ANALISIS PENGARUH KEPUASANKONSUMEN TERHADAP EXPERIENTIAL MARKETING TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN DI ZOOM HOTELSURABAYA

Fanny Halim(1*), Karina Liangi(2), Fransisca Andreani(3),


(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Kepuasan konsumen merupakan perasaan senang atau kecewa setelah membandingkan antara apa yang dia terima dan apa yang diharapkannya. Experiential Marketingadalahkonsep pemasaran yang memberikan pengalaman unik dan tak terlupakan kepada konsumen dengan melibatkan emosi konsumen dan berdampak kepada penjualan.Kepuasan konsumen atas experiential marketing terdiri dari kepuasan sense experience, feel experience, think experience dan relate experience. Penelitian ini bertujuanmengetahui pengaruh kepuasan konsumen atas experiential marketing terhadap loyalitas konsumendiZoom HotelSurabaya. Penelitian ini melibatkan 100konsumendi Zoom HotelSurabaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepuasan sense experience memiliki pengaruh positif, signifikan dan paling dominan terhadap loyalitas konsumen. Sedangkan kepuasan feel experience, think experience memiliki pengaruh positif namuntidak berpengaruh secara signifikan. Kepuasan relate experience berpengaruh negatif dan tidak berpengaruh secara signifikan.

Keywords


Kepuasan Konsumen, Experiential Marketing, Sense Experience, Feel Experience,Think Experience, Relate Experience dan Loyalitas Konsumen.

Full Text:

PDF

References


Adler, E.S. & Clark, R. (2008). The methodoloy of sampling and purposive sampling. Arghya Ray.

Andreani, F. (2007). Experiential marketing (sebuah pendekatan marketing). Jurnal Manajemen Pemasaran, Vol. 2, No.1.

Griffin, J. (2005). Customer loyalty: Menumbuhkan dan mempertahankankesetiaan pelanggan. Jakarta: Erlangga.

Gulo, W. (2002). Metode penelitian. Jakarta: PT. Grasindo.

Hasan, A. (2009). Marketing edisi baru. Yogjakarta: Media Pressindo.

Hasan, M. (2001). Pokok-pokok mater statistik I (statistik deskriptif). Jakarta: Bumi Aksara.

Hasan, M. (2006). Analisa data penelitian dengan stastitik. Jakarta: Bumi Aksara.

Hotel "Budget" Merajarela di Surabaya. (2016, March 22). Retrieved from http://properti.kompas.com/read/2016/03/10/140000921/Hotel.Budget.Merajalela.di.Surabaya

Indriantoro, N. & Supomo, B. (2002). Metodologi penelitian bisnis. Yogyakarta: BPFE.

Jatmiko, R. &. (2012). Analisis experiential marketing dan loyalitas pelanggan jasa wisata (studi pada Taman Rekreasi Sengkaling Malang). Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, Vol. 14, No. 2.

Kartajaya, H. (2004). Marketing in Venus. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Kasali, R. (2001). Membidik pasar Indonesia: Segmentation, targeting and potitioning. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Kotler, P. & Armstrong. (2008). Prisip-prinsip pemasaran (Vol. 1). Jakarta: Erlangga.

Kotler, P. & Keller,K.L. (2009). Manajemen pemasaran (Edisi 13). Jakarta: Erlangga.

Kuncoro, M. (2007). Metode kuantitatif: Teori & aplikasi untuk bisnis & ekonomi. Yogyakarta: UPP-AMP YKPN.

Kunto, Y. S., Khoe, I. K. (2007). Analisis pasar pelanggan pria produk facial wash di Kota Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran.

Lokito, SA & Dharmayanti, D. (2013). Analisa pengaruh experiential marketing dan customer satisfaction terhadap customer loyalty Comedy Kopi di Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran.

Malhotra, N. (2006). Marketing research: An applied orientation. USA: Prentice Hall.

Margaretha, M. (2004). Studi mengenai loyalitas pelanggan pada divisi asuransi kumpulan AJP Bumi Putra. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, Vol. III, Vol. 3, No.3.

Pine, B.J. & Gilmore, J.H. (1999). The experience economy : Work is theatre and every business a stage. Bosttom MA: Harvard Business School Press.

Santoso, S. (2001). Mengolah data statistik secara profesional. Jakarta: PT. Alex Media Komutindo.

Saputra, B. (2015, April 10). Konsep pengolahan data. Retrieved from http://bayserf.blogspot.com/2012/11/konsep-pengolahan-data.html

Schmitt, B. (1999). Experiential Marketing : How to get yout customers to sense, feel, think, act, and relate to you company and brand. New York: The Fress Press.

Sekaran, U. (2006). Metode penelitian untuk bisnis. Jakarta: Salemba Empat.

Simamora, B. (2005). Analaisis multivariat pemasaran. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Umum.

Singarimbun,M. & Sofian,E. (2005). Metode penelitian survey. Jakarta: LP3ES.

Solimun. (2005). Kisi-kisi analisis data (permodelan statistika) dan metodologi penelitian. Malang: Fakultas MIPA Universitas Brawijaya.

Sugiyono. (2010). Statistika untuk penelitian. Bandung: CV. Alfabeta.

Swastha,B & Irawan. (2005). Manajemen pemasaran modern. Yogyakarta: Liberty.

Umar, H. (2003). Metode riset perilaku organisasi. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Umar, H. (2005). Riset pemasaran dan perilaku konsumen. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Wong. (2005). Experience lost. Marketing, Toronto,Vol 110, lss.22, p.11 . Retrieved from http://proquest.umi.com/pqdweb?did=857881791&sid=1&Fmt=3&clientId=72459&RQT=309&VName=PQD


Refbacks

  • There are currently no refbacks.