PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP MEMBERSHIP CARD DAN PENGARUHNYA TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN DI NARITA HOTEL SURABAYA

Nugroho Alamjaya Sutjipto(1*), Johan Santoso(2),


(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara persepsi konsumen terhadap Member Card yang diberikan oleh Narita Hotel Surabaya dengan pengaruhnya terhadap loyalitas pemegang Member Card pada Narita Hotel Surabaya. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuisioner kepada 100 orang pemegang Member Card yang diambil secara proporsional.Metode pengolahan data dilakukan dengan menggunakan validitas, reliabilitas dan analisa deskriptif, sedangkan metode analisis data yang dipakai adalah dengan menggunakan analisis regresi linear berganda dan uji hipotesis yang berasal dari data yang dikumpulkan dari kuesioner yang telah diisi dan diolah. Dari hasil penelitian diketahui bahwa ketiga faktor yaitu harga, fasilitas dan pelayanan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen, dan yang berpengaruh secara dominan adalah harga. 


Keywords


Harga, Fasilitas, Pelayanan, Loyalitas

Full Text:

PDF

References


Aaker, D. (2004), Marketing research, (8th ed), John Wiley & Sons, Inc, New York – USA.

Algifari. (1997), Analisis statistik untuk bisnis; dengan regresi, korelasi dan nonparametik. Yogyakarta:BPFE.

Amstrong, K. (2007), Dasar - dasar pemasaran, (9 th ed). ( Drs. Alexander Sindoro, Trans). Jakarta: Pehallindo.

Bungin, B. (2001), Metodologi penelitian sosial, format - format kuantitatif dan kualitatif. Surabaya:Airlangga University Press.

Blackwell, R. (1995), Perilaku konsumen, Jilid I. ( Drs. F.X. Budiyanto, Trans). Jakarta: Binarupa Aksara.

Ghozali, Imam. (2005), Analisis multivariate dengan program SPSS, (3th ed), Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

____________, (2007), Analisis multivariate dengan program SPSS, (5th ed), Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

Griffin. (2003), Loyalitas pelanggan. http://marketing- teori.blogspot.com/2007/04/loyalitas-pelanggan.html.

Gronroos, C. (2000), Service management and marketing: a customer relationship management approach, (2nd ed). UK: John Wiley & Sons, Chichester. Husein Umar. (2003), Metodologi penelitian untuk skripsi dan tesis bisnis.

Jakarta:Penerbit Rajawali Pers.

Kuncoro, H. (2003), Dasar analisis multivariat, materi pelatihan structural

equation modelling. Surabaya:Lembaga Penelitian Universitas Airlangga,

Grewal & Levy (2008), Marketing, (2th ed), McGraw – Hill Companies, Inc, New

York – USA.



__________, (2003), Pengantar statistik multivariat. Surabaya:Pustaka Melati. Kotler, P. (2005), Manajemen pemasaran. ( Drs. Benjamin Molan, Trans).

Jakarta: PT Prehalindo.

_______, (2005) , Manajemen pemasaran, Jilid 2 ( 11th ed). Jakarta: PT

INDEKS.

Oliver, R. (1999), "When consumer loyalty?," Journal Of marketing, (Vol.63). Robins, S. (2001), Perilaku organisasi, Jilid I (8th ed) . Jakarta: PT. Prenhalindo. Sobur, A. (2003), Psikologi umum. Bandung: Pustaka Setia.

Swastika, (2005), Pengaruh pelayanan prima (Service Excellence) terhadap-

kepuasan pelanggan, Jurnal Skripsi Ekonomi.

Santoso, S. & Tjiptono, F. (2000), Riset pemasaran konsep dan aplikasi dengan

SPSS. Jakarta: PT. Alex Media Komputindo.

Sodik. (2003), Consumers behavior and marketing action, (3th ed), Kent

Publishing Company, Boston Massachusset, AS.

Sukardi, (2003), Metodologi penelitian pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. Santoso, S. (2000), SPSS mengolah data statistik secara profesional. Jakarta: PT.

Elex Media Komputindo.

Utomo, P. D. (2006), Analisis terhadap faktor - faktor yang mempengaruhi

loyalitas konsumen pada operator telepon seluler. Thesis : Universitas Gadjah Mada.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.