ANALISIS EXPERIENTIAL MARKETING TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN VIP CLUB DI SHERATON HOTEL SURABAYA

Priscilla Christiany(1*), Amelia Megawati(2),


(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Pertumbuhan ekonomi dunia khususnya di industri perhotelan terus meningkat. Menyikapi hal ini, pebisnis harus mengembangkan suatu teknik pemasaran yang unik untuk memenangkan persaingan yang ada. Experiential marketing merupakan teknik pemasaran yang memberikan pengalaman yang unik kepada konsumen agar tertarik untuk membeli, puas dan dapat kembali lagi untuk menikmati setiap produk atau jasa yang ditawarkan di sebuah hotel. Dimana experiential marketing menciptakan suatu rangsangan atau stimulus yang mempengaruhi perasaan, pikiran, dan perilaku individual konsumen setelah mengalami suatu kejadian tertentu sehingga pebisnis dapat membangun hubungan yang langgeng dengan konsumen. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh kepuasan experiential marketing terhadap kepuasan konsumen di Sheraton Hotel Surabaya. Sampel yang diteliti sebanyak 60 responden dengan menggunakan purposive sampling. Alat analisa yang digunakan adalah analisis deskriptif dan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan kepuasan experiential marketing memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen VIP Club di Sheraton Hotel Surabaya dalam sense, feel, think, dan relate experience. Dalam penelitian ini relate experience merupakan variabel bebas yang berpengaruh dominan dalam mempengaruhi kepuasan konsumen di Sheraton Hotel Surabaya.

 


Keywords


Kepuasan experiential marketing, sense experience, feel experience, think experience, relate experience, kepuasan konsumen.

Full Text:

PDF

References


Andreani, F. (2007, April). Experiential marketing. Jurnal Manajemen Pemasaran, 2(1).

Arikunto, S. (2006). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Seputar Pengetahuan. (n.d.). Retrieved September 21, 2015, from http:// http://www.seputarpengetahuan.com/2014/12/8-pengertian-penelitian-menurut-para.html

Cooper, C.R., & Schindler, P.S. (2008). Business research methods (10th ed.) Boston: McGraw-Hill

Donmoyer, R. (2008). The sage encyclopedia of qualitative research methods. (Given & Lisa, Eds.). Thousand Oaks: Sage.

Ghozali, I. (2005). Analisis multivariat dengan program spss (3rd ed.) Semarang: Badan Penerbit UNDIP.

Hamzah, A. (2007). Analisis experiential marketing, emotional branding, dan brand trust terhadap loyalitas merek mentari. Jurnal Usahawan, 22-28.

Hidayat, A. (2007). Metode penelitian kebidanan & teknik analisis data. Jakarta: Salemba Medika.

Kertajaya, H. (2004). Hermawan Kertajaya on selling. Jakarta: PT. Mizan.

Kotler, P. (2003). Marketing management (11th ed.), New Jersey: Prentice Hall Int’l.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2010). Principles of marketing (13rd ed.) United States of America: Perason.

Kotler, P., & Keller, K.L. (2009). Manajemen pemasaran (13rd ed.) Jakarta: Erlangga.

Maghnati, F. (2012). Exploringthe relationship between experiential marketing and experiential value in the smartphone industry. Kuala Lumpur: Canadian Center of Science and Education.

Natasha, A., & Kristanti, D.D. (2013). Analisa pengaruh experiential marketing terhadap kepuasan konsumen di modern café surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, 2(1), 15-20.

Nehemia, H.S. (2010). Analisis pengaruh experiential marketing terhadap loyalitas pelanggan waroeng spesial sambal cabang sempok semarang. Jurnal Manajemen Pemasaran, 5-10.

Razanah, Z., Kumadji, S., & Kusumawati, A. (2013). Penerapan experiential marketing strategy dan pengaruhnya terhadap kepuasan dan loyalitas. Jurnal Administrasi, 1-8.

Santoso, S. (2004). Mengatasi berbagai masalah statistik dengan spss versi 11.5. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Schmitt, B. (1999). Experiential marketing. New York: The Free Press.

Sekaran, U. (2006). Research methods for business. New York: John Wiley & Sons Inc.

Sugiyono (2012). Memahami penelitian kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Supranto, J. (2006), Pengukuran tingkat kepuasan pelanggan untuk menaikkan pangsa pasar (3rd ed.) Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Tjiptono, F. (2011). Pemasaran jasa. Malang: Bayumedia.

Yunus, H.S. (2010). Metodologi penelitian wilayah kontemporer. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Zeithaml, V.A., & Bitner, M.J. (2000). Service marketing: Integrating customer focus across the firm. Singapore: Mc. Graw Hill.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.