PERILAKU KONSUMSI DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MASYARAKAT SURABAYA DALAM MENGKONSUMSI PRODUK-PRODUK PASTRY DAN BAKERY
Keywords:
AC Inverter, Panasonic, Environmental advertising, minat beli, iklan, televisiAbstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perilaku konsumsi dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi masyarakat Surabaya dalam mengkonsumsi produk-produk pastry dan bakery, dan melihat apakah ada perbedaan perilaku konsumsi masyarakat Surabaya terhadap produk-produk pastry dan bakery dilihat dari segi demografis (perbedaan jenis kelamin, usia, tingkat pendidikan, pekerjaan, serta pendapatan).Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis faktor, Mann-Withney U-Test dan One Way ANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat lima faktor yang terbentuk, yaitu faktor subtitusi produk sumber karbohidrat, gaya hidup, kelompok referensi, persepsi, dan sikap. Selain itu, hasil penelitian juga menunjukkan bahwa terdapat perbedaan perilaku masyarakat Surabaya dalam mengkonsumsi produk-produk pastry dan bakery dilihat dari segi jenis kelamin, usia, pendidikan, dan pekerjaan, namun tidak terdapat perbedaan perilaku dari segi pendapatan.
References
Alam. (2007). Ekonomi untuk SMA dan MA Kelas X, Penerbit Erlangga, Jakarta.
Anastasia, A. (2009, May 23rd). Sarapan berkualitas untuk Anak. Kompas Media. Retrived
September, 2012, from http://nasional.kompas.com/read/2009/05/23/23553941/sarapa
n.berkualitas.untuk.anak
Andersen, C. (2012, August 03rd). Abundant Business opportunities at the Eastern Indonesia
Could be the “Profit Booster” of the Bakery, Restaurant and Café Business in Indonesia by Calvin Andersen, MBA (Part 1 of 3). Bakery Indonesia. Retrived September, 2012, from http://www.bakerymagazine.com
Bakery Forecast 2012. (n.d.). Retrived August, 2012, from http://bakeryindonesia.co.id/ba kery-forecast-2012/
Bungin, H. M. B. (2009). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Cooper, D.R., & Schindler, P. S. (2008). Business Research Methods, 10th edn, McGraw- Hill/Irwin, New York.
Faridah, A., Pada, K. S., Yulastri, A. & Yusuf, S. (2008). Patiseri Jilid 1 untuk SMK, Departemen Pendidikan Nasional.
Gosta, D.R. (2012, April 30th).Volume Penjualan Tepung Terigu Naik 13%. APTINDO Online. Retrived September, 2012, from http://www.aptindo.or.id
Henderson, J.V., & Poole, W. (1991). Principles of Economics, 7th edn, D.C. Heath and Company, Toronto.
Indonesia. Balai Pendidikan dan Latihan Pariwisata Bandung. (n.d). Bakery & Pastry Production. Bandung: Author.
Jenis-jenis Pastry. (n.d.). Retrived September, 2012, from http://www.arvian- surabaya.com/index.php/artikel/tips/45-jenis-jenis-pastry.html
Kotler, P. (2003). Marketing Management, 9th edn, Prentice Hall, New Jersey.
Kotler, P., & Amstrong, G. (2004). Principles of Marketing, 10th edn, Pearson Prentice Hall,
New Jersey.
Kuncoro, M. (2003). Metode Riset untuk Bisnis & Ekonomi, Penerbit Erlangga, Jakarta. Penduduk kota Surabaya Hasil Sensus Penduduk 2010 Sebesar 2.765.487 Jiwa. (n.d.).
Retrived October, 2012, from http://surabayakota.bps.go.id
Potensi Bisnis Roti Besar, Kreativitas Minim. (n.d.). Retrived September, 2012, from
http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2009/03/19/09271224/Potensi.Bisnis.Roti.Be
sar.Kreativitas.Minim
Pratiwi, R. (2011). The Influence of Predisposing, Enabling and reinforcing Factors on Metal
Patterns of Senior High Students in Shafiyyatul Amaliyyah Education Foundation in Medan. (TA No. 087032005/IKM). Post graduate thesis, Universitas Sumatera Utara, Medan.
Ranti, A.L. (2004). Kesehatan dan Gizi, PT. Asdi Mahasatya, Jakarta.
Schiffman, L. G., & Kanuk, L. L. (2004). Consumer Behavior, 8th edn, Prentice Hall, New
Jersey.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Bisnis, Alfa Beta, Bandung.
Wijaya, S. (2005, September). Studi Eksploratif Perilaku Mahasiswa UK. Petra dalam
Memilih Fast Food Restaurant dan Non Fast Food Restaurant di Surabaya. Jurnal
Manajemen Perhotelan, Vol. 1, No.2. Yellow Pages. 2010, 2011, 2012.