://core.ac.uk/download/files/644/25486989.pdf


Refbacks

  • There are currently no refbacks.