Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Konsumen Dalam Memutuskan Untuk Menginap di Green Hotel di Surabaya

Alfredo Karsten Loppies(1*), Steven Adi Nugroho(2), Regina Jokom(3),


(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor – faktor yang mempengaruhi konsumen dalam memutuskan untuk menginap di green hotel di Surabaya. Populasi adalah seluruh konsumen yang pernah menginap di hotel yang tergolong green hotel di Surabaya minimal sekali dalam kurun waktu 6 bulan terakhir dengan sampel penelitian berjumlah 168 responden. Teknik analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah  analisa faktor untuk mereduksi sejumlah faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi perilaku konsumen. Hasil penelitian menunjukkan ada 6 faktor baru yang terbentuk, yaitu social control, green benefit, environmental responsibility, green hotel knowledge, green opinion dan environmental concerns dengan faktor social control yang paling dominan.

Keywords


Green hotel, Perilaku Konsumen, Analisa Faktor

Full Text:

PDF

References


Bohdanowicz, P. (2006). Responsible resource management in hotels - attitudes, indicators, tools and strategies. Stockholm.

Fraj, E., & Martinez, E. (2006). Enviromental values and lifestyle as determaining factors of ecological consumer behaviour: An empirical analysis. Journal of Consumer Marketing, 23(3), 133-144.

Graci, S., & Kuehnel, J. (2010). How to increase your bottom line by doing green. Toronto: Accommodating Green.

Han, H., Hsu, J. L., Lee, J., & Sheu, C. (2011). Are lodging customer ready to go green? An examination of attitudes, demographics, and eco-friendly intentions. International Journal of Hospitality Management, 30(2), 345-355.

Han, X., & Chan, K. (2013). Perception of green hotels among tourist in Hong Kong: An exploratory study. Service Marketing Quarterly, 34(4), 339-352.

Jayanti, N. D., Kumadji, S., & Yaningwati, F. (2014). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi green purchasing (survei pada pelanggan Tupperware di Kota Malang). Administrasi Bisnis, 5(1), 63-69.

Kasali, R. (2005). Sembilan fenomena bisnis (2nd ed.). Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Kianpour, K., Anvari, R., Jusoh, A., & Othman, M. F. (2013). Important motivators for buying green products. Intangible Capital, 10(5), 873-896.

Manaktola, K., & Jauhari, V. (2007). Exploring consumer attitude and behaviour towards green practice in the lodging industry in India. International Journal of Contemporary Hospitality Management, 19(5), 364-377.

Orloczki, M. (2012). Eco-labeling for enviromental friendly hotel industry. International Dimensions in Economics Conference (pp. 122-129). Lodz: Research Gate.

Ottman, J. A., & Hartman, R. C. (2006). Green marketing myopia: Ways to improve consumer appeal for environmentally preferable products. Environment, 48(5), 22-36.

Pembeli Indonesia Lebih Bijak dibandingkan Negara Maju. (2015, April 04). Retrieved from Dream: http://www.dream.co.id/dinar/pembeli-indonesia-lebih-bijak-dibanding-negara-maju-1504029.html

Rahmawati, A. E. (2013). Analisis perilaku konsumen dalam memutuskan dalam membeli produk hijau. Jurnal Akuntansi dan Manajemen, 2(2), 42-54.

Tilikidou, I., & Delistavrou, A. (2015). Preferring green and rejecting "unethical" hotels. Journal of Business, 10(3), 285-296.

Ulfah, M. (2013). Analisis personality dan lifestyle terhadap socially responsible consumption (Survei pada konsumen The Face Shop Paris van Java Bandung). Journal of Management Business, 16(1), 69-82.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.