ANALISA PENGARUH TRANSACTION-SPECIFIC MODEL TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA INDUSTRI RESTORAN DI SURABAYA

Alvin Tanggara(1*), Amelia Tanto(2), Hatane Semuel(3),


(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kepuasan konsumen dilihat dari dimensi transaction specific model, yaitu ketanggapan, kualitas produk, harga, dan desain fisik serta pengaruhnya terhadap loyalitas konsumen pada industri restoran di Surabaya yang dikhususkan pada kategori restoran keluarga dengan mengambil sampel sebanyak 200 responden. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif dan kausal yang menggunakan teknik Structural Equation Modelling (SEM) dan sistem Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepuasan konsumen dilihat dari ketanggapan kualitas produk, harga dan desain fisik memberikan pengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen.


Keywords


Kepuasan Konsumen, Transaction Specific Model, Kualitas Layanan, dan Loyalitas Konsumen.

Full Text:

PDF

References


Adhyaksa, N. B. K. (2012). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Restoran “Den Bei” Mojokerto. Unpublished undergraduate thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran, Surabaya.

Andaleeb, S.S. & Conway C. (2006). Customer Satisfaction in The Restaurant Industry: An Examination of The Transaction-specific Model. Journal of Services Marketing, vol.20 (no.1).

Aprilya, V. (2012). Pengaruh Dimensi Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan J.CO Cabang Padang. Unpublished undergraduate thesis, Universitas Negeri Padang, Padang.

Boone, L. E. & Kurtz, D.L. (1999). Contemporary Marketing. New York: The Dryden press.

Carman, J. (1990). Consumer Perceptions of Service Quality: An Assesment of SERVQUAL Dimensions. Journal of Retailing, vol.66.

Griffin, J. (1995). Customer Loyalty: How to earn it, how to keep it. Lexington: The Free Pass.

Hightower, R., Brady, M. K., & Baker, T. L. (2002). Investigating the role of the physical environment in hedonic service consumption: An exploratory study of sporting events. Journal of Business Research.

Irawan, H. (2008). Sepuluh Prinsip Kepuasan Pelanggan. Jakarta: Gramedia.

Jones, T. & Sasser, W.E., Jr, (1994). Marketing (2nd ed.). United States of America: McGraw Hill Inc.

Kotler, P. (2000). Marketing Management, ( The Millenium Edition ). New Jersey : Prentice-Hall.

Lewis, R.C. & Shoemaker, S. (1997). Price-sensitivity Measurement: A tool for The Hospitality Industry. Cornell Hotel and Restaurant Administration Quarterly, vol.38.

Loehlin, J.C. (1998). Latent Variable Models: An Introduction to Factor, Path, and Structural Analysis. New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates.

Lovelock, C. & Wirtz, J. (2011). Services Marketing: People, Technology, Strategy (7th ed). New Jersey: Pearson Education International.

Musato, T. (2004). Faktor-Faktor Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan: Studi Kasus pada CV. Sarana Media Advertising Surabaya. Jurnal Manajemen & Kewirausahaan, vol.6 (no.2).

Paramata, W. A. (2008). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Pizza Hut Gatot Subroto Denpasar. Jurnal Forum Manajemen, vol.6 (no.2).

Parasuraman, A., Zeithaml V. & Berry L. (1988). SERVQUAL: A Multiple-item Scale for Measuring Consumer Perceptions of Service Quality. Journal of Retailing, vol.64 (no.1).

Parasuraman, A., Zeithaml V. & Berry L. (1994). Reassessment of Expectations as A Comparison Standard in Measuring Service Quality: Implications for further research. Journal of Marketing, vol.58 (no.1).

Rangkuti, F. (2002). Measuring customer satisfaction. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Sutrisno, E. (2007). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana Prenada Group.

Teas, K. (1993). Expectations, Performance Evaluation, and Customer’s Perceptions of Quality. Journal of Marketing, vol.57 (no.4).

Widodo, P. (2012). Hubungan Serive Quality dengan Kepuasan Konsumen di Restoran X. Jurnal Agribisnis dan Pengembangan Wilayah, vol.3 (no.2).

Zeithaml, V. & Bitner, M.J. (2003). Services Marketing (3rd ed). Boston: McGraw-Hill.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.