ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PEMBENTUK EKUITAS MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN JASA HOTEL NARITA SURABAYA
(1) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian dilakukan untuk mengetahui adanya pengaruh faktor-faktor pembentuk ekuitas merek terhadap keputusan pembelian jasa Hotel Narita Surabaya. Variabel bebas (X) yang digunakan dalam penelitian ini adalah kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi kualitas dan loyalitas merek. Data diambil dari 312 orang konsumen Hotel Narita Surabaya yang diperoleh dengan menggunakan teknik judgement sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukan variabel bebas (X) mampu menjelaskan sebesar 51,3% keputusan pembelian jasa Hotel Narita Surabaya, sisanya sebesar 48,7% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukan dalam penelitian ini. Hasil uji parsial menunjukkan adanya pengaruh asosiasi merek, persepsi kualitas dan loyalitas merek terhadap keputusan pembelian. Sedangkan kesadaran merek tidak mempengaruhi keputusan pembelian.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aaker, D.A. (1996). Building strong brands. New York: Free Press.
Aaker, D.A. (2001). Strategic market management (6thed). USA: John Wiley & Sons, INC. Alim, A.Z (2012, September 11). 5 Hotel bisnis di surabaya. suarasurabaya.net. Retrieved
September 12, 2012, from http://www.suarasurabaya.net.
Arikunto, S. (2002). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta. Azwar&Saifuddin. (2005). Metode penelitian. Yogyakarta: Liberty.
BPS Jatim. (2012). Selama bulan juni 2012 jumlah wisman dari pintu masuk juanda dan
TPK hotel berbintang di jawatimur masing-masing naik 2,86 persen dan 2,21 poin. Retrieved August 27th , 2012, from http://jatim.bps.go.id/index.php/pelayanan- statistik/brs-jawa-timur/brs-pariwisata-jatim/213-selama-bulan-juni-2012-jumlah- wisman-dari-pintu-masuk-juanda-dan-tpk-hotel-berbintang-di-jawa-timur-masing- masing-naik-286-persen-dan-221-poin.
Cooper, D.R. & Schindler, P.S. (2008). Bussines research methods (10thed.). Singapore: McGraw-Hill Companies.
Durianto, D., et al. (2004). Brand equity ten. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. Fedinand, A. (2006). Metode penelitian manajemen. Semarang: Badan Penerbit Universitas
Diponegoro.
Grewal, D. & Levy, M. (2008). Marketing(2nded.). Irwin: McGraw-Hill Companies. Indriantoro. (2002). Metode penelitian bisnis (3rd ed). Yogyakarta: BPFE.
Istiharini, I. & Umar, S. (2009). The effects of marketing mix elements on brand equity. Jurnal
Universitas Parahyangan, vol. 2.
Istijanto.(2005). Aplikasi praktis riset pemasaran. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. Keller, K.L. (2008). Strategic brand management (3rded.). New Jersey: Pearson Prentice Hall. Kotler, P. & Keller, K.L. (2009).Marketing management (13thed.). USA: Pearson Prentice
Hall.
Kotler, P. (2005). Manajemen pemasaran (11thed). Jakarta: Prenhallindo.
Kuncoro, M. (2007). Metode kuantitatif (3rded.). Yogyakarta: Unit Penerbit dan Percetakan
STIM YKPN.
Kurniawan, Y. (2010, May). Analisis pengaruh ekuitas merek terhadap keputusan pembelian
konsumen (Studi pada konsumen minuman isotonic fatigon hydro di Purwokerto).
Tugas Akhir Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro.
Miller, J., & Muir, D. (2004). The bussines of brands. England: John Wiley & Sons Ltd. Rangkuti, F. (2004).The power of brands. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Santosa, P.B, & Ashari. (2005). Analisis statistik dengan Microsoft Excel dan spss.
Yogyakarta: Andi Offset.
Sciffman, L. G. & Kanuk, L. L. (2007). Consumer Behaviour (9th ed).Singapore: Pearson International Edition.

Sugiyono.(2002). Metode penelitian bisnis. Bandung: C.V Alfabeta.
Sugiyono.(2007). Metode penelitian administrasi. Bandung: C.V Alfabeta.
Suliyanto.(2005). Analisis data dalam aplikasi pemasaran. Bogor: Ghalia Indonesia. Susanto, A.B. &Wijanarko.(2004). Power branding. Bandung: Quantum.
Tjiptono, F. (2005).Brand management and strategy. Yogyakarta: Andi Offset.
Umar, H. (2003). Metode riset bisnis (1st ed). Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Widjaja, M., Wijaya, S., & Jokom, R. (2007, September). Analisis penilaian konsumen
terhadap ekuitas merek coffee shops di Surabaya. Jurnal Manajemen Perhotelan, vol. 3(2), p. 89-101.
Refbacks
- There are currently no refbacks.