ANALISA FAKTOR – FAKTOR YANG MEMBENTUK KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN DI RESTORAN D’COST, KAYUN, SURABAYA

Yolanda Tjandra(1*), Andrea Gabriella(2), monika kristanti(3), regina jokom(4),


(1) 
(2) 
(3) 
(4) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mendorong keputusan konsumen dalam melakukan pembelian di Restoran D’Cost, Kayun, Surabaya, serta seberapa besar kontribusi dari masing-masing faktor tersebut dalam sebuah keputusan pembelian. Faktor-faktor ini berasal dari faktor internal, faktor eksternal, dan bauran pemasaran yang dikembangkan menjadi faktor baru. Kuesioner dibagikan kepada 120 responden yang kemudian diolah dengan analisa faktor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat empat faktor yang terbentuk, yaitu faktor personal preference, keterjangkauan, harga dan kualitas, serta keunggulan restoran. Dan faktor personal preference merupakan faktor yang memiliki kontribusi terbesar dalam mendorong para konsumen untuk melakukan pembelian di Restoran D’Cost, Kayun, Surabaya.

Keywords


bauran pemasaran, keputusan pembelian

Full Text:

PDF

References


Angipora, M. P. (2006). Dasar - dasar pemasaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo.

Booms, B. H. & Bitner, M. J. (2007).Marketing strategies and organization structures for service firms, in marketing of services. New York: American Marketing Association.

Kotler, P. (2004). Manajemen pemasaran, edisi millenium. Jakarta: PT. Prenhallinda.

Kotler, P. (2005). Manajemen Pemasaran(2nded.). Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.

Kuncoro.M. (2007).Metode kuantitatif: teori dan aplikasi bisnis dan ekonomi. Yogyakarta: UPP.

Lovelock, C, H., & Wright, L. K. (2006).Principles of service marketing and management. New Jersey: Prentice Hall.

Malhotra, N. K. (2006). Marketing research: an applied orientation (4th ed.). New Jersey: Pearson.

Marsum, W. A. (2005). Restoran dan segala permasalahannya. Malang: Bayumedia.

Schiffman, L., & Kanuk.(2004). Perilaku konsumen (7thed.). Jakarta: PT. Indeks.

Sugiyono.(2004). Metode penelitian bisnis. Bandung: CV. Alfabeta.

Sugiyono.(2006). Metode penelitian pendidikan.Bandung: CV. Alfabeta.

Swastha, B. & Handoko. (2008). Manajemen pemasaran: analisa perilaku konsumen, (1sted.). Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.

Widiyanto, I. (2008). Metodologi penelitian. Semarang: BP Undip.

Zeithaml, L, Leonard, L. B., & Parasuraman, A. (2004).The behavioural consequences of service quality. Journal Marketing, 60(2), 12-15.

Zulganef (2006).Metode penelitian sosial dan bisnis. Yogyakarta: Graha Ilmu.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.