PENGARUH KOMUNIKASI DAN KEPUASAN KERJA KARYAWAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN DEPARTEMEN FRONT OFFICE HOTEL “X” SURABAYA

Stephanie Tanto Kurniawan(1*), Tifany Faustine(2),


(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari komunikasi antar rekan kerja dan kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan departemen Front Office di Hotel “X” Surabaya. Komunikasi memiliki peran yang penting dalam suatu perusahaan. Keterbukaan dan kejujuran dalam berkomunikasi berpengaruh terhadap kinerja karyawan itu sendiri. Sedangkan kepuasan kerja berhubungan dengan sikap karyawan terhadap pekerjaannya. Metode penelitian survei dengan menggunakan analisa regresi linear berganda digunakan dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan komunikasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan, sedangkan kepuasan kerja berpengaruh secara tidak signifikan terhadap kinerja karyawan. 


Keywords


KatKomunikasi, Komunikasi Horizontal, Kepuasan Kerja, Kinerja.

Full Text:

PDF

References


Almutairi, D.O., Moradi, E., Idrus, D., Emami, R., Alanazi, T.R. (2013, January). Job satisfaction and job performance: A case study of five – star hotels in Riyadh Saudi Arabia. World Journal of Social Sciences, Vol.3, No.1, pp. 27 – 37.

Arifin, N. (2012, April). Analisis kualitas kehidupan kerja, kinerja, dan kepuasan kerja pada CV.Duta Senenan Jepara. Jurnal Economia, Vol.8, No.1, pp. 11 – 21.

Banerjee, P.(2003). Resources, capability and coordination: Strategic management of information in Indian information sector firms. International Journal of Information Management, Vol.23(4), pp.303–311.

Farahbod, F., Salimi, S.B., Dorostkar, K.R. (2013). Impact of organizational communication in job satisfaction and organizational commitment. Interdisciplinary Journal Of Contemporary Research in Business. Vol.5, No.4, pp. 416 – 430.

Gomes, F.C. (2002). Manajemen sumber daya manusia, cetakan keempat, Yogyakarta: Andi Offset.

Heryanto. (2011). Effect of job satisfaction on managerial performance in Bank Nagari Padang Headquarters. Business Management Dynamics. Vol.1, No.1, pp. 66 – 84.

Mangkuprawira, S.T. (2007). Manajemen mutu sumber daya manusia. Bogor: Ghalia Indonesia, Anggota IKAPI.

Nurrohim, H., & Anatan, L. (2009). Efektivitas komunikasi dalam organisasi. Jurnal Manajemen, Vol.7, No.4, pp. 1 – 9.

Pace, R.W., & Faules, D.F.(2009). Ilmu komunikasi suatu pengantar. (Deddy Mulyana, Trans.). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Pace, R.W., & Faules, D.F.(2010). Komunikasi organisasi strategi meningkatkan kinerja perusahaan. (Deddy Mulyana, Trans.).Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Rajhans, K. (2012). Effective organizational communication: A key to employee motivation and performance. Interscience Management Review(IMR) ISSN:2231 – 1513, Vol.2, Issue.2, pp. 81 – 85.

Ruslan, R. (2008). Etika kehumasan, konsepsi dan aplikasi. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada.

Robbins, S.P.(2001). Perilaku organisasi: Konsep, kontroversi, aplikasi, Jakarta: Prenhallindo.

Robbins, S.P.(2007). Perilaku organisasi (10th ed.). Indonesia: PT Macanan Jaya Cemerlang.

Singarimbun, M., & Effendi, S.(Eds.).(2006). Metode penelitian survai.Jakarta: LP3ES.

Steyrer, J., Schiffinger, M., Lang, R.(2008, Dec). Organizational commitment: A missing link between leadership behavior and organizational performance?. Scandinavian Journal of Management, Vol.24, pp. 364 – 374.

Sugiyono.(2008). Metode penelitian kuantitatif, kuantitatif dan r&d. Bandung: Alfabeta.

Sunadji., Troena, E.A., Surachman., Armanu. (2013, February). The role of organizational culture, leadership, communication, and job satisfaction on

employee performance (study on public enterprise of water reseorce management of ministry state – owned enterprise). International Journal of Business and Behavioral Sciences, Vol.3, No.2, pp. 34 – 42.

Udegbe, S.E. (2012). Impact of business communication on organizational performance in Nigerian companies. Australian Journal of Business and Management Research. Vol.2,No.01, pp. 16 – 26.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.