PENGARUH VISUAL, VOCAL, DAN CELEBRITY EFFECT (BOYBAND BTS) TERHADAP DESTINATION IMAGE DAN INTENTION TO VISIT KE KOREA SELATAN

Grace Liangga Liong(1*), Natalia Shena Ananda Junaidi(2), Ferry Jaolis(3),


(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh Visual, Vocal, dan Celebrity Effect yang terdapat dalam music video dan video performance BTS terhadap Destination Image serta Intention To Visit ke Korea Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian berjenis kausal dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Penulis menggunakan teknik analisis data Partial Least Square (PLS). Penelitian ini juga menggunakan teori Stimulus Organism Response (SOR) untuk menganalisa pengaruh Visual, Vocal, dan Celebrity Effect terhadap Destination Image dan Intention To Visit. Penulis berhasil mendapatkan sebanyak 221 responden dan menemukan bahwa Visual Effect dan Vocal Effect memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Destination Image yang kemudian mempengaruhi Intention To Visit ARMY Indonesia untuk berkunjung ke Korea Selatan. Sedangkan untuk Celebrity Effect tidak ditemukan pengaruh yang signifikan terhadap Destination Image Korea Selatan.

 

Kata kunci: korean wave; hallyu; pop-culture; boyband BTS; K-Pop; motion pictures; music video; video performance; destination image; intention to visit


Full Text:

XML

Refbacks

  • There are currently no refbacks.