ANALISA PENGARUH KEPUASAN FINANCIAL BENEFIT, SOCIAL BENEFIT, DAN STRUCTURAL TIES MEMBERSHIP CARD TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DI HOTEL BINTANG 3 SURABAYA

Jeanita Maris Chandra, Clarina Jane Santoso

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh financial benefit, social benefit, dan structural ties yang ada dalam membership card hotel dalam menciptakan terjadinya loyalitas pelanggan.

Teknik analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kausal dengan metode kuantitatif untuk mengetahui hubungan sebab akibat antara variabel financial benefit, social benefit, dan structural ties terhadap loyalitas pelanggan di hotel Swiss-Belinn Hotel Surabaya, Santika Hotel Surabaya, dan  Ibis Style Surabaya. Hasil penelitian menunjukan tidak semua benefit berpengaruh signifikan terhadap terciptanya loyalitas pelanggan.


Keywords


Relationship Marketing, Perceived Benefit, Loyalitas Pelanggan

Full Text:

PDF

References


Andreani, et al. (2012). “The influence of customer relationship management (CRM) on customer loyalty in JW Marriott Surabaya. Journal of Management and Entrepreneurship,14(2).

Arikunto, S. (2006). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Berry, L.L. & Bitner, M.J. (1995). Relationship marketing of service : growing interest, Emerging Perspectives. Journal of the Academy of Marketing Science.

Ghozali, I. (2007). Aplikasi multivariate dengan program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Kalakota, R., & Robinson, M. (2001). E-bussiness 2.0: roadmap for success. Boston: Addison – Wesley.

Kotler, P.,& Armstrong, G. (1998). Marketing management (11th ed). New Jersey: Prentice Hall.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2004). Principles of marketing(10thed). New Jersey: Prentice Hall.

Perkembangan pariwisata jawa timur 2014. Retrieved April 13, 2014 from http://jatim.bps.go.id/Brs/view/id/287

Sugiyono. (2009). Metode penelitian kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Susanto, F., & Semuel, H. (2013). Pengaruh relationship marketing terhadap loyalitas pelanggan PT. Mitra 10 Surabaya.

Shoemaker, S., & Lewis, R. C. (1999). “Customer loyalty: The future of hospitality marketing”. Hospitality Management, vol. 18, pp. 345-370.

Tjiptono, Fandy. (2000). Manajemen jasa. Yogyakarta : Andi.

Umar, H. (2001). Riset pemasaran dan perilaku konsumen (2nded). Jakarta:Gramedia Pustaka Utama.

Wellis, V. (2007). Manajemen hubungan pelanggan. Retrieved November 6, 2013 from http://blog.vanwellis.com/2013/11/06/manajemen-hubungan-pelanggan.html

Zeithaml,et al. (1996). “Measuring the quality of relationship in customer service: An empirical study. European Journal of Marketing.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.