SEGMENTASI KONSUMEN MAKANAN CEPAT SAJI ONLINE DI SURABAYA SECARA DEMOGRAFIS DAN PSIKOGRAFIS

Devina Wiguno(1*), Debby Yunikawati Wibowo(2), Adriana Aprilia(3), Fransisca Andreani(4),


(1) 
(2) 
(3) 
(4) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui segmentasi konsumen makanan cepat saji yang melakukan pembelian secaraonline di Surabaya. Jenis penelitian yangdilakukan adalah deskriptif kuantitatif dengan analisa klaster. Obyek yang diteliti adalah konsumen yang membeli secara online  diwebsite McDonald’s, KFC, dan Pizza Hut Surabaya. Penulis menggunakan 120 sampel untuk melakukan penelitian ini dengan menggunakan penyebaran kuesioner secara online (melalui internet). Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa terdapat 8 kelompok atau cluster konsumen makanan cepat saji online (Wanita Aktif dan Sibuk, Wanita Pasif, Pelajar Ekonomis, Wanita Praktis, Pengambil Resiko, Sosialita, Pria Petualang, Wanita Mandiri) Dari 8 klaster tersebut, klaster 1 dan 4 (Wanita Aktif dan Sibuk serta Wanita Praktis) merupakan klaster yang paling dominan


Keywords


Segmentasi, Makanan Cepat Saji, Online, Demografis, Psikografis.

Full Text:

PDF

References


Allred, C. R., Smith, S. M., & Swinyard, W. R. (2006). E-shopping lovers and fearful conservatives: A market segmentation analysis. International Journal of Retail & Distribution Management, 34(4), 308-333. Retrieved fromhttp://search.proquest.com/docview/210945588?accountid=25704

Bungin, B. (2007). Penelitian kualitatif : Komunikasi, ekonomi, kebijakan publik, dan ilmu sosial lainnya. (1sted.). Jakarta : Kencana Prenada Media Grup.

Chaffey, D., & Chadwick, F.E. (2006).Internet marketing : Strategy, implementation and practice. (3rded.). London : Prentice Hall.

Chin-Feng, L. (2002). Segmenting customer brand preference: Demographic or psychographic. The Journal of Product and Brand Management, 11(4), 249-268. Retrieved fromhttp://search.proquest.com/docview/220592057?accountid=25704

Churchill, G.A., & Lacobucci, D. (2005).Marketing research methodological foundation.(9thed.). South – Western : Thomson Corporation.

Cooper, D.R., & Schindler, P.S. (2006).Business research method. (9thed.). New York : McGraw-Hill.

Durianto, D. (2001). Strategi menaklukan pasar melalui riset ekuitas dan perilaku merek.Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.

Effendi, S., & Singarimbun, M. (2008).Metode penelitian survei.(19thed.). Jakarta : Pustaka LP3ES Indonesia.

Hawkins, D.I., &Mothersbaugh, D.L. (2010).Consumer behavior: Building marketing strategy. (11thed.). New york : McGraw-Hill.

Jogiyanto.(2008). Metodologi penelitian sistem informasi.Yogyakarta : CV Andi.

Kotler, P., & Keller, K.L. (2009).Marketing management. (13thed.). New Jersey : Prentice Hall.

Laudon, K.C., & Traver, C.G. (2013).E-commerce 2013 : Business, technology, society. England : Pearson.

Malhotra, N.K., & Peterson.M. (2006).Basic marketing research: A decision marketing approach. New Jersey: Person Prentice Hall.

Moleong, L. (2010). Metodologi penelitian kualitatif. (ed. Rev.). Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Puspito, H. (2013). Ada 100 juta pengguna internet di Indonesia di tahun 2014. http://portalpengusaha.com/marketing/ada-100-juta-pengguna-internet-di-indonesia-di-tahun-2014.

Qomariyah, A.N. (2010) Perilaku penggunaan internet pada kalangan remaja di perkotaan.Skripsi.Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.Universitas Airlangga Surabaya.

Schiffman, L.G., & Kanuk, L.L. (2007).Consumer behavior. (9thed.). New Jersey : Prentice Hall.

Schlosser, E. (2012). Fast food nation. New York : Houghton Mifflin Company.

Simamora, B. (2004). Analisis multivariat pemasaran.Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono.(2013). Statistika nonparametris untuk penelitian. (11thed.). Bandung : CV. Alfabeta.

Yuyun, A. (2009). Antisipasi krisis global: bisnis fast food a la Indonesia. Jakarta : PT Elex Media Komputindo.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.