ANALISA PENGARUH BRAND IMAGE TERHADAP CUSTOMER LOYALTY DENGAN CUSTOMER SATISFACTION SEBAGAI MEDIATOR PADA THE DREAMLAND LUXURY VILLAS AND SPA, BALI.

Felicia Juliani Leliga(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui customer loyalty pada brand The Dreamland Luxury Villas and Spa, Bali melalui penilaian responden terhadap dimensi brand image yang terdiri dari brand strength, brand favorability, dan brand uniqueness, dengan menggunakan customer satisfaction sebagai variabel mediator. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode kuantitatif dengan teknik partial least square (PLS). Dari hasil analisa, disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh brand strength dan brand uniqueness terhadap customer loyalty dengan customer satisfaction sebagai variabel mediator (intervening), ada pengaruh dimensi brand favourability terhadap customer loyalty dengan customer satisfaction sebagai variabel mediator (intervening), serta customer satisfaction berpengaruh signifikan terhadap customer loyalty di The Dreamland Luxury Villas and Spa.

 


Keywords


Brand Strength, Brand Favorability, Brand Uniqueness, Customer Satisfaction, Customer Loyalty

Full Text:

PDF

References


Aaker, D. A., & Joachimsthaler, E. (2000). Brand Leadership: Building Assets In an Information Economy. New York : The Free Press.

About Us: The Dreamland Luxury Villas and Spa. (2012, Januari 2). Diambil kembali dari The Dreamland Luxury Villas and Spa: http://www.dreamland-villa.com/about-us

Andreani, F., Taniaji, T. L., & Puspitasari, R. N. (2012). The Impact of Brand Image Towards Loyalty with Satisfaction as A Mediator in McDonald’s. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, Vol.14, No. 1, 64-71.

Article:Top Brand.Barometer Kekuatan Merek. (2011, Oktober 21). Diambil kembali dari Top Brand Award: http://topbrand-award.com/article/top-brand-barometer-kekuatan- merek.html

Azwar, S. (2005). Metode Penelitian . Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Cooper, D. R., & Schindler, P. S. (2010). Business Research Methods. Singapore: Mc Graw-

Hill International Edition.

Davies, G., Chun, R., Da-Silva, R., & Roper, S. (2003). Corporate Reputation and

Competitiveness. London: Routledge.

Ghozali, P. D. (2006). Structural Equation Modeling Metode Alternatif Dengan Partial Least

Square . Semarang: Universitas Diponegoro.

Hesketh, E. A., & Laidlaw, J. M. (2010, November 3). Quantitative Research. Diambil

kembali dari Quantitative Research:

http://www.nes.scot.nhs.uk/nes_resources/ti/QuantativeResearch.pdf

Home: Bali dan Pariwisata. (2010, Oktober 5). Diambil kembali dari Tanah-Bali.com:

http://www.tanah-bali.com/pariwisata-bali-dan-pariwisata-29.html

Kasmy, F. (2011, Oktober 25). Article: Bagaimana Merek XL di Masa Mendatang? Diambil

kembali dari Top Brand Award: http://topbrand-award.com/article/bagaimana-merek-

xl-di-masa-mendatang.html

Keiningham, T. L., Vavra, T. G., Aksoy, L., & Wallard, H. (2005). Loyalty Myths. Hoboken:

John Wiley & Sons,Inc.

Keller, K. L. (2003). Strategic Brand Management: Building, Measuring, and Managing

Brand Equity Second Edition. New Jersey: Pearson Education, Inc.

Kotler, P. (2000). Marketing Management The Millenium Edition . New Jersey: Prentice-

Hall,Inc.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2006). Marketing Management Twelfth Edition. New Jersey:

Pearson Prentice Hall.

Kotler, P., & Pfoertsch, W. (2010). Ingredient Branding: Making The Invisible Visible. New

York: Springer-Verlag Berlin Heidelburg.

Kusumaputra, R. A. (2011, Desember 19). Pasar Perhotelan di Bali Terus Meningkat.

Diambil kembali dari Kompas.com: http://travel.kompas.com/read/2011/12/19/12322377/Pasar.Perhotelan.di.Bali.Terus. Meningkat

Lovelock, C., & Wirtz, J. (2007). Services Marketing (People, Technology, Strategy) sixth edition. United Stated: Pearson Prentice Hall.

Miller, J., & Muir, D. (2004). The Business Of Brands. Chicester: John Willey & Sons Ltd. Nally, D. M., & Speak, K. D. (2004). Be Your Own Brand: Resep Jitu Meraih Personal

Brand yang Unggul. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Nicolino, P. F. (2004). The Complete Ideal's Guide: Brand Management. Jakarta: Prenada

Media.

Pariwisata Bali. (2012, Juni 14). Diambil kembali dari Bali Tours Club:

http://wisata.balitoursclub.com/pariwisata-bali

Passikoff, R. (2006). Predicting Market Success: a new ways to measure a customer loyalty and engage customer with your brand. Hoboken: John Wiley & Sons, Inc.

Peterson, R. (2011, Oktober 25). Article:Top Brand.Insights for Marketer. Diambil kembali dari Top Brand Award: http://topbrand-award.com/article/top-brand-insights-for- marketer.html

Pitaloka, B. (2012, Januari 9). Digital Library Telkom Institute of Technology. Dipetik Agustus 31, 2012

Rangkuti, F. (2004). The Power Of Brands: Teknik Mengelola Brand Equity dan Strategi Pengembangan Merek + Analisis Kasus dengan SPSS. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Saleh, T. (2012, Agustus 8). Survei TripAdvisor—Indonesia Jadi Tujuan Bisnis Hotel No.1 di Dunia. Diambil kembali dari bisnis-KTI.com : http://www.bisnis- kti.com/index.php/2012/08/survei-tripadvisor-indonesia-jadi-tujuan-bisnis-hotel-no-1- di-dunia/

Solimun. (2010). Diklat Statistika Multivariat . Bogor: Laboratorium Statistika FMIPA UB . Sugiono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suh, J. C., & Yi, Y. (2006). When Brand Attitudes Affect the Customer Satisfaction-Loyalty

Relation:The Moderating Role of Product Involvement. Journal of Consumer

Psychology, 145-155.

Susanto, A. B., & Wijanarko, H. (2004). Power Branding: Membangun Merek Unggul dan

Organisasi Pendukungnya. Jakarta: Quantum Bisnis & Manajemen (PT. Mizan

Publika).

Sutikno, T. C., & Sari, V. M. (2009, Januari 12). Digital Library: Analisa pengaruh bauran

pemasaran terhadap loyalitas konsuman di Gelare Cafe Surabaya. Diambil kembali dari Petra Christian University Website: http://dewey.petra.ac.id/jiunkpe_dg_12101.html

Thakur, S., & Singh, D. A. (2012). Brand Image, Customer Satisfaction and Loyalty Intention: A Study in The Context Of Cosmetic Product Among The People Of Central India. Excel International Journal of Multidisciplinary Management Studies, 37-50.

Tjiptono, F., & Chandra, G. (2011). Service, Quality, & Satisfaction Edisi 3. Yogyakarta: Penerbit ANDI.

Tripadvisor. (2011, Oktober 9). Ungasan:The DreamLand Luxury Villas Spa. Diambil kembali dari Tripadvisor: http://www.tripadvisor.co.id/Hotel_Review-g1219108- d1540696-Reviews-The_DreamLand_Luxury_Villas_Spa- Ungasan_Nusa_Dua_Peninsula_Bali.html

Tu, Y. T., Wang, C. M., & Chang, H. C. (2012). Corporate Brand Image and Customer Satisfaction on Loyalty: An Empirical Study of Starbucks Coffee in Taiwan. Journal of Social and Development Sciences, 24-32.

Umar, H. (2002). Metode Riset Bisnis:Dilengkapi contoh proposal dan hasil riset bidang manajemen dan akuntansi. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama .

Wibowo, A. S. (2004). 36 Rahasia Sukses Merek-Merek Top. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan. Wiyono, D. G. (2011). Merancang Penelitian Bisnis dengan Alat Analisis SPSS 17.0 dan

SmartPLS 2.0. Yogyakarta: Unit Penerbit dan Percetakan STIM YKPN.

Wu, C. C. (2011). The impact of hospital brand image on service quality, patient satisfaction

and loyalty. African Journal of Business Management 5(12), 4873-4882. Zikhmund, W. E. (2003). Business Research Methods 7th edition. Canada: Thomson South

Western.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.