ANALISA PENGARUH FAKTOR KUALITAS MAKANAN, KUALITAS LAYANAN, DAN MOOD TERHADAP PEMBERIAN TIP DI DUCK KING RESTORAN GALAXY MALL SURABAYA

Yolanda Widita Gozali(1*), Debby Soekresno(2), Adriana Aprilia(3),


(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh Kualitas Makanan, Kualitas Layanan, dan Mood terhadap Pemberian Tip di Duck King Restoran Galaxy Mall Surabaya. Duck King Restoran Galaxy Mall Surabaya merupakan restoran yang terletak di Surabaya timur yang menerapkan metode table service. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Teknik Analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistical product and service solutions (SPSS). Hasil menunjukkan bahwa  Kualitas Makanan, Kualitas Layanan, dan Mood berpengaruh secara signifikan terhadap Pemberian Tip dan faktor yang dominan berpengaruh terhadap Pemberian Tip adalah Kualitas Layanan.


Keywords


Kualitas Makanan, Kualitas Layanan, Mood, Pemberian Tip

Full Text:

PDF

References


Abdolvand, M. A., Hanzaee, H. K., Rahnama, A., & Khoshpanjeh, M. (2011). The effects of situational and individual factors on impulse buying. World Applied Sciences Journal, 13(9), 2108-2117.

Jones, W. (2000). Food quality analysis. Oregon: Noni Blessing Holdings

Kothari, C. R. (2004). Research methodology, methods & techniques. New Delhi: New Age International (P) Limited Publisher.

Kotler, P. (2003). Manajemen pemasaran (11th ed.). Jakarta: Indeks Kelompok Gramedia.

Kuncoro, M. (2003). Metode riset untuk bisnis dan ekonomi. Jakarta: Erlangga.

Lynn, M., Kwortnik R. J. & Sturman, M. C. (2011). Voluntary tipping and the selective attraction and retention of service workers in the USA: an application of the ASA model. The International Journal of Human Resource Management, 22 (9), 1887-1901.

Mandias, R. dan Kristanti, M. (2006). Analisa faktor-faktor yang mempengaruhi pemberian tip oleh pelanggan asing pada metode self service di Starbucks Coffee Discovery Mall-Bali dan metode table service di The Wave Coffee Bar-Bali. Jurnal Manajemen Perhotelan, 2 (1), 27-35.

Margono. (2004). Metodologi penelitian pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Merriam-Webster. (2011). Tip. January 15, 2011. http://www.merriam-webster.com/dictionary/tip

Millon, T., Blaney, P. H., & Davis, R. D. (1990). Oxford textbook of psychopathology. New York: Oxford University Press.

Mischitelli, V. (2000). Your new restaurant (2nd ed.). Canada: Adams Media Corporation.

Parasuraman, A., V. A. Zeithaml, dan L.L. Berry. (2009). Service marketing: integrating customer focus accross the firm (5th ed.). New York: McGraw-Hill Companies Inc.

Sabath, A. M. (1993). Business etiquette brief: the competitive edge for today’s professional. Massachusettes: Bob adams. Inc. Publishers.

Santoso, S. (2002). Buku latihan SPSS statistika parametik. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Sugiyono. (2009). Quantitative research methods, qualitative and r & d. New York: Alfabeta.

Sugiyono. (2012.) Memahami penelitian kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Wibowo, A. (2006). Analisis regresi linier, ordinal, dan regresi logistic. Surabaya: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Airlangga.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.