ANALISA PENGARUH KARAKTERISTIK PEKERJAAN TERHADAP KEPUASAN DAN KINERJA KARYAWAN DI HOTEL D’SEASON SURABAYA

Jesica Cindy Mulyanto(1*), Lydia Chandra(2), Agustinus Nugroho(3),


(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini ditunjukan untuk menguji “Analisa Pengaruh Karakteristik Pekerjaan Terhadap Kepuasan Dan Kinerja Karyawan Di Hotel D’Season Surabaya.” Uji hipotesis dilakukan dengan menguji tiga model guna mengetahui apakah karakteristik pekerjaan berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan karyawan, apakah karakteristik pekerjaan berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja karyawan, dan apakah kepuasan karyawan berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja karyawan. Dapat disimpulkan bahwa: (1) Karakteristik pekerjaan berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan karyawan. (2) Karakteristik pekerjaan berpengaruh positif tidak signifikan terhadap kinerja karyawan. (3) Kepuasan karyawan berpengaruh positif tidak sgnifkan terhadap kinerja karyawan. Terdapat faktor lain yang mempengaruhi kinerja karyawan, seperti tidak disukainya manager tersebut atau manager kurang memperhatikan kinerja masing-masing karyawan.


Keywords


Karakteristik Pekerjaan, Kepuasan Karyawan, Kinerja Karyawan

Full Text:

PDF

References


Bernardin, H. J& Joyce E.A. (2003). Human resource management (An

Experimental Approach International Edition), Singapore : Mc.Graw Hill Inc.

Crossman, A. and B. Abou-Zaki, 2003, “Job Satisfaction and Employee Performance of Lebanese Banking Staff”, Journal of Managerial Psychology, Vol.18, No.4, pg. 368-376

Dwiarta, M. B. (2010). Analisis Karakteristik Pekerjaan dan Peluang Promosi Terhadap Intention to quit Melalui Kepuasan Kerja dan Komitmen Karyawan pada Hotel Bintang Tiga dan Empat di Surabaya. Universitas Airlangga.

Ghozali. (2008). Structural Equation Modeling Metode Alternatif dengan Partial Least Square (PLS). Badan Pnerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

Gitosudarmo. (2001). Kepemimpinan Organisasi. Salemba Raya, Jakarta.

Kuncoro, M. (2003). Metode riset untuk bisnis dan ekonomi. Jakarta: Erlangga.

Luthans, F.(2006). Organizational Behavior. New York: McGraw-Hill Book Co

Mangkunegara, A.A, Anwar Prabu, (2009), Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia, Refika Aditama, Bandung.

Mediakalla. (2012, December). Relasi Human Capital Management Dengan Kinerja Perusahaan.

Munandar, A.S. (2001). Psikologi Industri dan Organisasi.UI-Press, Jakarta

Nugroho,D. R, (2003), Kebijakan Publik: Formulasi, Implementasi dan Evaluasi, Elex Media Computindo, Gramedia, Jakarta.

Robbins, S.P.(2003). Perilaku organisasi, konsep, kontroversi, aplikasi. PT. Prenhallindo, Jakarta.

Robbins, S.P. (2001). Organizational behavior. New Jersey: Prentice-Hall, Inc.

Ting, Yuan. (1997). “Determinans of Job Satisfaction of Federal Government Employes.’ Public Personnel Management Abstract. 26, no 3 : 313


Refbacks

  • There are currently no refbacks.