NALISIS PENGARUH KEPUASAN KERJA KARYAWAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN MELALUI KOMITMEN ORGANISASIONAL DI KOWLOON PALACE INTERNATIONAL RESTAURANT SURABAYANALISIS PENGARUH KEPUASAN KERJA KARYAWAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN MELALUI KOMITMEN ORGANISASIONAL DI KOW

Frangky Stiven(1*), Cogito Dino Sutama(2), Thomas Santoso(3),


(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh dari kepuasan kerja karyawan terhadap kinerja karyawan, kepuasan kerja karyawan terhadap komitmen organisasional, dan komitmen organisasional terhadap kinerja karyawan pada Kowloon Palace International Restaurant Surabaya. Teknik analisis data dalam penelitian ini dengan menggunakan Partial Least Square (PLS) dengan proses perhitungan yang dibantu program aplikasi software SmartPLS untuk mengolah data-data kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh signifikan antara kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan, pengaruh signifikan antara kepuasan kerja terharap komitmen organisasional, pengaruh signifikan antara komitmen organisasional terhadap kinerja karyawan, serta terdapat pengaruh langsung antara kepuasan kerja karyawan terhadap kinerja karyawan melalui komitmen organisasional.

Keywords


kepuasan, kinerja, komitmen

Full Text:

PDF

References


Ambisi jadi kota wisata kuliner (2011, Oktober 31). Retrieved April 30, 2013, from http://www.surabayapost.co.id/

Andini, R. (2006). Analisis pengaruh kepuasan gaji, kepuasan kerja, komitmen organisasional terhadap turnover intention: studi kasus pada rumah sakit roemani muhammadiyah Semarang. Universitas Diponegoro, Semarang.

As’ad. (2000). Psikologi Industri. Yogyakarta : Liberty.

Chandraningtyas, I., Musadieq, M.A., Utami, H.N. (2013). Pengaruh kepuasan kerja dan motivasi kerja terhadap kinerja karyawan melalui komitmen organisasional (studi pada karyawan PT. Kusuma Karya Persada yang outsourcing di PT. Sasa Inti Probolinggo). Jurnal Profit, 6(2), 32-43.

Funmilola, O.F., Sola, K.T., & Olusola, A.G. (2013). Impact of job satisfaction dimensions on job performance in a small and medium enterprise in Ibadan, South Western, Nigeria. Interdisciplinary Journal of Contemporary Research in Business, 4(11), 509-521.

Gu, Z., & Sen Siu, R.C. (2009). Drivers of job satisfaction as related to work performance in macao casino hotels. International Journal of Contemporary Hospitality Management, 21(5), 561-578.

Gunlu, E., Aksarayli, M., & Nilüfer, S.P. (2010). Job satisfaction and organizational commitment of hotel managers in turkey. International Journal of Contemporary Hospitality Management, 22(5), 693-717.

Hasibuan, Malayu S.P. (2008). Manajemen sumber daya manusia. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Luthans, F.(2011). Organizational behavior (12th ed.). New York: McGraw-Hill, Inc.

Malik, Omer Farooq, Waheed, A. & Malik, Khalil-Ur-Rehman. (2010). The mediating effects of job satisfaction on role stressors and affective commitment. International Journal of Business and Management. 5(11), 223-235.

Mathis, R.L. &Jackson, J.H. (2002). Manajemen sumber daya manusia (9th ed.). Jakarta : Salemba Empat.

Prawirasentono, S. (2008). Kebijakan kinerja karyawan kiat membangun organisasi kompetitif era perdagangan bebas dunia.Yogyakarta: BPFE.

Robbins, S.P. & Judge, T.A. (2009). Organizational behavior (13th ed.). New Jersey: Pearson.

Rozikin, K. (2012). Pengaruh komitmen organisasi terhadap kinerja karyawan pt perkebunan nusantara iv (persero) Medan unit kebun pabatu. Fakultas Ekonomi, Universitas Sumatera Utara.

Simamora, H. (2006). Manajemen sumber daya manusia (2nd ed.). Yogyakarta: STIE YKPN.

Suhartini & Handayani, M.W. (2005). Pengaruh faktor-faktor kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan pelaksana di lingkungan badan pusat statistik propinsi Daerah Istimewa Jogjakarta. Jurnal Sinergi, Edisi khusus on Human Resources, 37-57.

Viswesvaran, C., & Ones, D.S. (2000). Perspectives on Models of Job Performance. International Journal of Selection and Assessment, 8(4), 216-226.

Vondrasek, D.A. (2000). A study of relationships between job satisfaction and organizational commitment among restaurant employees. University of Nevada, Las Vegas.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.