FAKTOR BAURAN PEMASARAN YANG BERKONTRIBUSI BAGI KONSUMEN DALAM MEMILIH BUDGET HOTEL DI INDONESIA

Valensia Sugiyanto(1*), Antonius Kurniawan(2), Adriana Aprilia(3), Regina Jokom(4),


(1) 
(2) 
(3) 
(4) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Budget hotel menjadi tren dalam dunia perhotelan Indonesia, banyak pengusaha hotel membangun hotel dengan konsep ekonomis, namun seringkali pengusaha budget hotel tersebut mengabaikan apa yang menjadi kebutuhan konsumen sesungguhnya, karena itu peneliti ingin mengetahui faktor apa saja yang berkontribusi bagi konsumen dalam memilih budget hotel di Indonesia. Penelitian ini menemukan empat faktor yang berkontribusi bagi konsumen dalam memilih budget hotel di Indonesia yaitu first impression, hotel’s delas, favorable location dan hotel’s core product. Diantara keempat faktor tersebut, faktor first impression merupakan faktor dengan kontribusi paling besar.

Keywords


Bauran Pemasaran, perilaku konsumen, budget hotel

Full Text:

PDF

References


Alma & Buchari. (2004). Manajemen pemasaran dan pemasaran jasa (cetakan keenam). Bandung: Alfabeta.

Anggriawan, V. (2013, October 24). Hotel murah menjamur, hotel bintang sepi peminat. Berita Headline Surabaya. Retrieved March 25, 2014, from http://www.beritaheadline.com/hotel-murah-menjamur-hotel-bintang-sepi-peminat/

Bainbridge, A. (2003). Hotel booking process. Retrieved May 8, 2014, from http://www.tourcms.com/company/research/pdf/hotel_booking_process_february2003.pdf.

Brotherton, B. (2004). Critical success factors in UK budget hotel operations. International journal of operations & productions management, 24(9), 944-969.

Buttle, F. (1995). Hotel and food service marketing. London: Cassell Educational.

Choi, Y. T & Chu, R. (2000). Levels of satisfication among Asian and Western travelers. International journal of quality & reliability management, 17(2), 116-131.

Fitri, K. (2013). Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan tamu hotel dalam menggunakan layanan namira hotel syariah Yogyakarta. ( Fm-UINSK-BM-05-02/RO). Unpublished undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Yogyakarta.

Hurriyati, R. (2005). Bauran pemasaran dan loyalitas konsumen. Bandung: Alfabeta.

Kotler, P & Amstrong, G. (2006). Principles of marketing (12th ed.). New Jersey: Pearson Prentice Hall.

Kotler, P & Amstrong, G. (2009). Prinsip-prinsip pemasaran 1. (12th ed). Jakarta: Erlangga.

Mandasari, K. (2011). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat beli komsumen dalam memilih jasa perhotelan. (C2A606057). Unpublished undergraduate thesis, Semarang.

Powers, T & Barrows, C. W. (2003). Introduction to management in the hospitality industry (7th ed.). New York: John Wiley & Sons, Inc.

Santoso, S. (2006). Buku latihan SPSS untuk statistik parametrik. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Santoso, S. (2003). SPSS versi 10 mengolah data statistic secara professional. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Schiffman, L., & Kanuk, J. (2008). Consumer behavior (8th ed). New Jersey : Pearson Education International.

Schiffman, L., & Kanuk, J. (2008). Consumer behavior (8th ed). New Jersey : Pearson Education International.

Srianto, T. A. ( 2013, October 23). Asal mula menjamurnya hotel budget. Suara Surabaya. Retrieved March 25, 2014, from http://www.suarasurabaya.net/fokus/78/2013/126131-Asal-Mula-Menjamurnya-Hotel-Bugdet

Stutts, A. T & Wortman, J. F. (2006). Hotel and lodging management : an introduction (2nd ed.). New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.

Sugiyono. (2004). Metode penelitian bisnis. Bandung: Alfabeta.

Sukotjo, H & Radix, S. (2010). Analisa Marketing 7p (produk, price, promotion, place, participant, process, dan physical evidemce. ( ISSN 2087-1090 ). Unpublished undergraduate thesis, Universitas 17 agustus 1945, Surabaya.

Tjiptono, F. (2008). Strategi pemasaran. Yogyakarta: Andi.

Walker, J. R. (2004). Introduction to hospitality management. New Jersey: Pearson Education International.

Wijayanti, M. (2013, November 9). Fasilitas lengkap, tarif terjangkau jadi sasaran. Koran sindo. Retrieved March 25, 2014, from http://www.koran-sindo.com/node/342030.

Zeithaml, V, A & Bitner, M. J. (2003). Service marketing: integrated costumer focus across the firm. New York: McGraw-Hill Companies.

Zeithaml, V. A & Bitner, M. J. (2000). Service marketing. Singapore: Mc Graw-Hill Companies Inc.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.