PERILAKU PEMBELIAN MAHASISWA DI THE LOUNGE AND CAFE UNIVERSITAS KRISTEN PETRA SURABAYA

El Carla Prakasa(1*), Wenny Febriyanti(2),


(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perilaku pembelian mahasiswa di The Lounge and Cafe Universitas Kristen Petra Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif dengan jumlah responden sebanyak 100 orang. Teknik analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif. Berdasarkan nilai mean dan Top Two Boxes dan Bottom Two Boxes hasil penelitan dilihat pada tahap pra-pembelian konsumen mencari informasi tentang jenis makanan dan minuman di TL&C dari teman/saudara/kerabat sebelum berkunjung ke TL&C, pada tahap pembelian konsumen menanyakan kepada kasir TL&C tentang menu makanan dan minuman yang paling favorit, dan pada tahap paska pembelian konsumen membeli kembali produk makanan dan/ minuman di TL&C yang sama karena kepuasan yang didapat pada kunjungan selanjutnya.

Keywords


Perilaku Konsumen, Tahap Pra Pembelian, Tahap Pembelian, Tahap Paska Pembelian

Full Text:

PDF

References


Amirullah. (2002). Perilaku konsumen (1st ed). Yogyakarta: Graha Ilmu.

Arikunto, S. (2006). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Armstrong, G., Kotler, P., & Da Silva, G. (2006). Marketing: An introduction, an asian perspective (7th ed.). New Jersey: Prentice Hall.

Basuki, S. (2006). Metode penelitian. Jakarta: Wedatama Widya Sastra.

Bungin, H. M. B. (2010). Metodologi penelitian kuantitatif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Cooper, D.R. & Schindler, P. S. (2008). Business research methods (10thed.). New York: McGraw-Hill/Irwin.

Eriyanto. (2007). Teknik sampling: Analisis opini publik.Yogyakarta: LKis.

Ghozali, I. (2005). Aplikasi analisis multivariate dengan program SPSS, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Kotler, P., Armstrong, G., & Da Silva, G. (2005). Marketing: An introduction, An Asian perspective. New Jersey: Presence Education, Inc,.

Kotler, P. (2003). Principles of marketing, (12th ed.). New Jersey: Prentice Hall International Inc.

Kotler & Armstrong. (2008). Prinsip – prinsip pemasaran (12th ed). Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., Bowen, J., & Makens, J. (1999). Marketing for hospitality and tourism (2nd ed). New Jersey: Prentice-Hall International, Inc.

Kuncoro, M. (2003). Metode riset untuk bisnis & ekonomi, Jakarta: Penerbit Erlangga.

Pebisnis restoran Jatim gencar ekspansi (2012, Agustus 15). Retrieved September 18, 2013, from http://kabarbisnis.com/read/2832569

Peter, P.J., & Olson, J.C., Consumer behaviour and marketing strategy, (8th Edition). New York: MCGraw-Hill

Sandjaja, B. & Heriyanto, B. (2011). Panduan penelitian. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Schiffman, L.G. & Kanuk, L.L. (2007). Consumer behavior (7th Edition), Prentice – Hall International, Inc.

Simamora, B. (2002). Panduan riset perilaku konsumen. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Setiadi, N. J. (2005). Perilaku konsumen: Konsep dan implikasi untuk strategi dan penelitian pemasaran. Jakarta: Prenada Media.

Stanton, W.J., (2001). Manajemen pemasaran, (4th ed.)(Lamarto, Trans). Jakarta: Penerbit Erlangga.

Sugiarto, E. & Sulartiningrum, S. (2003). Pengantar akomodasi dan restoran. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono. (2004). Metode penelitian bisnis. Bandung: Alfa Beta.

Trend dan tantangan bisnis kuliner (2011). Retrieved September 18, 2013, from http://female.kompas.com/read/2011/12/26/14534516/Tren.dan.Tantangan.Bisnis.Kuliner.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.