Profil Demografi dan Faktor-Faktor yang Mendorong Mahasiswa Universitas Kristen Petra Surabaya Dalam Melakukan Kuliner Tengah Malam.

Felis Ivan Halim(1*), Melissa Adriana Susanto(2), Hanjaya Siaputra(3), Agustinus Nugroho(4),


(1) 
(2) 
(3) 
(4) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Berkembangnya kuliner tengah malam perlahan menjadi gaya hidup masyarakat Surabaya. Sehingga profil demografi dan faktor-faktor lain seseorang dalam melakukan kuliner tengah malam merupakan sesuatu yang patut diketahui oleh para pengusaha di bidang kuliner.

Teknik analisa yang digunakan adalah kuantitatif eksploratif. Profil demografi terbanyak adalah mahasiswa Universitas Kristen Petra angkatan 2011, 20 tahun, wanita, kota asal Surabaya, tidak bekerja, uang saku per bulan Rp 750.000 - Rp 1.000.000, frekuensi konsumsi 1-5 kali per bulan, dan waktu keluar pk 22.00 - pk 00.00. Faktor-faktor lainnnya adalah faktor behavior, time & stress level, unplanned situation, dan need & actualization dimana faktor behavior merupakan faktor dominan yang mempengaruhi mahasiswa dalam melakukan kuliner tengah malam.


Keywords


Kuliner tengah malam, profil demografi

Full Text:

PDF

References


Ambisi jadi kota wisata kuliner. (2011, Oktober 31). Retrieved August 29, 2013, from http://www.surabayapost.co.id/

Awan, G. (2012, Juli). Menentukan target konsumen dalam bisnis kuliner. Retrieved October 20, 2013, from http://usahaapa.blogspot.com/2012/07/menentukan-target-konsumen-dalam-bisnis.html

Azwar, S. (2004). Metodologi penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Badan Pusat Statistik. (2013, Februari 5). Pertumbuhan ekonomi indonesia. Retrieved September 3, 2013, from http://www.bps.go.id/

Darmayanti, T. (2012, Desember). Perilaku konsumen dari segi demografis. Retrieved October 21, 2013, from http://tiaiyayo.blogspot.com/2012/12/perilaku-konsumen-dari-segi-demografis.html

Echols, J. M. & Shadily, H. (1993). Kamus indonesia-inggris (An Indonesian-English Dictionary). PT. Gramedia Pustaka Utama.

Engel, J. F., Blackwell, R. D., & Miniard, P. W. (1994). Perilaku konsumen (Jilid 1). Jakarta: Binarupa Aksara

Engel, J. F., Blackwell, R. D., & Miniard, P. W. (1995). Perilaku konsumen (Jilid 2). Jakarta: Binarupa Aksara

Food Sight. (2013). Late night dining ideas. Retrieved August 29, 2013, from http://usfoodsight.purpleplanet.com/ideas-beyond/late-night-dining-ideas.html

Indonesia Beauty of Asia. (2012, Mei). Wisata kuliner Jawa Timur Surabaya. Retrieved October 21, 2013, from http://ahliwisata.blogspot.com/2012/05/wisata-kuliner-jawa-timur-surabaya.html

Kotler, P. & Armstrong, G. (2008). Prinsip-prinsip pemasaran (Edisi 12). Jakarta: PT Indeks

Mardalis. (2008). Metode penelitian suatu pendekatan proposal. Jakarta: Bumi Aksara.

Narbuko, C. & Abu, A. (2005). Metodologi penelitian. Jakarta: Bumi Aksara.

Noa, A. (2011). Difference between supper and dinner. Retrieved Sepetember 26, 2013, from http://www.differencebetween.net/language/difference-between-supper-and-dinner/

Pengertian kuliner. (2011, Mei 23). Retrieved November 23, 2013, from http://makankhas-jogja.blogspot.com/2011/05/pengertian-kuliner.html

Sugiyono. (2004). Metode penelitian bisnis. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2009). Metode penelitian pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2009). Statistika untuk penelitian. Bandung: Alfabet

Sysco Trend Spotter. (2012, Juli). The latest trends: what’s new at night. Retrieved September 2, 2013, from http://www.sysco.com/documents/Sysco_TrendSpotter_July_2012_.pdf

Trihendradi, C. (2011). Langkah mudah melakukan analisis statistik menggunakan SPSS 19. Yogyakarta: Andi


Refbacks

  • There are currently no refbacks.