PENGARUH KEPUASAN KERJA TERHADAP KUALITAS LAYANAN MELALUI KINERJA KARYAWAN FAVE HOTEL MEX SURABAYA

Yunita Irene Jossuha(1*), Endo Wijaya Kartika(2), Agung Hariyanto(3),


(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh kepuasan kerja  terhadap kualitas layanan melalui kinerja karyawan Fave Hotel MEX Surabaya. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif hubungan kausalitas  dengan teknik partial least square (PLS). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepuasan kerja positif dan signifikan mempengaruhi kualitas layanan melalui kinerja karyawan di Fave Hotel MEX Surabaya.


Keywords


Kepuasan Kerja, Kinerja Karyawan, Kualitas Layanan.

Full Text:

PDF

References


Ardana, I.K., Mujiarti, N.I.(2012). Manajemen sumber daya manusia. Yogyakarta: Graha Ilmu

Arikunto, S. (2007). Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Barnes, J. G. (2003). Rahasia manajemen hubungan pelanggan. (Andreas Winardi, Trans.). Yogyakarta: Andi.

Bernardin, H. John & Joyce, E. A. Russel (1993). Human resources management: An experiential approach. (International,Ed). Singapore: Mc Graw-Hill

Colquitt, J.A., Lepine, J. A. & Wesson M. J. (2009). Organizational behavior: Improving performance and commitment in the workplace. New York: McGraw-Hill

Favehotel (n.d). Favehotel MEX

Gozali, I., Latan. H. (2012). Partial least squares: konsep, teknik dan aplikasi smart PLS 2.0M3. Semarang: Universitas Diponegoro

Hernawan, A. (Eds.). (2013, January 5). Tahun ini hotel mercure grand mirama tambah 125 kamar. Lensa Indonesia.com. Retrieved from http://www.lensaindonesia.com/2013/01/05/tahun-ini-hotel-mercure-grand-mirama-tambah-125-kamar.html

Husein, U. (2002). Metode riset bisnis. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Istijanto. (2005). Riset sumber daya manusia: cara praktis mendeteksi dimensi-dimensi kerja karyawan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Ivancevich, J.M., Konopaske, R., Matteson, M.T. (2007). Perilaku dan manajemen organisasi (Gina Gania,Trans). Jakarta: Erlangga

Kartika, E. W., & Kaihatu, T. S. (2010, March). Analisis pengaruh motivasi kerja terhadap kepuasan kerja (studi kasus pada karyawan restoran food festival Surabaya). Jurnal manajemen dan kewirausahaan, 12(1), 100-112

Kuncoro,Mudrajad. (2003). Metode riset untuk bisnis dan ekonomi. Jakarta : Erlangga.

Luthans, F. (2008). Organizational behavior. (11th ed). New York: McGraw-Hill.

McCooey, D. (2010) keeping good employees on board. New

York: Morgan James Publishing

Pentingnya Posisi Karyawan. (2010, february 15). Pentingnya posisi karyawan. Suara Redaksi Okezone. Retrieved from

http://suar.okezone.com/read/2010/02/15/283/303807/283/pentingnya-posisi-karyawan

Pertiwi F, N. L. M. (2011, december 31). Inilah tren hotel 2012. Kompas.com. Retrieved from http://travel.kompas.com/read/2011/12/31/15332660/Inilah.Tren.Hotel.Tahun.2012

Randhawa, G. (2007). Human resource management. New Delhi: Atlantic Publisher and Distributors.

Robbins, S.P., & Judge, T.A. (2008). Perilaku Organisasi (12th ed.). (Diana Angelica, Ria Cahyani & Abdul Rosyid, Trans.). Jakarta: Salemba Empat

Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2008). Organizational Behavior (14th ed.). New Jersey: Prentice Hall

Santoso, E.J. (2008). The wisdom of business: sukses berbisnis dengan nilai-nlai kearifan hati nurani. Jakarta: Gramedia.

Sison. P.S. (2000). Personnel and Human Resources Management. Quezon City: Rex Printing Company

Sugiyono. (2005). Metode penelitian bisnis (Ed. Kedua). Cetakan ke Delapan. Bandung: Penerbit CV Alfabeta.

Sugiyono. (2012). Statistika untuk penelitian. Bandung: Alfabeta

Zeithaml, Valerie, & A., Parasuraman, A. (2004). Delivering quality service: Balancing consumer perception and expectation. New York: Macmillon Inc, The Free Press

Zeithaml, V. A., Bitner, M. J. & Gremler, D. D. (2009). Service Marketing: Integrating customer focus across the firm, (5th ed). New York: McGraw-Hill


Refbacks

  • There are currently no refbacks.