PENGARUH BAURAN PEMASARAN (PRODUK, HARGA, LOKASI, DAN PROMOSI) TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA HOTEL BUDGET DI KAWASAN SURABAYA PUSAT

Olivia Eileen Dewi Susanto(1*), Michelle Natalia(2), Hanjaya Siaputra(3),


(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak: Pesatnya pertumbuhan industri perhotelan yang sebagian besar berfokus pada hotel budget di kawasan Surabaya pusat menyebabkan persaingan ketat terjadi di antara hotel – hotel tersebut. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor bauran pemasaran yang berpengaruh signifikan terhadap minat beli konsumen hotel budget di kawasan Surabaya pusat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif kausal dengan analisis statistik deskriptif dan regresi linier berganda. Peneliti menemukan bahwa faktor produk, harga, dan promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen. Promosi merupakan faktor yang paling berpengaruh terhadap minat beli konsumen hotel budget di kawasan Surabaya pusat. 

Abstract: The rapid growth of hospitality industry, which lately more focusing on hotel budget in the center of Surabaya, causing a very high competition between those hotels. This research is done to get to know which marketing mix factor has significant effect towards customer’s buying intention of hotel budget in the center of Surabaya city. The data processing method is done with quantitative causal with analitical descriptive statistic and multiple linear regression. Researchers find out that product, price, and promotion has positive and significant impact towards customer’s buying intention. Promotion is the most influential factor towards customer’s buying intention of hotel budget in the center of Surabaya city.   


Keywords


Bauran Pemasaran, Minat Beli Konsumen, Hotel Budget

Full Text:

PDF

References


Andoko, J., & Devina, P. (2015). Analisis pengaruh marketing mix (produk, harga, promosi, lokasi) terhadap minat beli konsumen pada guest house di Surabaya. Journal of Hospitality and Service Management, Vol.2, 55-69.

Assael, H. (2001). Consumer behavior and marketing action (6th ed). New York: Kent Publishing Company.

Bowie, D., & Buttle, F. (2004). Hospitality marketing : An introduction. Burlington: Elsevier Butterworth-Heinemann.

Calvindo, W. (2014). Pengaruh bauran pemasaran terhadap minat beli konsumen pada multikonsep restoran 1914 Surabaya. Jurnal Hospitality dan Manajemen Jasa, 227-241.

Cooper, D. R., & Schindler, P. (2014). Business research methods (12th ed). New York: McGraw-Hill.

Ferdinand, A. (2006). Metode penelitian manajemen: pedoman penelitian untuk skripsi, tesis, disertai ilmu manajemen. Semarang: Universitas Diponegoro.

Hurriyati, R. (2008). Bauran pemasaran dan loyalitas konsumen. Bandung: Alfabeta.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2014). Principles of marketing (15th global ed.). United States of America: Pearson Education.

Kristianto, D., & Anggono, A. (2015). Analisa pengaruh bauran pemasaran (promosi, produk, harga, dan lokasi, terhadap minat beli konsumen di Pizza Hut Carrefour Kalirungkut Surabaya. Jurnal Hospitality dan Manajemen Jasa, 489-501.

Prasojo. (2016, January 28). Surabaya dibanjiri hotel bintang tiga. Diambil kembali dari Housing Estate: http://www.housingestate.com/read/2015/01/28/surabaya-dibanjiri-hotel-bintang-3/

Saunders, M., Lewis, P., & Thornhill, A. (2016). Research methods for business students (7th Ed). Edinburgh: Pearson Education Limited.

Schiffman, L., & Kanuk, J. (2008). Consumer behavior (8th ed). New Jersey: Pearson Education International.

Setiaji, B. (2004). Panduan riset dengan pendekatan kuantitatif. Surakarta: PPS Universitas Muhammadiyah.

Widjaja, B. (2009). Lifestyle marketing servlist: Paradigma baru pemasaran bisnis jasa dan lifestyle. Jakarta: Gramedia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.