ANALISA PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP HARGA, KUALITAS PRODUK, DAN SUASANAN DI CAFE MY KOPI O

Andre Saputra Winata(1*), Raymond Gienardy(2),


(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan menganalisa persepsi konsumen terhadap harga, kualitas produk, dan suasana dicafe My Kopi-O. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner kepada 70 responden pengunjung yang telah  ≥ 2 kali berkunjung ke kafe My Kopi-O. Data yang telah dikumpulkan kemudian dianalisis menggunakan analisis mean dan analisis Top Two Boxes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan nilai mean, persepsi pelanggan di Kafe My Kopi O Ciputra Word Surabaya terhadap harga, kualitas produk, dan atmosfer adalah baik. Berdasarkan analisis top two boxes dapat diketahui bahwa persepsi konsumen terhadap harga adalah baik karena semua indikator harga masuk dalam kategori baik. Sementara itu persepsi konsumen atas kualitas produk terdapat dua indikator yang masuk dalam kategori moderate. Untuk suasana masuk dalam kategori baik karena semua indikator masuk dalam kategori baik.


Keywords


Persepsi, Harga, Kualitas Produk, Suasana

Full Text:

PDF

References


Alma, B. (2009). Manajemen pemasaran dan pemasaran jasa. Bandung: Alfabeta

Antara Jatim. (22 Januari 2013). Pertumbuhan ekonomi surabaya capai 7,6 persen. Retrieved March 20, 2013 from http://antarajatim.com/lihat/berita/103184/pertumbuhan-ekonomi-surabaya-capai-76-persen

Antara News. (7 Maret 2013). Pertumbuhan ekonomi Jatim 2013 diproyeksikan 7,5 persen. Retrieved March 20, 2013 http://www.antaranews.com/berita/362172/pertumbuhan-ekonomi-jatim-2013-diproyeksikan-75-persen

Bappeda Jatim. (11 Maret 2013). Pakde Karwo: pertumbuhan ekonomi jatim ditopang tiga sektor utama. Retrieved March 20, 2013 from http://bappeda.jatimprov.go.id/2013/03/11/pakde-karwo-pertumbuhan-ekonomi-jatim-ditopang-tiga-sektor-utama

Bisnis.com. (7 Agustus 2012). Pertumbuhan Ekonomi daerah: jatim catat kenaikan 7,2% . Retrieved March 20, 2013 from http://archive.bisnis.com/articles/pertumbuhan-ekonomi-daerah-jatim-catat-kenaikan-7-2-percent

BPS Jatim. (2012). E-book laporan eksekutif perumahan dan konsumsi rumah tangga di jawa timur 2010-2011. Retrieved March 20, 2013 from http://jatim.bps.go.id/e-pub/konsumsi2010-2011/

Foodgrapher. (23 Januari 2013). Kopi O - Ciputra World, my kopi o – Surabaya. Retrieved April 1, 2013 from http://www.foodgrapher.com/2013/01/kopi-o-ciputra-world.html

Eriyanto. (2007). Teknik sampling, analisis opini publik. Yogyakarta: LKiS

Griffin, Ricky. W., Ebert, Ronald. J. (2010). Business. Jakarta: Erlangga

Id Openrice. 18 Juli 2012. Enaknya nongkrong di My Kopi O!. Retrieved March 20, 2013 from http://id.openrice.com/surabaya/mobile/my-kopi-o/41723/

Id Foursquare. (15 November 2012). My Kopi-O!. Retrieved April 20, 2013 from

https://id.foursquare.com/v/my-kopio/4e2a8d5dfa76bbf847cf7d5a

Irawan, H. (2009). 10 prinsip kepuasan pelanggan. Jakarta: Elex Media Komputindo

Lamb, Hair, dan Mc. Daniel. (2011). Marketing. Kanada: Nelson

Lovelock, C. dan Wright, L. (2007). Manajemen pemasaran jasa. Jakarta: PT. Indeks.

Lupiyoadi, R dan Hamdani, A. (2008). Manajemen pemasaran jasa. Jakarta: Salemba Empat

Meldarianda, R., Lisan, H. (2010). Pengaruh store atmosphere terhadap minat beli konsumen pada resort café atmosphere bandung. Jurnal Bisnis dan Ekonomi (JBE), September 2010, Hal. 97 – 108 Vol. 17, No. 2

Warta Ekonomi. (30 Desember 2012). Surga ritel di kota Surabaya (Bagian II). Retrieved March 20, 2013 from http://wartaekonomi.co.id/berita7105/surga-ritel-di-kota-surabaya-bagian-ii.html pada 20 Maret 2013

Perreault, J.P.C.W.D., Mc. Charty, Jr. E.J. (2008). Pemasaran dasar 1. Jakarta: Salemba Empat

Perreault, J.P.C.W.D., Mc. Charty, Jr. E.J. (2009). Pemasaran dasar 2. Jakarta: Salemba Empat

Rangkuti, F. 2009. Strategi promosi yang kreatif dan analisis kasus integrated marketing communication. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Rizan, M. (2010). Analysis of service quality and customer satisfaction, and its influence on customer loyalty, passengers survey of domestic full service airlines company “garuda indonesia” in Indonesia. Oxford Business & Economics Conference Program, ISBN : 978-0-9742114-1-9

Soegoto, S.E. (2010). Entrepreneurship menjadi pebisnis ulung. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Sugiyono. (2010). Statistika untuk penelitian. Bandung: Alfabeta

Suyanto, M. (2010). Strategi perancangan iklan televisi perusahaan top dunia. Yogyakarta: Penerbit Andi

Tangkilisan, H.N.S. (2007). Manajemen publik. Jakarta: Grasindo

Tullis, T., Albert, B. (2008). Measuring the user experience. Burlington. Morghan Kauphann

Yuk Makan. (4 September 2012). Nongkrong asik dan mengenyangkan di My Kopi-O. Retrieved April 1, 2013

http://www.yukmakan.com/review/members/my-kopi-o-ciputra-world-surabaya/3872/nongkrong-asik-dan-mengenyangkan-di-my-kopi-o pada 1 April 2013

Zimmerer, T.W., Scarborough, N.M., Wilson, D. (2009). Kewirausahaan dan manajemen usaha kecil. Jakarta: Salemba Empat


Refbacks

  • There are currently no refbacks.