ANALISIS PENERAPAN STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR PEMBERSIHAN KAMAR DI HOTEL SATELIT SURABAYA
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana penerapan Standar Operasional Prosedur dalam sebuah hotel yang dilakukan oleh karyawan yang bertanggung jawab. Selain itu, dengan penelitian ini dapat ditemukan kesenjangan antara standar yang telah ditentukan dengan penerapannya. Penelitian dilakukan di Hotel Satelit, Surabaya.
Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif dengan melakukan wawancara dan observasi pada beberapa room attendant, trainee, dan Assistant Executive Housekeeper di Hotel Satelit, Surabaya. Dengan adanya penelitian, diketahui bahwa terdapat beberapa penyimpangan penerapan Standar Operasional Prosedur pembersihan kamar di Hotel Satelit.References
Kotschiver, L.H., & Luciani V. (2007). Presenting Service : The Ultimate Guide for the food service professional. New Jersey : John Wiley & Sons.
Pohan, H. (2010, Juli ). Kualitas Pelayanan House Keeping Departement Dalam Meningkatkan Tingkat Hunian Kamar Di Hotel Semarak Medan. Retrieved September 16,2013 from Universitas Sumatera Utara
Web site : <http://repository.usu.ac.id/handle/123456789/19071>
Rumekso (2001). Housekeeping Hotel. Yogyakarta : Andi
Yasin, S. (2012, September). Pengertian Hotel dan Housekeeping.
Retrieved September 16, 2013, from <http://www.sarjanaku.com/2012/09/pengertian-hotel-dan-housekeeping.html