PERENCANAAN QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD) PADA HOTEL EVERBRIGHT SURABAYA

Christian Hanni Santoso(1*), Yohan Gunawan Henuk(2), Monika Kristanti(3),


(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Perencanaan Quality Function Deployment (QFD) pada Hotel Everbright Surabaya. Tujuan penggunaan QFD pada penelitian ini adalah mengetahui kebutuhan konsumen (customer requirements) dan tindakan perbaikan (technical characteristics). Selain itu juga mengetahui harapan dan persepsi konsumen serta gap antara harapan dan persepsi konsumen serta apakah ada perbedaan signifikan antara harapan dan persepsi. Data diolah dengan menggunakan Quality Function Deployment (QFD), House of Quality (HoQ) dan Independent t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat gap negatif antara harapan dan persepsi serta adanya perbedaan yang signifikan antara harapan dan persepsi konsumen.

Keywords


Quality Function Deployment

Full Text:

PDF

References


Anhar, F. (2014, May 3). Layanan Hotel Everbright. Surabaya Post.

Arifin, B. (2004). Metodologi Penelitian Untuk Hotel dan Pariwisata. Jakarta: PT. Kompas Indonesia.

Faisal. S. (2001). Metodologi Penelitian Management. Surabaya: Usaha Nasional.

Lupiyo, A. (2006). Quality Function Deployment, How to Make QFD Work for You. Surabaya: PT. Indeks Gramedia.

Nasution, C. (2005). Total quality management. Jakarta: Salemba Teknika.

Paryani, K., Cudney, E.A., Masoudi, A. (2010). QFD Applicaton in the Hospitality Industry : A Hotel Case Study. The Quality Management Journal, 17 (1), 7-21.

Prabowo. Z.H. (2004). Statistika Terapan Untuk Bisnis dan Ekonomi. Jakarta: PT Gramedia Indonesia.

Sari, M. (2008). The quality function deployment handbook. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Sugiyono, D. (2010). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.