Persepsi Mahasiswa Terhadap Karakteristik Pekerjaan dan Status Sosial di Industri Perhotelan

Rivaldi Rivaldi(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak

 

Setiap individu dapat berbeda dalam memandang dan merespon segala sesuatu sesuai dengan persepsi yang dimiliki. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap karakteristik pekerjaan dan status sosial di industri perhotelan. Teknik analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisa deskriptif dengan melihat dari nilai rata-rata untuk menilai persepsi mahasiswa terhadap industri perhotelan dan analisa tabulasi silang untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara profile responden dengan variabel. Kuesioner disebarkan, terkumpul sebanyak 203 kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi mahasiswa terhadap karakteristik pekerjaan di industri perhotelan adalah netral dan untuk status sosial adalah positif. Beberapa hal yang terjadi dalam proses belajar mahasiswa tidak membuat persepsi mahasiswa pada industri perhotelan menjadi buruk.

 

Kata Kunci: persepsi, karakteristik pekerjaan, status sosial, industri perhotelan, mahasiswa.

 

 

Abstract

Each individual can be different when seeing and responding something based on their own perceptions they have. This research was conducted to examine student perception toward job characteristic and social status in hospitality industry. This research’s technique analysis used descriptive analysis method, which refers to the means value to describe student’s perceptions and used crosstab analysis to know there is any connection between respondent’s profiles and variable. Questionnaire had shared and collected 203 questionnaires. The result of this research is that student’s job characteristic perceptions in hospitality industry are neutral while for the social status has a good perception. Many things happen in the student learning process do not make student’s perceptions in the hospitality industry negative.

 

Keywords: Job Characteristic, Social Status, Perception, Hospitality Industry, Student.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.