ANALISA PENGARUH LEADER-MEMBER EXCHANGE TERHADAP TURNOVER INTENTION DENGAN KEPUASAN KERJA SEBAGAI VARIABLE MEDIATOR DI RESTORAN “X” SURABAYA

Monica Valensia(1*), Marcella Kusumo(2), Endo Wijaya Kartika(3), agustinus Nugroho(4),


(1) 
(2) 
(3) 
(4) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini ditunjukan untuk menguji Analisa Pengaruh Leader-member Exchange Terhadap Turnover Intention Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Mediator di Restoran “X” Surabaya.

Uji hipotesis dilakukan dengan menguji dua model guna mengetahui apakah Leader-member Exchange berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan kerja, apakah kepuasan kerja berpengaruh negatif signifikan terhadap turnover intention, dan apakah Leader-member Exchange berpengaruh negatif signifikan terhadap turnover intention.

Dari penelitian yang telah dilakukan dapat dibuktikan bahwa Leader-member Exchange berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja, kepuasan kerja berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap turnover intention dan, Leader-member Exchange berpengaruh negatif dan signifikan terhadap turnover intention


Keywords


Leader-member Exchange, kepuasan kerja, Turnover Intention

Full Text:

PDF

References


Andini, R. (2006). Analisis pengaruh kepuasan gaji, kepuasan kerja, komitmen organisasional terhadap intention to quit: studi kasus pada rumah sakit Roemani Muhammadiyah Semarang. Unpublished undergraduate thesis, Universitas Diponegoro Semarang.

Chen, L. H. (2008). Job satisfaction among information system (IS) personnel. department of information management. Unpublished undergraduate thesis, Chaoyang University of Technology, Taiwan.

Djatmika, E. T. (2005). Pengaruh variabel hubungan atasan-bawahan terhadap kepuasan kerja dan komitmen organisasional. Jurnal Eksekutif, Vol. 2 No. 2, pp. 81-87.

Harris, J. K & Kacmar, K.M. (2005). An examination of the curvilinear relationship between leader-member exchange and intent to turnover. Journal of Organizational Behaviour, Vol.26, pp. 363-378.

Harianto, D. & Subagio, H. (2013). Analisa pengaruh kualitas layanan, brand image, dan atmosfer terhadap loyalitas konsumen dengan kepuasan konsumen sebagai variabel intervening konsumen kedai deja-vu Surabaya. Jurnal Strategi Pemasaran,Vol. 1. No. 1, pp. 1-8.

Liden, C.R. & Maslyn, J.M. (1998). Multidimensionafity of leader-member exchange: an empirical assessment through scale development. Journal of Management, Vol. 24, No. 1, pp. 43-72.

Luthans, F. (2006). Organizational behavior (ed. 11). New York: McGraw-Hill.

Martoyo S. (2000). Manajemen sumber daya manusia. Yogyakarta: BPFE.

Morrow, P.C. et al. (2005). The role of leader-member exchange in high turnover work environments. Journal of Managerial Psychology, Vol. 20. No. 8, pp. 681 – 694.

Widiyati, R. (2013). Hubungan kualitas pertukaran pemimpin-anggota (LMX) dan persepsi keadilan penilaian kinerja pada karyawan Di PG Kebon Agung Kabupaten Malang. Retrieved Februari 15, 2014, from http://jurnal-online.um.ac.id/data/artikel/artikel3997963FDFB7F83453613 E03E2015CFC.pdf.

Witasari, L. (2009). Analisis Pengaruh kepuasan kerja dan komitmen organisasional terhadap intention to quit (studi empiris pada Novotel Semarang). Unpublished undergraduate thesis, Universitas Diponegoro, Semarang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.