ANALISA PENGARUH BRAND IMAGE TERHADAP CUSTOMER LOYALTY DENGAN CUSTOMER SATISFACTION SEBAGAI MEDIATOR PADA THE DREAMLAND LUXURY VILLAS AND SPA, BALI.
(1) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui customer loyalty pada brand The Dreamland Luxury Villas and Spa, Bali melalui penilaian responden terhadap dimensi brand image yang terdiri dari brand strength, brand favorability, dan brand uniqueness, dengan menggunakan customer satisfaction sebagai variabel mediator. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode kuantitatif dengan teknik partial least square (PLS). Dari hasil analisa, disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh brand strength dan brand uniqueness terhadap customer loyalty dengan customer satisfaction sebagai variabel mediator (intervening), ada pengaruh dimensi brand favourability terhadap customer loyalty dengan customer satisfaction sebagai variabel mediator (intervening), serta customer satisfaction berpengaruh signifikan terhadap customer loyalty di The Dreamland Luxury Villas and Spa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aaker, D. A., & Joachimsthaler, E. (2000). Brand Leadership: Building Assets In an Information Economy. New York : The Free Press.
About Us: The Dreamland Luxury Villas and Spa. (2012, Januari 2). Diambil kembali dari The Dreamland Luxury Villas and Spa: http://www.dreamland-villa.com/about-us
Andreani, F., Taniaji, T. L., & Puspitasari, R. N. (2012). The Impact of Brand Image Towards Loyalty with Satisfaction as A Mediator in McDonald’s. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, Vol.14, No. 1, 64-71.
Article:Top Brand.Barometer Kekuatan Merek. (2011, Oktober 21). Diambil kembali dari Top Brand Award: http://topbrand-award.com/article/top-brand-barometer-kekuatan- merek.html
Azwar, S. (2005). Metode Penelitian . Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Cooper, D. R., & Schindler, P. S. (2010). Business Research Methods. Singapore: Mc Graw-
Hill International Edition.
Davies, G., Chun, R., Da-Silva, R., & Roper, S. (2003). Corporate Reputation and
Competitiveness. London: Routledge.
Ghozali, P. D. (2006). Structural Equation Modeling Metode Alternatif Dengan Partial Least
Square . Semarang: Universitas Diponegoro.
Hesketh, E. A., & Laidlaw, J. M. (2010, November 3). Quantitative Research. Diambil
kembali dari Quantitative Research:
http://www.nes.scot.nhs.uk/nes_resources/ti/QuantativeResearch.pdf
Home: Bali dan Pariwisata. (2010, Oktober 5). Diambil kembali dari Tanah-Bali.com:
http://www.tanah-bali.com/pariwisata-bali-dan-pariwisata-29.html
Kasmy, F. (2011, Oktober 25). Article: Bagaimana Merek XL di Masa Mendatang? Diambil
kembali dari Top Brand Award: http://topbrand-award.com/article/bagaimana-merek-
xl-di-masa-mendatang.html
Keiningham, T. L., Vavra, T. G., Aksoy, L., & Wallard, H. (2005). Loyalty Myths. Hoboken:
John Wiley & Sons,Inc.
Keller, K. L. (2003). Strategic Brand Management: Building, Measuring, and Managing
Brand Equity Second Edition. New Jersey: Pearson Education, Inc.
Kotler, P. (2000). Marketing Management The Millenium Edition . New Jersey: Prentice-
Hall,Inc.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2006). Marketing Management Twelfth Edition. New Jersey:
Pearson Prentice Hall.
Kotler, P., & Pfoertsch, W. (2010). Ingredient Branding: Making The Invisible Visible. New
York: Springer-Verlag Berlin Heidelburg.
Kusumaputra, R. A. (2011, Desember 19). Pasar Perhotelan di Bali Terus Meningkat.
Diambil kembali dari Kompas.com: http://travel.kompas.com/read/2011/12/19/12322377/Pasar.Perhotelan.di.Bali.Terus. Meningkat
Lovelock, C., & Wirtz, J. (2007). Services Marketing (People, Technology, Strategy) sixth edition. United Stated: Pearson Prentice Hall.
Miller, J., & Muir, D. (2004). The Business Of Brands. Chicester: John Willey & Sons Ltd. Nally, D. M., & Speak, K. D. (2004). Be Your Own Brand: Resep Jitu Meraih Personal
Brand yang Unggul. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Nicolino, P. F. (2004). The Complete Ideal's Guide: Brand Management. Jakarta: Prenada
Media.
Pariwisata Bali. (2012, Juni 14). Diambil kembali dari Bali Tours Club:
http://wisata.balitoursclub.com/pariwisata-bali
Passikoff, R. (2006). Predicting Market Success: a new ways to measure a customer loyalty and engage customer with your brand. Hoboken: John Wiley & Sons, Inc.
Peterson, R. (2011, Oktober 25). Article:Top Brand.Insights for Marketer. Diambil kembali dari Top Brand Award: http://topbrand-award.com/article/top-brand-insights-for- marketer.html
Pitaloka, B. (2012, Januari 9). Digital Library Telkom Institute of Technology. Dipetik Agustus 31, 2012
Rangkuti, F. (2004). The Power Of Brands: Teknik Mengelola Brand Equity dan Strategi Pengembangan Merek + Analisis Kasus dengan SPSS. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Saleh, T. (2012, Agustus 8). Survei TripAdvisor—Indonesia Jadi Tujuan Bisnis Hotel No.1 di Dunia. Diambil kembali dari bisnis-KTI.com : http://www.bisnis- kti.com/index.php/2012/08/survei-tripadvisor-indonesia-jadi-tujuan-bisnis-hotel-no-1- di-dunia/
Solimun. (2010). Diklat Statistika Multivariat . Bogor: Laboratorium Statistika FMIPA UB . Sugiono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Suh, J. C., & Yi, Y. (2006). When Brand Attitudes Affect the Customer Satisfaction-Loyalty
Relation:The Moderating Role of Product Involvement. Journal of Consumer
Psychology, 145-155.
Susanto, A. B., & Wijanarko, H. (2004). Power Branding: Membangun Merek Unggul dan
Organisasi Pendukungnya. Jakarta: Quantum Bisnis & Manajemen (PT. Mizan
Publika).
Sutikno, T. C., & Sari, V. M. (2009, Januari 12). Digital Library: Analisa pengaruh bauran
pemasaran terhadap loyalitas konsuman di Gelare Cafe Surabaya. Diambil kembali dari Petra Christian University Website: http://dewey.petra.ac.id/jiunkpe_dg_12101.html
Thakur, S., & Singh, D. A. (2012). Brand Image, Customer Satisfaction and Loyalty Intention: A Study in The Context Of Cosmetic Product Among The People Of Central India. Excel International Journal of Multidisciplinary Management Studies, 37-50.
Tjiptono, F., & Chandra, G. (2011). Service, Quality, & Satisfaction Edisi 3. Yogyakarta: Penerbit ANDI.
Tripadvisor. (2011, Oktober 9). Ungasan:The DreamLand Luxury Villas Spa. Diambil kembali dari Tripadvisor: http://www.tripadvisor.co.id/Hotel_Review-g1219108- d1540696-Reviews-The_DreamLand_Luxury_Villas_Spa- Ungasan_Nusa_Dua_Peninsula_Bali.html
Tu, Y. T., Wang, C. M., & Chang, H. C. (2012). Corporate Brand Image and Customer Satisfaction on Loyalty: An Empirical Study of Starbucks Coffee in Taiwan. Journal of Social and Development Sciences, 24-32.
Umar, H. (2002). Metode Riset Bisnis:Dilengkapi contoh proposal dan hasil riset bidang manajemen dan akuntansi. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama .
Wibowo, A. S. (2004). 36 Rahasia Sukses Merek-Merek Top. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan. Wiyono, D. G. (2011). Merancang Penelitian Bisnis dengan Alat Analisis SPSS 17.0 dan
SmartPLS 2.0. Yogyakarta: Unit Penerbit dan Percetakan STIM YKPN.
Wu, C. C. (2011). The impact of hospital brand image on service quality, patient satisfaction
and loyalty. African Journal of Business Management 5(12), 4873-4882. Zikhmund, W. E. (2003). Business Research Methods 7th edition. Canada: Thomson South
Western.
Refbacks
- There are currently no refbacks.