ANALISIS PENGARUH MOTIVASI KERJA, PENGEMBANGAN KARIR DAN KEPEMIMPINAN TERHADAP KEPUASAN KERJA DI PT KAPASARI DI SURABAYA

Authors

  • Ria Imelda Kristianto
  • Ruth Dwi Setiawati Tedja Abdi
  • Agustinus Nugroho

Keywords:

Administration Information System, Purchase Process, Sale Process.

Abstract

Penelitian dilakukan untuk mengetahui adanya pengaruh faktor motivasi kerja, pengembangan karir dan kepemimpinan secara serempak maupun parsial terhadap kepuasan kerja karyawan di PT Kapasari di Surabaya. Variabel bebas (X) yang digunakan dalam penelitian ini adalah motivasi kerja, pengembangan karir dan kepemimpinan. Data diambil dari 181 orang karyawan PT Kapasari Surabaya yang diperoleh dengan menggunakan teknik judgement sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda. Hasil uji parsial menunjukkan adanya pengaruh motivasi kerja dan kepemimpinan terhadap kepuasan kerja. Sedangkan, pengembangan karir secara parsial tidak mempengaruhi kepuasan kerja. Kepemimpinan adalah variabel paling dominan yang bepengaruh terhadap kepuasan kerja. 

References

Agusyana, Y. (2011). Olah Data Skripsi dan Penelitian dengan SPSS 19. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Andriono, T. (1983). Metode riset I (2nd ed.). Surabaya: Universitas Kristen Petra.

Arikunto,S. (1999). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek. Jakarta: Balai Pustaka.

Arikunto, S. (2005). Manajemen penelitian (7th ed.). Jakarta: Rineka Cipta.

As’ad, M. (1995). Psikologi industri (4th ed.). Yogyakarta: Liberty.

Beare, H., Caldwell, B. & Millikan, R. (2000). “Dimensions of leadership” in Leadership and Teams in Educational Management. (M. Crawford, L. Kydd & C. Riches, eds.). Buckingham: Open University Press.

Blakely, G.L. (1993). The effect of performance rating discripancies on supervisors and subordinate. Organizational Behavior and Human Decision Process, 54(1), 57-80.

Bungin, B. (2001). Metodologi penelitian sosial. Surabaya: Airlangga

Butler, T & Waldroop, J. (2001). Job Sculpting: The art of retaining your best people. Harvard Business Review on Finding and Keeping The Best People (pp. 179-203). Boston: Harvard Business School Press.

Carroll, A. B. (2004). Managing ethically with global stakeholders: A present and future challenge. Academy of Management Executive, 18(2), 114–120.

Cozby, P. C., & Bates, S. C. (2012). Methods in behavioral research. Singapore: McGraw-Hill.

De Hoogh, A. H. B., & Den Dartog, D. N. (2008). Ethical and despotic leadership, relationships with description questionnaire (ODQ), International Journal of Organizational Behaviour, 4(3), 111–124.

Dwiwibawa, F. R., & Riyanto, T. (2008). Siapa jadi pemimpin? Latihan dasar kepemimpinan. Yogyakarta: Kanisius.

Ekayadi, S. (2009). Pengaruh motivasi dan pengembangan karir terhadap kepuasan kerja karyawan pada PT Rimbajatiraya Citrakarya. (TA No. 11205542/2006). Unpublished postgraduated thesis, Universitas Gunadarma.

Fathonah, S., Utami, I. (2011). Pengaruh kompensasi, pengembangan karir, lingkungan kerja dan komitmen organisasi terhadap kepuasan kerja pegawai sekretariat daerah kabupaten karanganyar dengan keyakinan diri (self efficacy) sebagai variabel pemoderasi. Excellent Jurnal Manajemen, 1(1). Retrieved December 5, 2012, from http://e-journal.stie-aub.ac.id/index.php/excellent/article/view/181/164.

Ghozali, I. & Fuad. (2005). Structural equation modeling. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Handoko, T. H. (1999). Manajemen (2nd ed.). Yogyakarta: BPFE.

Hariandja, M. T. E. (2002). Manajemen sumber daya manusia. Jakarta: Grasindo.

Hasibuan, M. S.P. (2006). Manajemen sumber daya manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Hasibuan, M. S.P. (2007). Manajemen dasar, pengertian dan masalah. Jakarta: Bumi Aksara.

Herujito, Y. M. (2001). Dasar-dasar manajemen. Jakarta: PT Gramedia.

Ipsos. (2011, February). Employees six times more likely to love their job than to hate It. SmartPros. Retrieved September 21, 2012, from http://accounting.smartpros.com/x71353.xml

Istijanto, M. M. (2005). Aplikasi praktis riset pemasaran. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Kaila, H. L.(2003). Organizational behavior and HRM. Mumbai: AITBS publishers.

Kartika, E. W. & Kaihatu, T. S. (2010, March). Analisis pengaruh motivasi kerja terhadap kepuasan kerja (Studi kasus pada karyawan restoran di Pakuwon Food Festival Surabaya). Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 12(1), 100-112.

Kartono, K. (2003). Pemimpin dan kepemimpinan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Kathy, C. (2011, July). The top 6 reasons people want out of their careers. Forbes. Retrieved September 14 2012, from http://www.forbes.com/sites/85broads/2011/07/07/the-top-6-reasons-people-want-out-of-their-careers/

Kriyanto, R. (2006). Tekhnik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Prenada Media Group.

Kuncoro, M. (2003). Metode riset untuk bisnis dan ekonomi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Kurniawati, D. (2005). Pengaruh budaya organisasi, kepemimpinan dan motivasi kerja terhadap kepuasan kerja karyawan di Restaurant Sari Utama Jember. (TA No. 01010191/HTL/2005). Unpublished undergraduate thesis, Universitas Kristen Petra.

Leibowitz, Z. B., Farren, C., & Kaye, B. (1986, July). The 12-fold path to cd enlightenment. Traning and Development Journal, 35(7), 72-79.

Mangkunegara, A. A. P. (2003). Perencanaan dan pengembangan sumber daya manusia (1th ed.). Bandung: PT Refika Aditama.

Maryani, D. & Supomo, B. (2001). Studi empiris pengaruh kepuasan kerja terhadap kinerja individual. Jurnal Bisnis dan Akuntansi, 3(1), 367-376.

Masyjui, I. (2005). Pengaruh motivasi dan disiplin kerja terhadap kepuasan kerja pegawai kantor Dinas Pendidikan Nasional Kabupaten Grobogan. Unpublished undergraduate thesis, Universitas Negeri Semarang.

Mathis, R. L. & Jackson, J. H. (2003). Human resource management (10th ed.). Manson, Ohio: Thomson South-Western.

McClelland, D. (1978). The achieving society. Princeton, NJ: D. Van Nostrand.

Mulyanto & Susilowati. (2009, Maret). Pengaruh kepemimpinan, lingkungan kerja, pengembangan karir, komunikasi dan insentif terhadap kepuasan kerja guru SMA Negeri 1 Cawas Kabupaten Klaten. Excellent Jurnal Manajemen, 1(1). Retrieved December 5, 2012, from http://e-journal.stie-aub.ac.id/index.php/excellent/article/view/134/114.

Nasution, S. (2003). Metode research. Jakarta: Bumi Aksara.

Nazir, M. (2005). Metode penelitian. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.

Prabu, A. M. (2005, December). Pengaruh motivasi terhadap kepuasan kerja pegawai Badan koordinasi Keluarga Berencana Nasional Kabupaten Muara Enim. Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya, 3(6). Retrieved September 13, 2012, from http://digilib.unsri.ac.id/download/Jurnal%20MM%20Vol%203%20No%206%20Artikel%204%20Anwar%20Prabu.pdf

Robbins, S. P. (2003). Perilaku organisasi (10th ed.). New Jersey: Prentice Hall.

Robbins, S. P. & Judge, T. A. (2008). Perilaku organisasi. Jakarta: Salemba Empat.

Salazar, J. P. (2000). The relationships between hospitality employee empowerment, overall job satisfaction, and organization commitment: A study of race and gender differences. Unpublished doctoral dissertation, Auburn University.

Sarwono, J., & Martadiredja, T. (2008). Riset bisnis untuk pengambilan keputusan. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Siagian, P. S. (1989). Teori motivasi dan aplikasinya. Jakarta: Bina Aksara.

Sugiyono. (2006). Statistika untuk penelitian. Bandung: Alfabeta.

Supranto, J. (1995). Analisa regresi (6th ed.). Yogyakarta: Andi.

Supriyono. (2010, Maret). Pengaruh kepemimpinan, budaya organisasi dan motivasi terhadap kinerja karyawan melalui kepuasan kerja pada CV. Sumber Makmur Solo. Jurnal Ekonomi Bisnis dan Perbankan, 18(9). Retrieved December 5, 2012, from http://e-journal.stie-aub.ac.id/index.php/probank/article/view/106.

Suyanto, M. (2006). Revolusi organisasi dengan memberdayakan kecerdasan spiritual. Yogyakarta: Andi.

Tjiptono (2002). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi.

Umar, H. (2003). Metode riset bisnis (1th ed.). Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Downloads

Published

2013-01-23